Keterampilan Mengajar 2020 B

Mata Kuliah KETERAMPILAN MENGAJAR perlu diikuti oleh setiap mahasiswa S1 PGPAUD. Pada awal Pertemuan, akan dilakukan review antara mahasiswa dan dosen yang akan membahas tentang konten pembelajaran PGPAUD, perencanaan dan strategi pembelajaran serta kode etik guru. Selain itu, dilakukan juga kajian akademik tentang berbagai inovasi dalam Pendidikan dan Pembelajaran anak usia dini terutama terkait dengan pengembangan kurikulum bermain kreatif. Hal ini dilakukan sebagai bekal dalam mengembangkan berbagai komponen perencanaan dalam praktek keterampilan. 

Mata kuliah ini berisi pemahaman tentang dasar-dasar teori pembinaan kompetensi mengajar (mencakup kompetensi pedagogi, profesional, personal dan sosial) pengenalan dan praktek berbagai jenis keterampilan dasar mengajar. Setiap mahasiswa wajib berlatih Keterampilan mengajar terbatas dengan teman sebaya menggunakan perencanaan pembelajaran yang sudah disiapkan untuk berbagai setting pendidikan anak usia dini. Selanjutnya berlatih keterampilan mengajar yang sesungguhnya dengan anak (real teaching).

Pembelajaran akan dilaksanakan dengan menerapkan pendekatan student centered learning, di antaranya akan dilakukan melalui metode penugasan, case method dan project based learning serta praktek langsung mengajar mikro dengan teman sejawat dan mengajar makro dengan anak (real teaching). Penilaian dilakukan melalui lembar kerja berupa persiapan pembelajaran mikro dan makro, perangkat pembelajaran, dan penilaian kinerja melalui self evaluation dengan menggunakan smartphone. Pembelajaran dilakukan secara daring dan luring.