KONSTRUKSI ALAT UKUR
  • Enrolled students: No students enrolled in this course yet

Dosen Pengampu

Tim Dosen Mata Kuliah Konstruksi Alat Ukur


Pengembang Bahan Ajar
  • Dr. Gumgum Gumelar Fajar Rakhman, M.Si.
  • Dr. Lussy Dwiutami Wahyuni, M.Pd.
  • Rahmadianty Gazadinda, M.Sc.

Deksripsi Mata Kuliah

Mata Kuliah Konstruksi Alat Ukur membahas tentang pengembangan alat ukur psikologis, baik untuk atribut kognitif maupun non-kognitif. Mata kuliah ini diberikan agar mahasiswa mampu melakukan pengembangan terhadap suatu instrumen psikologis, baik mengadopsi, mengadaptasi, ataupun mengkonstruksikan instrumen yang mengukur suatu konstruk tertentu. Mahasiswa diharapkan dapat merancang, menguji coba dan mengevaluasi alat ukur psikologis untuk atribut kognitif serta dapat mengadaptasi, menguji coba dan mengevaluasi alat ukur atribut psikologis non-kognitif.


Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat memformulasikan ide, pemikiran ataupun memberikan solusi atas permasalahan pemanfaatan suatu instrumen psikologis di Indonesia. Hal ini dikarenakan sebagian besar instrumen atribut psikologis yang beredar di Indonesia masih mengadaptasi instrumen yang sudah ada dari budaya yang berbeda ataupun instrumen baru yang masih memerlukan proses pengembangan sebelum menjadi alat ukur yang reliabel dan valid. 

Pada akhir perkuliahan, mahasiswa akan ditantang untuk mampu menyusun suatu instrumen psikologis untuk atribut kognitif yang valid dan reliabel melalui proseedur ilmiah yang tepat dan sahih. Setelah menyelesaikan perkuliahan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu  mengembangkan alat ukur psikologis kognitif ataupun non-kognitif, baik dengan cara melakukan adopsi alat ukur, melakukan proses adaptasi alat ukur ataupun menyusun (konstruksi) alat ukur baru guna mengukur suatu konstruk psikologis. 

Capaian Pembelajaran

Setelah menyelesaikan mata kuliah Konstruksi Alat Ukur, mahasiswa akan:
1. Mampu mengidentifikasi perbedaan, fungsi dan peran ragam pengukuran psikologis

2. Mampu mengaplikasikan karakteristik psikometrika dalam pengukuran psikologis

3. Mampu mengidentifikasi kebutuhan dan pengaplikasian seluruh bentuk pengembangan alat ukur psikologis

4. Mampu mengidentifikasi perbedaan prosedur pengembangan alat ukur psikologis (adopsi, adaptasi dan konstruksi alat ukur)

5. Mampu menguraikan, mengaplikasikan dan dan melaksanakan seluruh tahapan proses adaptasi alat ukur

6. Mampu menguraikan, mengaplikasikan dan melaksanakan seluruh tahapan proses konstruksi alat ukur

7. Mampu menguraikan seluruh tahapan proses adaptasi dan konstruksi alat ukur 

8. Mampu menarik kesimpulan dari temuan proses pengembangan alat ukur yang telah dilaksanakan serta menyertakan saran rekomendasi aplikatif atas temuan tersebut

9. Mampu mendiseminasikan hasil temuan dari proses pengembangan alat ukur

Rencana Pembelajaran Semester (RPS)

  • Enrolled students: No students enrolled in this course yet
Aplikasi Komputer
  • Enrolled students: No students enrolled in this course yet

Mata kuliah kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa tentang pengetahuan olah data penelitian secara kuantitatif dan penerapannya menggunakan program Microsoft Excel, Statistical Programme for Social Science (SPSS), dan Winstep (Rasch Model). Secara umum, mata kuliah ini akan memperkenalkan ragam analisis statistika deskriptif dan inferensial dengan menggunakan software SPSS serta menganalisis item berbasis Rasch Model dengan menggunakan software Winstep.


Pada mata kuliah ini, mahasiswa akan melakukan simulasi dan praktik analisis data secara langsung dan menginterpretasikan hasil analisisnya. Setelah mempelajari mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu mengolah data penelitian kuantitatif, menganalisis dan menginterpretasikan hasil uji hipotesis, serta menarik kesimpulan atas analisis yang dilakukan secara mandiri dengan menggunakan software SPSS dan Winstep. Mahasiswa juga diharapkan mampu menjelaskan rasionalisasi pengaplikasikan analisis statistika tertentu dan menmpraktikkan langkah-langkah analisis statistika dengan menggunakan kedua software tersebut.

