KOMUNIKASI ORGANISASI Prodi Manajemen Pendidikan, Dr. Neti Karnati, M.Pd.

Komunikasi berasal dari bahasa latin "communis" Atau "common" dalam bahasa Inggris yang berarti sama, communico, communicatio, communicare yang berarti "membuat sama". Komunikasi dapat diartikan sebagai proses individu mengirim stimulus yang biasanya dalam bentuk verbal untuk mengubah tingkah laku orang lain. Komunikasi merupakan proses yang timbal balik antara si pengirim dan penerima untuk saling mempengaruhi satu sama lain. 

Sedangkan Organisasi adalah rangkaian kerja sama dari sekelompok orang untuk mencapai tujuan bersama. Jadi komunikadi organisasi adalah komunikasi yang terjadi di jaringan kerja sama yang cukup besar dan mencakup hampir semua aspek komunikasi interpersonal dan komunikasi kelompok termasuk topic seperti struktur dan fungsi dari organisasi, hubungan manusia, komunikasi, dan proses pengorganisasian dan budaya organisasi.

Pengantar Metodologi Penelitian

Mata kuliah bertujuan supaya mahasiswa memiliki pengetahuan dan kemampuan tentang epistemologi keilmuan yang bersifat operasional dalam melakukan dan menyusun pengetahuan ilmiah melalui kegiatan penelitian sehingga mahasiswa memahami apa itu penelitian, tujuan penelitian, manfaat dari adanya penelitian, bagaimana penelitian dilakukan, hingga pemahaman mengenai perbedaan jenis-jenis desain dan metodologi penelitian yang ada. Secara garis besar mata kuliah ini memberikan gambaran mengenai seputar ilmu pengetahuan, penelitian dan metodologi yang lazim digunakan. Pembelajaran akan dilaksanakan dengan menerapkan pendekatan student centered learning, di antaranya akan dilakukan melalui metode penugasan, case based learning dan project based learning. Penilaian dilakukan melalui ujian portofolio (karya), penilaian tugas/produk, dan penilaian kinerja. Pembelajaran dilaksanakan secara online (dalam jaringan) secara synchronus dan asynchronus.


Dasar-Dasar Perencanaan Pendidikan

Mata kuliah ini merupakan prasyarat bagi mata kuliah Perencanaan Pendidikan II dan mata kuliah Latihan Perencanaan Pendidikan. Mata kuliah ini mendeskripsikan tentang: Konsep dasar pertumbuhan dan pembangunan, teori pertumbuhan dan pembangunan, perubahan cara pandang terhadap pendidikan dan pembangunan, konsep dasar perencanaan pendidikan, proses perencanaan pendidikan, faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam perencanaan pendidikan, konsep, peran dan kegunaan DSP dalam konteks pendidikan untuk semua, berbagai sektor dan strategi antar sektor, serta rencana pengembangan pendidikan; cakupan dan isi DSP berdasarkan konteks spesifik dan tujuannya; contoh konkrit penggunan kerangka analitis DSP; analisis utama dan indikator yang digunakan dalam DSP; data yang relevan dan informasi yang harus digunakan untuk mencapai tujuan; Mengumpulkan hasil utama DSP; dan masalah utama dalam pengembangan sektor pendidikan berdasarkan hasil DSP, teknik analisis manajemen, diagnosis sector dan pemilihan strategi, keadilan dalam system pendidikan, dan kualitas pendidikan. Pembelajaran akan dilaksanakan dengan menerapkan pendekatan student centre learning. Mahasiswa didorong dan difasilitasi untuk aktif mencari dan menemukan konsep.  Pendekatan yang digunakan dalam mata kuliah ini adalah pembelajaran yang berorientasi pada studi kasus dan berpusat pada kemampuan mahasiswa yang dalam pelaksanaanya menggunakan metode case based learning, dan project based learning.

Aplikasi Komputer dalam Manajemen Pendidikan
  • Enrolled students: No students enrolled in this course yet

Mata kuliah Aplikasi Komputer bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan untuk menguasai Aplikasi Komputer yang diperlukan dalam rangka mengelola pendidikan. Oleh karena itu, ruang lingkup dari mata kuliah ini meliputi: Software Microsoft Office, Software Design Adobe, dan Software Google Sketchup serta SISKO. Pendekatan yang digunakan dalam mata kuliah ini adalah pembelajaran yang berpusat pada praktik dan berpusat pada kemampuan mahasiswa yang dalam pelaksanaanya menggunakan metode diskusi, praktikum dan penugasan dengan cased based learning dan project based learning.

  • Enrolled students: No students enrolled in this course yet
Manajemen Keuangan Pendidikan A

Salah satu standar dalam pendidikan adalah standar pembiayaan. Oleh karena itu mahasiswa prodi Manajemen Pendidikan perlu memahami dan memiliki keterampilan dalam pengelolaan keuangan pendidikan. Dalam mata kuliah ini mahasiswa akan diberikan materi terkait dengan konsep dasar akuntansi khususnya akuntansi perusahaan jasa, perpajakan dan pembiayaan komponen-komponen dari standar pendidikan serta bagaimana menghitung harga pokok penjualan dari layanan pendidikan serta titik balik impas. 

Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan (Ibu Wahyu Sri Ambar Arum)

Mata Kuliah ini membahas tentang Hakikat Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan, tujuan serta manfaatnya, ruang lingkup dan kegiatan Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan dari Perencanaan,Pengadaan,Inventarisasi,Pemeliharaan,Penataan,Penghapusan,dan Pengawasan. sarana dan prasarana Pendidikan. 

Pendidikan Kewirausahaan

mata kuliah ini

Pendidikan Kewirausahaan (Ibu Wahyu Sri Ambar Arum)

Mata kuliah ini membahas  seluruh pengetahuan dasar tentang pendidikan kewirausahaan, mulai dari pengertian, latar belakang, tujuan dan manfaat dari perlunya membangun jiwa kewirausahaan pada era globalisasi , seluruh komponen kepribadian,mental dan perilaku yang harus ditumbuhkan pada diri  mahasiswa dalam mengembangkan jiwa entrepreneur serta wawasan dan kompetensi teknis dan non teknis mendasar yang harus dimiliki mahasiswa sebagai  seorang entrepreneur khususnya dalam  pengelolaan  Lembaga pendidikan  yang berkualitas dan memberi manfaat optimal kepada  masyarakat luas.

Adapun tujuannya adalah untuk :

Mengetahui konsep dasar dan memahami aspek-aspek penting baik aspek eksternal (lingkungan) maupun aspek internal (perilaku) yang dibutuhkan oleh seoarang entrepreneur dalam menjalankan profesinya, memberikan bekal kepada mahasiswa untuk mampu menganalis secara kritis semua situasi kondisi yang dapat diprediksi maupun yang sulit diprediksi, di samping berupaya membangun jiwa kepemimpinan yang  kreatif dan inovatif dalam mengelola suatu usaha khususnya mengelola Lembaga pendidikan yang unggul , efektif dan efsien ,dan siap berkompetisi di Era global.