Dasar-Dasar Perencanaan Pendidikan

Mata kuliah ini merupakan prasyarat bagi mata kuliah Perencanaan Pendidikan II dan mata kuliah Latihan Perencanaan Pendidikan. Mata kuliah ini mendeskripsikan tentang: Konsep dasar pertumbuhan dan pembangunan, teori pertumbuhan dan pembangunan, perubahan cara pandang terhadap pendidikan dan pembangunan, konsep dasar perencanaan pendidikan, proses perencanaan pendidikan, faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam perencanaan pendidikan, konsep, peran dan kegunaan DSP dalam konteks pendidikan untuk semua, berbagai sektor dan strategi antar sektor, serta rencana pengembangan pendidikan; cakupan dan isi DSP berdasarkan konteks spesifik dan tujuannya; contoh konkrit penggunan kerangka analitis DSP; analisis utama dan indikator yang digunakan dalam DSP; data yang relevan dan informasi yang harus digunakan untuk mencapai tujuan; Mengumpulkan hasil utama DSP; dan masalah utama dalam pengembangan sektor pendidikan berdasarkan hasil DSP, teknik analisis manajemen, diagnosis sector dan pemilihan strategi, keadilan dalam system pendidikan, dan kualitas pendidikan. Pembelajaran akan dilaksanakan dengan menerapkan pendekatan student centre learning. Mahasiswa didorong dan difasilitasi untuk aktif mencari dan menemukan konsep.  Pendekatan yang digunakan dalam mata kuliah ini adalah pembelajaran yang berorientasi pada studi kasus dan berpusat pada kemampuan mahasiswa yang dalam pelaksanaanya menggunakan metode case based learning, dan project based learning.