Teknik Asessmen Pembelajaran Pendidikan Masyarakat

Mata kuliah ini menyajikan dan mendiskusikan Konsep assessment pembelajaran PLS. Konsentrasi kajian adalah Assesment/ penilaian dalam aktivitas pembelajaran yang termasuk kedalam salah satu indikator penentu untuk mengetahui seberapa jauh keberhasilan atau bahkan kegagalan yang dilakukan oleh pendidik selaku agen pembelajaran dan peserta didik sebagai subjek pembelajaran dalam program PLS. Assesment  pembelajaran berguna untuk memilih metode yang tepat sasaran dan dianggap sesuai dengan kondisi pembelajaran yang dihadapi sehingga langkah selanjutnya akan lebih efektif. Pada mata kuliah ini dibahas pula bentuk- bentuk assessment pada program PenMas yang sedang berkembang, serta bagaimana teknik assessment berperan dalam pengembangan perencanaan aktifitas pembelajaran dalam program pendidikan masyarakat,

Teori-teori dan konsep-konsep tersebut diambil dari berbagai cabang keilmuan, seperti pendidikan terapan, evaluasi pendidikan, dan dari teori dan filsafat pendidikan.

Perkuliahan bersifat interdisipliner untuk memecahkan masalah penyelenggaraan proses pembelajaran pendidikan luar sekolah dalam rangka pengembangan sumber daya manusia.

Penyampaian materi dilakukan melalui daring maupun luring dalam bentuk diskusi kelas dan diskusi kelompok kecil, penugasan dan kajian individual, sehingga mahasiswa memiliki wawasan dan cakrawala pengetahuan-pemahaman filosofik dan teoritik, pemikiran, sikap, dan nilai positif terhadap aktifitas assessment pembelajaran PenMas.  Di luar waktu perkuliahan, akan dilakukan studi lapangan ke berbagai kegiatan program pendidikan luar sekolah pada satuan PenMas.