- Course creator: Dian Pertiwi Josua FT UNJ
- Enrolled students: 41
Mata kuliah ini membimbing mahasiswa dalam menulis dan menyajikan karya ilmiah dalam bentuk proposal skripsi. Secara khusus, mata kuliah ini membimbing mahasiswa dalam menulis proposal skripsi, serta menyajikan laporan penelitian sesuai Pedoman Penulisan Skripsi Universitas Negeri Jakarta.
- Course creator: Dian Pertiwi Josua FT UNJ
- Enrolled students: 41
- Course creator: Dian Pertiwi Josua FT UNJ
- Enrolled students: 23
Deskripsi Mata Kuliah:
Mata kuliah ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan menulis artikel ilmiah secara efektif dan sesuai dengan standar akademik yang berlaku. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa akan mempelajari konsep dasar penulisan ilmiah, struktur artikel ilmiah, cara menyusun abstrak, pengembangan latar belakang dan tujuan penelitian, penulisan tinjauan pustaka, metodologi, analisis data, serta pembahasan dan kesimpulan. Mahasiswa juga akan diperkenalkan pada berbagai jenis jurnal ilmiah, cara memilih jurnal yang tepat, dan prosedur pengajuan artikel untuk publikasi. Di samping itu, etika penulisan ilmiah seperti penghindaran plagiarisme dan penulisan kutipan serta daftar pustaka juga menjadi bagian penting dari pembelajaran. Melalui berbagai tugas praktik, mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan artikel ilmiah yang siap untuk diajukan ke jurnal bereputasi.
Capaian Pembelajaran:
- Memahami struktur dan elemen penting dalam penulisan artikel ilmiah.
- Mampu menyusun artikel ilmiah dengan bahasa yang jelas, tepat, dan sesuai dengan kaidah akademik.
- Menguasai teknik penulisan kutipan, daftar pustaka, dan penghindaran plagiarisme.
- Mengetahui proses pengajuan artikel ilmiah ke jurnal bereputasi.
Materi Pokok:
- Pengantar Penulisan Ilmiah
- Struktur dan Format Artikel Ilmiah
- Penulisan Abstrak dan Kata Kunci
- Pengembangan Latar Belakang dan Tinjauan Pustaka
- Metode Penelitian dan Penyajian Data
- Analisis, Pembahasan, dan Kesimpulan
- Etika Penulisan Ilmiah dan Plagiarisme
- Teknik Penyusunan Daftar Pustaka
- Proses Pengajuan Artikel ke Jurnal Ilmiah
Dosen Pengampu:
Dian Pertiwi Josua
NIP. 19941012 202321 2039
Program Studi:
S1 Pendidikan Tata Rias
- Course creator: Dian Pertiwi Josua FT UNJ
- Enrolled students: 23
- Course creator: Dian Pertiwi Josua FT UNJ
- Enrolled students: 3
Universitas | : | Universitas Negeri Jakarta |
Fakultas | : | Teknik |
Program Studi | : | Pendidikan Tata Rias |
Mata Kuliah | : | Pengembangan Bahan Ajar |
Bobot sks | : | 4 sks |
Bentuk/Sifat | : | (1) Teori, |
Pra-Syarat (jika ada) | : | - |
Semester | : | 120 |
Periode Kuliah | : | Februari – Juni 2024 (Konversi MBKM) |
Jumlah Pertemuan | : | 16 pertemuan |
Jadwal Kuliah | : | Senin 08.00 - 08.50 09.00 - 09.50 10.00 - 10.50 11.00 - 11.50 |
Ruang Kuliah | : | Luring di sekolah/lokasi Praktik Keterampilan Mengajar (PKM) dan Online Learning |
*) coret yang tidak perlu
DESKRIPSI MATAKULIAH
Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memiliki pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan dengan bahan ajar diantaranya adalah manfaat, jenis, teknik pengembangan, prosedur dan kesesuaian dengan Kurikulum Merdeka serta proses evaluasi bahan ajar. Pelaksanaan mata kuliah ini menggunakan pendekatan student center learning dengan menerapkan strategi pembelajaran Cased Based Learning (CBL) dan Project Based Learning (PjBL) yang berguna sebagai bekal ketika mahasiswa Praktik Keterampilan Mengajar (PKM) di sekolah dan menghasilkan calon pendidik sesuai dengan gelar yang diperoleh yaitu sarjana pendidikan (S.Pd).
