Creative Iklan

Hallo semua..

Selamat datang di ruang belajar virtual creative iklan.

Mata kuliah ini merupakan implementasi bagi mahasiswa ilmu komunikasi untuk dapat memahami aspek-aspek dalam kreatif periklanan beserta strategi-strategi yang digunakan. Mahasiswa diharapkan juga mampu merencanakan dan membuat bermacam-macam iklan yang menarik dalam semua media. Pada akhirnya mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan antara lain sebagai copy writer, art director dan sebagainya

CPL:

Ranah

Capaian Pembelajaran Lulusan

Sikap

1.    Bertaqwa kepada Tuhan Yang MahaEsa

2.    Menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan universal, pluralisme dan persatuan bangsa Indonesia

3.    Menginternasilisasinilai, norma, dan etika akademik

4.    Memiliki nasionalisme dan rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa

5.    Menghargai keragaman Suku, Agama, Ras dan Antar golongan,

6.    Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara

7.    Menghargai keanekaragaman serta pendapat atau temuan orisinal orang lain

8.    Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan kemajuan peradaban.

9.    Bekerjasama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap hubungan masyarakat dan lingkungan

10.  Menunjukan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang Komunikasi secara mandiri

11.  Menginternalisasi semangat kemandirian, dan kewirausahaan

12.  Menjunjung tinggi etika profesi

keterampilan umum

13.  Mampu Mengintegrasikan ilmu-ilmu Komunikasi

14.  Melaksanakan tugas dan keahliannya sebagai sarjana komunikasi dengan penuh tanggung jawab

Pengetahuan

15.  Menguasai teori dan konsep pembelajaran komunikasi

 

keterampilan khusus

16.  Mampu menguasai pengetahuan komunikasi bisnis

CPMK:

CPMK

SUB-CPMK

INDIKATOR

1.    Mahasiswa diharapkan dapat memahami  strategi kreatif dalam periklanan

2.    Mahasiswa dapat mempraktekan pembuatan iklan kreatif.

 

A.   Mahasiswa mampu menjelaskan perkembangan periklanan di Indonesia

1.Mampu menjelaskan perkembangan periklanan di Indonesia

2.Mampu menjelaskan Fungsi dan Tujuan Periklanan

B.   Mahasiswa mampu mendeskripsikan Jenis-jenis media dalam periklanan

3. Mampu Pengertian periklanan dan Jenis-Jenis media dalam periklanan

 

C.   Mahasiswa dapat menjelaskan tentang kreatif periklanan dan komponen kreatif iklan

4.Mampu menjelaskan kreatif iklan

5.Mampu menjelaskan komponen-komponen kreatif iklan

 

D. Mahasiswa mampu mendeskripsikan perencanaan kreatif iklan di media

6. Mampu menjelaskan Perencanaan kreatif iklan di media cetak, media elektronik dan internet

E.Mahasiswa mampu merancang konsep untuk berbagai jenis media

7.Mampu membuat script, sketch, design dan shooting board untuk berbagai jenis media

F.Mahasiswa mempresentasikan ide kreatif

9. Mahasiswa mampu menjelaskan Proses kreatif dalam sebuah iklan

G.Mahasiswa mampu melakukan eksekusi dalam iklan

10. Mahasiswa mampu melakukan eksekusi baik iklan visual, audio dan audio visual

F. Mahasiswa mampu mengidentifikasi tantangan dalam kreatif iklan

11. Mahasiswa mampu mengidentifikasi masalah dan teknik dalam kreatif iklan