Supervisi Pendidikan SMT 117 (Prof. Dr. Rugaiyah, M.Pd)

Mata kuliah bertujuan agar mahasiswa memiliki pemahaman tentang:(1)Pengkajian tentang konsepdasarsupervisi pendidikan;(2) supervisidalam perspektif peningkatan mutukelembagaan, supervisi dalam perspektifpengembangan profesional guru;(3)Jenis-jenis supervisi; (4) Evaluasi kinerja dan pengembangannya; (5) pembinaan dan pengembangan mutu lembaga dan profesionalisme guru; (6) Peran, wewenang, dan kompetensi supervisor; (7)Pemahaman operasional supervisi pendidikan di sekolah yang dilakukan melalui observasi dansimulasi.Pembelajaran akan dilaksanakan dengan menerapkan pendekatanstudent centeredlearning,di antaranya akan dilakukanmelaluimetode penugasan,casebased learningdan project based learning.Penilaian dilakukan melalui ujianportofolio (karya),penilaian tugas/produk, dan penilaian kinerja.Pembelajaran dilaksanakan secaraonline(dalam jaringan)secara synchronus dan asynchronus.

Media dan Sumber Belajar AUD SMT 117/ 2020 B

Mata kuliah ini menyajikan pembahasan tentang hakikat media pembelajaran dan sumber belajar anak usia dini yang meliputi: klasifikasi dan jenis media pembelajaran, kriteria dan prosedur pemilihan media pembelajaran untuk anak usia dini, analisis materi dan media pembelajaran anak usia dini, disain/rancangan, pembuatan serta penggunaan media pembelajaran dan perawatan media anak usia dini.

Media Pembelajaran
  • Teacher: syarif sumantri
  • Enrolled students: No students enrolled in this course yet

Kemampuan yang diharapkan dalam mata kuliah ini yaitu memahami pengertian, menjelaskan, merancang, menggunakan serta mengevaluasi media pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Untuk itu, mata kuliah ini terdiri dari materi sebagai berikut: 1). Pengertian Media Pembelajaran, 2) Fungsi dan Peran Media Pembelajaran; 3) Pengelompokkan Media Pembelajaran; 4) Media Sederhana (kelebihan dan keterbatasannya), 5) Pemilihan Media Pembelajaran, 6) Penggunaan Media Pembelajaran, 7) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Visual, Audio Visual, Multimedia, ICT dan 8) Domontrasi Pembuatan Media Pembelajaran. Mahasiswa dapat menyikapi positif tentang pentingnya media pembelajaran bagi keberhasilan proses pembelajaran dan mutu pembelajaran.

  • Teacher: syarif sumantri
  • Enrolled students: No students enrolled in this course yet
KOMUNIKASI ORGANISASI