Konsep Dasar Manajemen PAUD

Pendidikan anak usia dini merupakan bagian dari kajian ilmu pendidikan dan penerapan dari multidisiplin keilmuan. Sebagai bagian disiplin keilmuan, ilmu PAUD dapat dijadikan kerangka rujukan bagi praktik penyelenggaraan pendidikan pada berbagai lembaga, baik formal, non formal maupun informal. Dalam penyelenggaraan lembaga PAUD formal dan non formal sangat perlu orientasi pemahaman manajerial sehingga penggunaan praktik berbasis keilmuan PAUD menjadi terkontrol, akuntabel dan professional.

Mata kuliah ini akan memberikan pembahasan interaktif tentang komponen-komponen yang menjadi dasar dalam penyelenggaraan lembaga pendidikan PAUD. Sebagai lembaga pendidikan, penyelenggaraan PAUD harus memiliki kerangka landasan yang jelas, baik dari aspek yuridis formal, operasional maupun konseptual. Pada bagian lain, mata kuliah ini akan memberikan pemahaman tentang prosedur pendirian lembaga PAUD, manajemen pemasaran, manajemen input lembaga PAUD yang mencakup input kurikulum, anak didik, pendidik, sarana dan prasarana. Selain itu juga akan dibahas tentang manajemen hasil, keluaran dan lulusan lembaga pendidikan PAUD serta manajemen pengawasan pada lembaga pendidikan PAUD.