CAD CAM

Melatih terampil menggunakan aplikasi Mastercam untuk merancang gambar 2D, 3D, dan desain manufaktur proses. 

MANAJEMEN BENGKEL (Workshop Management)

Bengkel sebagai suatu organisasi  ruang kelas di pendidikan kejuruan , mulai dari peraturan, jenis bengkel, mnajemen fasilitas, manajmen SDM dan berbagai analisis untuk peningkatan kinerja bengkel.

Pompa Kompresor A (Rabu)

Selamat Datang di Perkuliah: Pompa dan Kompresor S1 PTM

Pengampu: Riyadi

Deskripsi:

Materi kuliah ini berisi pembahasan mengenai masalah praktis dalam sistem fluida, teori dasar mesin-mesin fluida, kesebangunan hidraulik, putaran spesifik. Mesin-mesin fluida; Pompa, Kompresor, Fan/Blower, katup, diagram kinerja dan pemilihannya. Kavitasi dan Water Hammer, Analisis aliran transient pada sistem pipa dan pengendaliannya, sistem plambing, kalkulasi kebutuhan pompa


Evaluasi Pembelajaran A (Senin 08.00)

Selamat Datang di Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran

Pengampu: Riyadi

Deskripsi Mata Kuliah:

Memahami teori dan konsep-konsep Evaluasi Pembelajaran teknik mesin serta dapat mengaplikasikannya dalam proses pembelajaran di SMK. Pada mata kuliah ini dibahas konsep tentang makna dan kedudukan evaluasi dalan pembelajaran, hakikat evaluasi pembelajaran, pengelompokkan alat ukur yaitu bagaimana kriteria pengukuran atau alat ukur yang baik, pengembangan penilaian tes baik tes obyektif maupun tes uraian yaitu bagaimana menulis tes obyektif dan tes uraian yang baik serta pengembangan penilaian nontes seperti angket, wawancara, dan portofolio. Mengembangkan penilaian berbasis HOTS, kualitas alat penilaian antara lain validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya pembeda. Aktivitas yang dilakukan dalam perkuliahan ini yaitu mengembangan alat evaluasi secara mandiri dan kelompok serta perhitungan kualitas alat penilaian, pengembangan nilai evaluasi, kemudian uji coba dilapangan dan terakhir paparan hasil uji coba

Ekonomi Teknik Kelas A

Mata kuliah Ekonomi Teknik adalah salah satu mata kuliah penting untuk melengkapi kemampuan para mahasiswa yang mempelajari ilmu teknik. Mata kuliah ini memberikan bekal kepada para mahasiswa kemampuan anĂ¡lisis ekonomi terhadap berbagai rencana proyek atau kegiatan teknik. Untuk menentukan kelayakan suatu proyek atau pekerjaan yang berhubungan dengan teknik, disamping harus layak secara ekonomi. Dalam ekonomi teknik dipelajari beberapa konsep dan pemanfaatannya untuk memperbaiki efisiensi dan efektifitas proyek atau kegiatan teknik, selain itu bagaimana mengevaluasi serta memilih alternative terbaik dari sejumlah alternative proyek atau kegiatan teknik. Prinsif-prinsif yang berkaitan dengan biaya proyek/kegiatan teknik serta keuangan perusahaan juga menjadi pokok bahasan mata kuliah ini.

Metalurgi Fisik, selasa siang

beberapa aspek kristalografi, beberapa metode peningkatan kekuatan logam, Hume Rotery theory, solidifikasi logam murni, paduan biner, beberapa macam diagram fasa biner, diagram fasa Fe-C, diagram CCT, bbeberapa paduan lain.

Sasis (Semester 115)

Mata kuliah ini membahas tentang sasis kendaraan ringan, sistem rem, sistem kopling, sistem transmisi, sistem difrensial unit, roda, sistem suspensi, sistem kemudi.



Pompa dan Kompresor B (Kamis)
Evaluasi Pembelajaran B (Kamis, 08.00-10.30)

Selamat Datang di Kelas Evaluasi Pembelajaran S1 Pendidikan Teknik Mesin

Dosen Pengampu:

Dr. Riyadi, ST., MT