KONSTRUKSI ALAT UKUR
  • Enrolled students: 5

Dosen Pengampu

Tim Dosen Mata Kuliah Konstruksi Alat Ukur


Pengembang Bahan Ajar
  • Dr. Gumgum Gumelar Fajar Rakhman, M.Si.
  • Dr. Lussy Dwiutami Wahyuni, M.Pd.
  • Rahmadianty Gazadinda, M.Sc.

Deksripsi Mata Kuliah

Mata Kuliah Konstruksi Alat Ukur membahas tentang pengembangan alat ukur psikologis, baik untuk atribut kognitif maupun non-kognitif. Mata kuliah ini diberikan agar mahasiswa mampu melakukan pengembangan terhadap suatu instrumen psikologis, baik mengadopsi, mengadaptasi, ataupun mengkonstruksikan instrumen yang mengukur suatu konstruk tertentu. Mahasiswa diharapkan dapat merancang, menguji coba dan mengevaluasi alat ukur psikologis untuk atribut kognitif serta dapat mengadaptasi, menguji coba dan mengevaluasi alat ukur atribut psikologis non-kognitif.


Melalui mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat memformulasikan ide, pemikiran ataupun memberikan solusi atas permasalahan pemanfaatan suatu instrumen psikologis di Indonesia. Hal ini dikarenakan sebagian besar instrumen atribut psikologis yang beredar di Indonesia masih mengadaptasi instrumen yang sudah ada dari budaya yang berbeda ataupun instrumen baru yang masih memerlukan proses pengembangan sebelum menjadi alat ukur yang reliabel dan valid. 

Pada akhir perkuliahan, mahasiswa akan ditantang untuk mampu menyusun suatu instrumen psikologis untuk atribut kognitif yang valid dan reliabel melalui proseedur ilmiah yang tepat dan sahih. Setelah menyelesaikan perkuliahan mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu  mengembangkan alat ukur psikologis kognitif ataupun non-kognitif, baik dengan cara melakukan adopsi alat ukur, melakukan proses adaptasi alat ukur ataupun menyusun (konstruksi) alat ukur baru guna mengukur suatu konstruk psikologis. 

Capaian Pembelajaran

Setelah menyelesaikan mata kuliah Konstruksi Alat Ukur, mahasiswa akan:
1. Mampu mengidentifikasi perbedaan, fungsi dan peran ragam pengukuran psikologis

2. Mampu mengaplikasikan karakteristik psikometrika dalam pengukuran psikologis

3. Mampu mengidentifikasi kebutuhan dan pengaplikasian seluruh bentuk pengembangan alat ukur psikologis

4. Mampu mengidentifikasi perbedaan prosedur pengembangan alat ukur psikologis (adopsi, adaptasi dan konstruksi alat ukur)

5. Mampu menguraikan, mengaplikasikan dan dan melaksanakan seluruh tahapan proses adaptasi alat ukur

6. Mampu menguraikan, mengaplikasikan dan melaksanakan seluruh tahapan proses konstruksi alat ukur

7. Mampu menguraikan seluruh tahapan proses adaptasi dan konstruksi alat ukur 

8. Mampu menarik kesimpulan dari temuan proses pengembangan alat ukur yang telah dilaksanakan serta menyertakan saran rekomendasi aplikatif atas temuan tersebut

9. Mampu mendiseminasikan hasil temuan dari proses pengembangan alat ukur

Rencana Pembelajaran Semester (RPS)

  • Enrolled students: 5