Pengembangan Moral_2023 A

Mata kuliah ini akan menfokuskan diri pada kajian pemahaman konsep dan praktik pengembangan nilai agama dan moral pada anak usia dini sesuai dengan rentang perkembangannya. Pemahaman konsep akan diarahkan pada pemahaman konsep yang terkait dengan hakikat pengembangan nilai agama dan moral, standard  perkembangan nilai agama dan moral, isi pengembangan nilai moral dan agama, metode dan media pengembangan nilai moral dan agama, penilaian nilai agama dan moral serta praktik penyusunan rencana pembelajaran nilai moral dan agama serta praktik pembelajarannya. 

Metodologi Penelitian Kualitatif tahun 2025

Mata kuliah ini menjelaskan cara meneliti masalah-masalah yang memiliki kualitas tertentu berdasarkan perspektif informan dan realitas social melalui proses pengumpulan, penganalisisan dan penafsiran data non-numerik. Isi mata kuliah terdiri dari hakikat metodologi penelitian kualitatif (pengertian, tujuan, fungsi, prinsip-prinsip, jenis-jenis, karakteristik, dan manfaat), masalah-masalah penelitian kualitatif, teori-teori dalam penelitian kualitatif, metode penelitian kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif. 

Pengembangan Moral dan Agama AUD tahun 2025
Mata kuliah ini mengharapkan mahasiswa mampu bertakwa kepada Tuhan YME dan menunjukkan sikap religious; menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya; mengembangkan kegiatan pembelajaran moral dan agama pada anak usia dini melalui pendekatan yang berpusat pada anak.
Perkembangan Masa Awal Anak Usia 2-6 Tahun tahun 2025

Mata kuliah ini mengkaji tentang hakikat perkembangan anak, paradigma, kebutuhan dan karakteristik anak usia 2-6 tahun yang mencakup tugas perkembangan pada setiap aspek kognitif, bahasa, fisik, motorik, sosial emosional, moral, stimulasi perkembangan anak usia 2-6 tahun dan issue terkait dengan anak usia dini.