  • Enrolled students: No students enrolled in this course yet
INTERVENSI INDIVIDU
  • Enrolled students: No students enrolled in this course yet

Hai hai Halo....

Selamat datang di Kelas Intervensi Individu. Perkenalkan saya Santi Yudhistira dosen yang akan mengampu MK ini hingga akhir semester. Semoga rekan-rekan mahasiswa bisa mengikuti seluruh pekuliahan dengan baik tanpa mengalami kendala yang berarti.

Pengantar Awal

Sesuai dengan surat edaran dari rektor, untuk meminimalisir penyebaran COVID 19, maka dosen dan mahasiswa dianjurkan untuk melakukan pembelajaran jarak jauh mulai 16 Maret hingga 17 April 2020. Hal ini dilakukan demi kebaikan mahasiswa, dosen, dan tendik. Melakukan social distancing saat ini adalah pilihan paling tepat agar semua bias tetap sehat dan penyebaran virus melambat. Tindakan ini adalah langkah yang tepat untuk dilakukan. Kita harus terus berdoa agar pandemi ini segera berakhir dan aktivitas segera kembali normal. Stay at home and stay safe.

Metode Pembelajaran Jarak Jauh untuk kelas Intervensi Individu

Kelas intervensi individu akan berjalan sebagaimana mestinya. Minggu ke empat teman-teman akan mulai presentasi untuk masing-masing kelompok. Namun sebisa mungkin menggunakan berbagai media pembelajaran yang kreatif dan inovatif  dalam ppt kelompok sehingga kelompok lain bisa melihat contoh langsung dari Teknik modifikasi perilaku yang sedang anda bahas. Kelompok juga bisa memberikan tugas kepada mahasiswa lain saat pertemuan berjalan sehingga mahasiswa dapat berpartisipasi aktif dan dijamin mengikuti perkuliahan sampai akhir. Siapkan form yang harus diisi untuk tugas bagi mahasiswa lain. Saat kelompok presentasi, maka kelompok yang akan mengelola kelas dan memberikan topik-topik penjelasan. Kelompok harus memikirkan strategi dan cara agar kelas aktif dan proses diskusi berjalan lancar. Di akhir saya akan memberikan materi tambahan dan menjawab pertanyaan yang tidak terselesaikan. Dengan demikian, kelompok harus bisa memikirkan cara agar penyampaian materi bisa tetap menarik. Saya sangat menganjurkan ada video contoh untuk setiap Teknik yang dibahas. Semoga semua terselenggarakan dengan baik ya. Anda boleh menggunakan berbagai teknik Modifikasi perilaku untuk menarik minat rekan-rekan kelas.

Penutup

Kesuksesan PJJ sangat tergantung pada partisipasi aktif dan kemandirian teman-teman. Dosen tidak bisa berbuat banyak jika mahasiswa tidak mau aktif dan lebih giat dalam belajar. Saya sadar akan banyak sekali tugas dan PR yang diberikan oleh dosen-dosen, tapi ini lah risiko yang harus kita hadapi. Semoga teman-teman bisa lebih komitmen dalam melaksanakan perkuliahan dan mengerjakan tugas, serta tidak menganggap ini sepele. Ingat, yang berbeda hanya metode dan media pembelajarannya, bobot SKS dan BOBOT penilaian tidak berubah. Semoga semuanya sehat dan kita bisa segera kuliah tatap muka.

Sampai jumpa di pertemuan pertama.


Salam,

Santi Yudhistira, M.Psi

  • Enrolled students: No students enrolled in this course yet
Pengaruh Sosial
  • Enrolled students: 1

Matakuliah ini membahas tentang konsep permasalahan kelompok, ciri perilaku kelompok, konsep dinamika, interaksi kelompok, konsep kepemimpinan dan konflik, konsep kelompok sosial, peran media, politik, dan komunitas


  • Enrolled students: 1
Pengaruh Sosial
  • Enrolled students: No students enrolled in this course yet
  • Enrolled students: No students enrolled in this course yet
Psikodiagnostik IV Minat Bakat
  • Enrolled students: 2

DESKRIPSI MATA KULIAH

Mata kuliah ini membahas tentang hakikat dari keberbakatan, hakikat dari test Bakat Minat, prosedur pengetesan dengan alat tes Bakat, skoring tes Bakat, makna/interpretasi sederhana dari tes Bakat, prosedur pengetesan dengan alat tes Minat, skoring tes Minat, makna/interpretasi sederhana dari tes Minat, prosedur pengetesan dengan alat tes Kreativitas Figural, skoring tes Kreativitas Figural, makna/interpretasi sederhana dari tes Kreativitas Figural

  • Enrolled students: 2
Wawancara
  • Enrolled students: 2
  • Enrolled students: 2