Psikologi Bencana
  • Pembuat kursus: Ernita Zakiah
  • Pelajar terdaftar: Tidak ada siswa yang mendaftar pada kursus ini

Halo...perkenalkan saya Ernita Zakiah dosen pengampu mata kuliah psikologi bencana disemester ini. 

Pengantar

Indonesia merupakan salah satu negara yang hampir setiap tahun mengalami bencana dan termasuk bencana yang besar. Berikut 10 bencana alam terbesar yang terjadi di Indonesia: letusan gunung merapi (1930 dan 2010). Gempa, tsunami, dan likuifaksi di Palu, Sili dan Donggala (2018), gempa Sumatera Barat (2009), letusan gunung toba (74.000 tahun lalu), Gempa Yogyakarta (2006), tsunami Flores (1992), gempa dan tsunami Aceh (2004), letusan gunung Karakatau (1883), letusan gunung Tambora (1815) dan letusan gunung Kelud (2014). Bencana yang terjadi memberikan dampak secara materi, fisik dan psikologis, sehingga perlu dipelajari konsep psikologi bencana dan pengaplikasian psikologi dalam konteks bencana.

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah psikologi bencana akan membahas tentang konsep bencana dengan mempelajari definisi dan jenis-jenis bencana. Selain itu mata kuliah ini juga akan mempelajari konsep penelitian dalam konteks bencana, konsep asesmen dan aplikasi melakukan asesmen dalam bencana, mempelajari konsep intervensi bencana, manajemen bencana, etika penanganan dalam bencana, prevention in disasters, dan psychological first aid.

Metode Pembelajaran

Metode pembelajaran mata kuliah psikologi bencana dengan penjelasan materi, analisa kasus dan project based. Analisa kasus pengerjaannya secara mandiri. Project based yang akan dilaksanakan dalam mata kuliah ini adalah membuat modul intervensi dalam bencana. Namun sebelum pembuatan modul mahasiswa akan melakukan asesmen terlebih dahulu, sehingga perlu membuat guide asesmen (observasi dan wawancara). Project ini akan dikerjakan secara kelompok.

  • Pembuat kursus: Ernita Zakiah
  • Pelajar terdaftar: Tidak ada siswa yang mendaftar pada kursus ini