INTERVENSI INDIVIDU
  • Enrolled students: 2

Hai hai Halo....

Selamat datang di Kelas Intervensi Individu. Perkenalkan saya Santi Yudhistira dosen yang akan mengampu MK ini hingga akhir semester. Semoga rekan-rekan mahasiswa bisa mengikuti seluruh pekuliahan dengan baik tanpa mengalami kendala yang berarti.

Pengantar Awal

Sesuai dengan surat edaran dari rektor, untuk meminimalisir penyebaran COVID 19, maka dosen dan mahasiswa dianjurkan untuk melakukan pembelajaran jarak jauh mulai 16 Maret hingga 17 April 2020. Hal ini dilakukan demi kebaikan mahasiswa, dosen, dan tendik. Melakukan social distancing saat ini adalah pilihan paling tepat agar semua bias tetap sehat dan penyebaran virus melambat. Tindakan ini adalah langkah yang tepat untuk dilakukan. Kita harus terus berdoa agar pandemi ini segera berakhir dan aktivitas segera kembali normal. Stay at home and stay safe.

Metode Pembelajaran Jarak Jauh untuk kelas Intervensi Individu

Kelas intervensi individu akan berjalan sebagaimana mestinya. Minggu ke empat teman-teman akan mulai presentasi untuk masing-masing kelompok. Namun sebisa mungkin menggunakan berbagai media pembelajaran yang kreatif dan inovatif  dalam ppt kelompok sehingga kelompok lain bisa melihat contoh langsung dari Teknik modifikasi perilaku yang sedang anda bahas. Kelompok juga bisa memberikan tugas kepada mahasiswa lain saat pertemuan berjalan sehingga mahasiswa dapat berpartisipasi aktif dan dijamin mengikuti perkuliahan sampai akhir. Siapkan form yang harus diisi untuk tugas bagi mahasiswa lain. Saat kelompok presentasi, maka kelompok yang akan mengelola kelas dan memberikan topik-topik penjelasan. Kelompok harus memikirkan strategi dan cara agar kelas aktif dan proses diskusi berjalan lancar. Di akhir saya akan memberikan materi tambahan dan menjawab pertanyaan yang tidak terselesaikan. Dengan demikian, kelompok harus bisa memikirkan cara agar penyampaian materi bisa tetap menarik. Saya sangat menganjurkan ada video contoh untuk setiap Teknik yang dibahas. Semoga semua terselenggarakan dengan baik ya. Anda boleh menggunakan berbagai teknik Modifikasi perilaku untuk menarik minat rekan-rekan kelas.

Penutup

Kesuksesan PJJ sangat tergantung pada partisipasi aktif dan kemandirian teman-teman. Dosen tidak bisa berbuat banyak jika mahasiswa tidak mau aktif dan lebih giat dalam belajar. Saya sadar akan banyak sekali tugas dan PR yang diberikan oleh dosen-dosen, tapi ini lah risiko yang harus kita hadapi. Semoga teman-teman bisa lebih komitmen dalam melaksanakan perkuliahan dan mengerjakan tugas, serta tidak menganggap ini sepele. Ingat, yang berbeda hanya metode dan media pembelajarannya, bobot SKS dan BOBOT penilaian tidak berubah. Semoga semuanya sehat dan kita bisa segera kuliah tatap muka.

Sampai jumpa di pertemuan pertama.


Salam,

Santi Yudhistira, M.Psi

  • Enrolled students: 2