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)
- Memiliki kemampuan dalam mengidentifikasi permasalahan, melaksanakan pengukuran dan penilaian, menganalisis hasil, merumuskan strategi untuk mengembangkan bahan ajar.
- Memiliki keterampilan teknis dalam pengembangan bahan ajar
- Memiliki keterampilan dalam merancang, membuat, dan mengevaluasi bahan ajar.
Dosen Pengampu:
Dian Pertiwi Josua
NIP. 199410122023212039
- Course creator: Dian Pertiwi Josua FT UNJ
- Enrolled students: 3
- Course creator: Dian Pertiwi Josua FT UNJ
- Enrolled students: 54
Universitas |
: |
Universitas Negeri Jakarta |
Fakultas |
: |
Teknik |
Program Studi |
: |
Pendidikan Tata Rias |
Mata Kuliah |
: |
Pengembangan Bahan Ajar |
Bobot sks |
: |
4 sks |
Bentuk/Sifat |
: |
(1) Teori, |
Pra-Syarat (jika ada) |
: |
- |
Semester |
: |
119 |
Periode Kuliah |
: |
Agustus – Desember 2023 |
Jumlah Pertemuan |
: |
16 pertemuan |
Jadwal Kuliah |
: |
Kamis, Jam VI (13.00-13.50), Jam VII (14.00-14.50), Jam VIII (15.00-15.50), Jam IX (16.00-16.50) |
Ruang Kuliah |
: |
Luring dan Online Learning |
*) coret yang tidak perlu
DESKRIPSI MATAKULIAH
Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memiliki pengetahuan dan keterampilan yang berkaitan dengan bahan ajar diantaranya adalah manfaat, jenis, teknik pengembangan, prosedur dan kesesuaian dengan Kurikulum Merdeka serta proses evaluasi bahan ajar. Pelaksanaan mata kuliah ini menggunakan pendekatan student center learning dengan menerapkan strategi pembelajaran Cased Based Learning (CBL) dan Project Based Learning (PjBL) yang berguna sebagai bekal ketika mahasiswa Praktik Keterampilan Mengajar (PKM) di sekolah dan menghasilkan calon pendidik sesuai dengan gelar yang diperoleh yaitu sarjana pendidikan (S. Pd).
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)
- Memiliki kemampuan dalam mengidentifikasi permasalahan, melaksanakan pengukuran dan penilaian, menganalisis hasil, merumuskan strategi untuk mengembangkan bahan ajar.
- Memiliki keterampilan teknis dalam pengembangan bahan ajar
- Memiliki keterampilan dalam merancang, membuat, dan mengevaluasi bahan ajar.
Dosen Pengampu:
Dian Pertiwi Josua
NIP. 199410122023212039
- Course creator: Dian Pertiwi Josua FT UNJ
- Enrolled students: 54
- Course creator: Dian Pertiwi Josua FT UNJ
- Enrolled students: 38
Universitas |
: |
Universitas Negeri Jakarta |
Fakultas |
: |
Teknik |
Program Studi |
: |
Pendidikan Tata Rias |
Mata Kuliah |
: |
Pengelolaan Usaha Tata Rias (PUTR) |
Bobot sks |
: |
2 sks |
Bentuk/Sifat |
: |
(1) Teori (2) |
Semester |
: |
119 |
Jumlah Pertemuan |
: |
16 pertemuan*) x 100 menit |
Ruang Kuliah |
: |
Ruang Gedung H. Lantai 3 IKK FT UNJ/ LMS UNJ/WAG/Zoom/Gmeet/Website Penunjang |
*) coret yang tidak perlu
DESKRIPSI MATAKULIAH
Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan dalam mengelola suatu usaha yang bergerak di bidang tata rias. Mata kuliah ini membahas tentang konsep dasar usaha, perencanaan usaha, pengelolaan usaha, strategi marketing/pemasaran/promosi, analisis SWOT dalam menjalankan suatu usaha di bidang kecantikan. Adapun pelaksanaan mata kuliah ini menggunakan pendekatan student center learning dengan menerapkan strategi pembelajaran case based learning (CBL) dan project based learning (PjBL) guna memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan sekaligus bermanfaat dapat diterapkan ketika mahasiswa PKL (praktek kerja lapangan) di dunia usaha dan dunia industri.
