MK. Keterampilan Mengajar (Smt 120/Kls B 2021)
  • Course creator: Sri Wulan
  • Enrolled students: 18

Pedoman Peninjauan & Pengembangan Kurikulum Program Studi

Mata kuliah KETERAMPILAN MENGAJAR perlu diikuti oleh setiap mahasiswa S1 PGPAUD. Sebelum mengikuti mata kuliah ini mahasiswa diminta untuk melakukan kajian akademik tentang berbagai inovasi dalam Pendidikan dan Pembelajaran anak usia dini. Hal ini dilakukan sebagai bekal dalam mengembangkan berbagai komponen perencanaan dalam praktek keterampilan.
Mata kuliah ini berisi pemahaman tentang dasar-dasar teori pembinaan kompetensi mengajar (mencakup kompetensi pedagogi, profesional, personal dan sosial) pengenalan dan praktek berbagai jenis keterampilan dasar mengajar. Setiap mahasiswa wajib berlatih ketrampilan mengajar terbatas dengan teman sebaya menggunakan perencanaan pembelajaran yang sudah disiapkan untuk berbagai setting pendidikan anak usia dini. Selanjutnya berlatih keterampilan mengajar yang sesungguhnya dengan anak (real teaching).

Pembelajaran akan dilaksanakan dengan menerapkan pendekatan student centered learning, di antaranya akan dilakukan melalui metode penugasan, case method dan project based learning. Penilaian dilakukan melalui ujian tulis, penilaian tugas/produk, dan penilaian kinerja. Pembelajaran dilaksanakan secara tatap muka dan online (dalam jaringan).

  • Course creator: Sri Wulan
  • Enrolled students: 18