Statistika Pendidikan
Metodologi Penelitian

Mata kuliah ini mengkaji tentang hakikat karya ilmiah, hakikat penelitian; paradigma penelitian; klasifikasi penelitian kuantitatif; merancang proposal penelitian kuantitatif, dan penyusunan laporan penelitian kuantitatif.

Pendidikan Seni Rupa SD

Mata kuliah ini adalah diarahkan untuk mengembangkan pemahaman, ketrampilan dan kreatifitas mahasiswa dalam upaya merancang dan melaksanakan proses pembelajaran seni rupa yang mencakup esensi konsep dan fungsi seni, unsur dan prinsip seni rupa, periodesasi karya seni rupa anak, aliran seni Lukis, menghasilkan karya seni gambar, cetak, dekoratif, seni Lukis dengan berbagai teknik, merancang pembelajaran seni rupa terpadu, dan menyelenggarakan pameran karya seni rupa. Implikasinya agar mahasiswa mampu mengaplikasikan pembelajaran seni rupa di sekolah dasar.

Pra Kondisi Ke SD an
  • Teacher: Yofita Sari UNJ
  • Enrolled students: No students enrolled in this course yet

Mata kuliah ini mengkaji tentang Delapan Standar Nasional Pendidikan sesuai Undang-Undang yang berlaku dan pengenalan suasana/kondisi Sekolah Dasar untuk mengawali penguasaan  kompetensi guru  Sekolah Dasar secara utuh  yang  memberikan pengalaman secara langsung  mengenai berbagai aspek yang berhubungan dengan  suasana akademis, fisik, administratif/manajemen, dan  sosial-emosional  di Sekolah Dasar, dengan menggunakan berbagai teknik, antara lain: pengamatan, wawancara, mempelajari dokumen,  dan diskusi, dan pelaporan hasil analisis kajian

  • Teacher: Yofita Sari UNJ
  • Enrolled students: No students enrolled in this course yet
Evaluasi Pembelajaran

Mata kuliah ini mengkaji hakikat evaluasi pembelajaran; tujuan, fungsi, dan prinsip evaluasi pembelajaran penyusunan instrumen tes dan non tes untuk proses dan hasil pembelajaran, serta penerapan portofolio dalam pembelajaran di SD


Inovasi Pendidikan SD
  • Enrolled students: 3

Mata kuliah ini mengkaji konsep, prinsip-prinsip, ciri, jaringan difusi, agen pembaharu, dan konsekuensi dari inovasi, serta paradigma inovasi dalam pengembangan sistem pendidikan, serta bentuk-bentuk inovasi pendidikan dan inovasi pembelajaran di sekolah dasar.

Tujuan MK Inovasi pendidikan : Mahasiswa diharapkan memiliki pemahaman tentang konsep, prinsip-prinsip, ciri, jaringan difusi, agen pembaharu, dan konsekuensi dari inovasi, serta paradigma inovasi dalam pengembangan sistem pendidikan, serta dapat menganalisis berbagai inovasi pendidikan dan pembelajaran di sekolah dasar

  • Enrolled students: 3