CAPAIAN PEMBELAJARAN
Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pada berbagai layanan pendidikan vokasional Tata Rias (KK-12).
Mampu memanfaatkan IPTEKS yang relevan dalam lingkup Pendidikan Tata Rias (KK-14).
Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi suatu bentuk wirausaha di berbagai layanan jasa dan produk kecantikan baik secara mandiri maupun kelompok (KK-23).
PROFIL DOSEN
Dr. Jenny Sista Siregar, M.Hum
NIP. 197203202005012001
Bidang ilmu dan keahlian: Humaniora dan Sejarah Tata Rias Pengantin
Dian Pertiwi Josua
NIP. 199410122023212039
Bidang ilmu dan keahlian: Ilmu keluarga dan Beautypreneurship
- Course creator: Dian Pertiwi Josua FT UNJ
- Enrolled students: 38
- Course creator: Mari Okatini Armandari FT UNJ
- Enrolled students: No students enrolled in this course yet
Mata kuliah berbobot 4 sks. Mata kuliah ini dapat diampu bila mahasiswa telah menyelesaikan matakuliah prasyarat perawatan, penataan dan pratata rambut. Membahas tentang tentang anatomi dan fisiologi rambut. Sejarah dan Perkembangan Pewarnaan rambut, alat, bahan, kometika pewarnaan, Klasisifakasi Pewaranaan Rambut, teknik pewarnaan dasar/ rambut beruban, Pewarnaan Rambut Nabati, pemudaaan warna, pewarnaan artistic, penataannya serta perawatan pasca pewarnaan. Pembelajaran akan dilaksanakan menggunakan pendekatan student-centered learning secara Offline. Beragam strategi digunakan dalam pembelajaran seperti presentasi, case-based learning, dan project-based learning.
- Course creator: Mari Okatini Armandari FT UNJ
- Enrolled students: No students enrolled in this course yet
- Course creator: Titin Supiani FT UNJ
- Enrolled students: 4
Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam teknik memangkas rambut. Pokok bahasan meliputi konsep dasar pemangkasan, menerapkan pemangkasan rambut dengan berbagai pemangkasan Gradasi dan Layer serta pemangkasan rambut pria. Metode pembelajaran yang akan dilakukan pada matakuliah ini dengan berpusat pada mahasiswa (student centeredness) salah satu metode yang berpusat pada mahasiswa antara lain yaitu Project-based learning). Hasil yang diharapkan dalam pembelajaran ini mahasiswa memiliki tiga BoK yaitu pengetahuan profesional, keahlian profesional dan keterampilan kerja untuk memenuhi profil lulusan sebagai Hairstylist dibidang kecantikan rambut.
- Course creator: Titin Supiani FT UNJ
- Enrolled students: 4
- Course creator: Titin Supiani FT UNJ
- Enrolled students: No students enrolled in this course yet
Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam teknik memangkas rambut. Pokok bahasan meliputi konsep dasar pemangkasan, menerapkan pemangkasan rambut dengan berbagai pemangkasan gradasi dan layer serta pemangkasna rambut pria. Metode pembelajaran yang akan dilakukan pada matakuliah ini dengan berpusat pada mahasiswa (student centeredness) salah satu metode yang berpusat pada mahasiswa antara lain yaitu Project-based learning). Hasil yang diharapkan dalam pembelajaran ini mahasiswa memiliki tiga BoK yaitu pengetahuan profesional, keahlian profesional dan keterampilan kerja untuk memenuhi profil lulusan sebagai Hairstylist dibidang kecantikan rambut.
- Course creator: Titin Supiani FT UNJ
- Enrolled students: No students enrolled in this course yet