Manajemen PAUD merupakan salah satu isu internasional yang menjadi fokus perhatian utama pada Lembaga Internasional dan kebijakan di berbagai negara. NAEYC (National Association for The Educational of Young Children) menjadi salah satu Lembaga internasional yang memiliki perhatian terhadap tata kelola (managerial) pendidikan anak usia dini, diantaranya adalah Program akreditas PAUD (Early Learning Program Accreditation Standards and Assessment Items) dan program persiapan tenaga professional anak usia dini (NAEYC Standards for Early Childhood Professional Preparation Programs). Selain itu, Unicef juga memiliki banyak program dalam tata kelola PAUD, diantaranya proyek pendidikan anak (The Educated Child) yang mengeleborasi standar kualitas PAUD dan program pendidikan dan pengasuhan anak usia dini (Early Childhood Care and Education).
Dalam konteks kebijakan nasional Indonesia, tata kelola PAUD diakomodasi melalui berbagai isu kebijakan nasional yang berkaitan dengan (1) Pendidikan Untuk Semua (Education For All), (2) Kebijakan tentang standar PAUD, (3) kebijakan tentang kurikulum PAUD, (4) Kebijakan tentang Pengelolaan Lembaga PAUD dan (5) Kebijakan tentang PAUD HI (Holistik Integratif). Pada kebijakan operasional, tata kelola PAUD lebih memusatkan pada pengelolaan komponen (1) pelaksanaan KTSP PAUD, (2) pengelolaan pendidik dan tenaga kependidikan, (3) pengelolaan sarana prasarana, (4) pengelolaan peserta didik, (5) pengelolaan proses pembelajaran, (6) pengelolaan proses dan hasil penilaian anak dan (7) pengelolaan penyelenggaraan satuan PAUD. Mata kuliah ini akan melakukan kajian terhadan beberapa isu dan konsep manajemen PAUD dalam perspektif internasional dan perspektif kebijakan nasional serta berbagai kajian ahli PAUD.
- Enrolled students: 19