Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Teknologi Pendidikan
  • Pelajar terdaftar: 17

Dosen Pengampu :

Drs. R.A. Hirmana Wargahadibrata, M.Sc.Ed.

Deskripsi Mata Kuliah :

Mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah program studi (MKPS) Program Studi S1 Teknologi Pendidikan yang wajib lulus. Sejak tahun 1980an mata kuliah ini sudah merupakan bagian dari kurikulum (kala itu) Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan FIP (kala itu) IKIP Jakarta. Setelah lebih daripada 30 tahun, tema mata kuliah ini silih berganti, namun selalu berfokus pada bagaimana dan meningkatkan kualitasnya dengan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi.

Bersifat dinamis, kekinian dan selalu berorientasi ke masa depan, mata kuliah ini menjadi saksi evolusi definisi teknologi pendidikan menurut AECT (Associations for Educational Communications and Technology), www.aect.org. yang terlahir dan terpusat di Amerika Serikat itu, hingga definisi yang terkini yaitu definisi tahun 2003.

Pada dekade-dekade awalnya, utamanya ketika mata kuliah ini masih sedang diampu oleh Dr. Farida Mukti, M.Sc., penggunaan istilah "seminar" menunjukan pilihan metode perkuliahan yang dilaksanakan. Namun, di kemudian hari, setelah secara bertahap beliau menyerahan wewenang kepemimpinan dan pengelolaan mata kuliah ini kepada D/F sekarang ini, istilah "seminar" ini lebih dimaksudkan sebagai sifatnya yang dinamis, kekinian dan selalu berorientasi ke masa depan sebagaimana yang disebutkan di atas.

Semester ini, tema mata kuliah ini ialah "Bagaimanakah TPers Mengoptimalkan Praktik knowledge Management (Manajemen Pengetahuan), Coaching dan Pelatihan secara Terintergrasi, agar Kinerja Belajar Learners dalam Suatu Organisasi Meningkat?"

Tujuan Pembelajaran Umum :

Setelah menyelesaikan matakuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menerapkan pemahaman sistemik dan sistematikanya tentang misi besar setiap TPers (yaitu memfasilitasi belajar klien, bai learner maupun perfomer dan meningkatkan kualitas kinerja belajar mereka hingga deep learning klien terjadi) memalui praktik Knowledge Management dan juga Coaching.

Tujuan Pembelajaran Khusus :

- Mahasiswa mampu menjelaskan definisi organization effectiveness

- Mahasiswa mampu menerapkan strategi organization effectiveness dengan fokus kepada Knowledge Management

- Mahasiswa mampu menerapkan model organization effectiveness

- Mahasiswa mampu menjelaskan pentingnya PSDM untuk dilakukan

- Mahasiswa mampu menerapkan perencanaan program PSDM

- Mahasiswa mampu melakukan pembuatan program PSDM

- Mahasiswa mampu menerapkan coaching di dalam tim dan organisasi untuk meningkatkan kinerja individu dalam organisasi maupun itu sendiri

  • Pelajar terdaftar: 17