- Course creator: Sri Wulan
- Teacher: Nurbiana Dhieni
- Enrolled students: 9
Mata kuliah ini membekali mahasiswa tentang hakikat kurikulum anak usia dini, prinsip dan tujuan pengembangan kurikulum PAUD, kajian lintas disiplin ilmu dalam pemahaman pendekatan kurikulum dan model kurikulum PAUD (pendekatan active learning, pendekatan discovery, pendekatan inquiry, pendekatan proses, pendekatan proyek, pendekatan konkret, pendekatan holistik dan sebagainya), pengelolaan kurikulum/pembelajaran melalui penyusunan program stimulasi bagi anak usia 0-8 tahun berdasarkan acuan/standar nasional dan standar internasional pengembangan kurikulum anak usia dini serta kajian model-model pengembangan kurikulum pendidikan anak usia dini (kontemporer), dan diakhiri dengan langkah penyusunan naskah dokumen kurikulum PAUD dengan beragam pendekatan pembelajaran/model kurikulum anak usia dini di berbagai setting satuan pendidikan/lembaga PAUD yang mencakup Penitipan Anak (Child Care), Kelompok Bermain, Taman Kanak-kanak, Satuan PAUD Sejenis (SPS) dan Sekolah Dasar Kelas Awal.
Setelah mengikuti perkuliahan ini, mahasiswa diharapkan; mampu melakukan analisis kebutuhan lapangan terhadap kebutuhan kurikulum PAUD, mampu menyusun dokumen kurikulum yang berbasis pada model dan pendekatan kurikulum PAUD dalam memberikan layanan pendidikan pada suatu lembaga PAUD dan mampu memberikan advokasi pada lembaga dalam memenuhi kebutuhan kurikulum lembaga PAUD. Pembelajaran pada mata kuliah ini menggunakan berbagai pendekatan yang melibatkan mahasiswa secara aktif dalam perkuliahan. Capaian pembelajaran mata kuliah ini mendukung capaian pembelajaran lulusan sebagai pendidik, instruktur, konsultan dan manajer PAUD, sehingga mahasiswa dapat menjalankan perannya secara profesional dalam bidang pendidikan anak usia dini.
- Course creator: Sri Wulan
- Teacher: Nurbiana Dhieni
- Enrolled students: 9