A.   DESKRIPSI

Mata kuliah ini membekali mahasiswa tentang kawasan penelitian PAUD, lebih mendalam pada focus yang akan dijadikan disertasi. Pembahasan terkait dengan  asesmen anak usia dini, menganalisis hubungan asesmen,  acuan dalam asesmen anak usia dini, pendekatan dan metode asesmen anak usia dini, tahapan asesmen anak usia dini dan pelaporan hasil asesmen anak usia dini.

 

B.   CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)

RANAH

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN

SIKAP

 

1)      Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap aradigm;

2)      Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;

3)      Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

4)      Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;

5)      Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

6)      Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

7)      Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

8)      Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

9)      Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan

10)   Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan

KETERAMPILAN UMUM

1)      Mampu menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/gagasan ilmiah baru, memberikan kontribusi kepada pengembangan serta pengamalan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi yang memperhatikan  dan menerapkan  nilai humaniora dibidang keahliannya, dengan menghasilkan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis dan kreatif.

2)      Mampu menyusun penelitian interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin, termasuk  kajian teoritis dan /atau eksperimen pada bidang keilmuan, teknologi, seni, dan inovasi yang dituangkan dalam bentuk disertasi, dan makalah yang telah diterbitkan dijurmal internasional bereputasi.

3)      Mampu menyusun argumen dan solusi keilmuan, teknologi atau seni berdasarkan pandangan kritis atas fakta, konsep, prinsip, atau teori yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media massa atau langsung kepada masyarakat;

 

4)       

PENGETAHUAN

 

1)      Mengembangkan pemikiran filosofis tentang pendidikan anak usia dini dalam perspektif ontologi, epistemologi dan aksiologi.

2)      Menerapkan pengetahuan dan keterampilan dalam kawasan pendidikan anak usia dini untuk memecahkan masalah dan jawaban melalui kegiatan penelitian, pendidikan dan pelatihan, dan pengembangan pengetahuan berdasarkan kaidah ilmiah.

3)      Mengkaji  pemikiran dan hasil karya  penelitian pendidikan anak usia dini, untuk menghasilkan inovasi dalam bidang PAUD.

4)      Mengkaji ragam penelitian  pendidikan anak usia dini secara  inovatif di tingkat nasional atau internasional.

 

C.   CAPAIAN PEMBELAJARAN  MATA KULIAH

CPMK

SUB-CPMK

 

 

Mengembangkan pemikiran filosofis  tentang PAUD terkait dengan  ontologi, epistemology dan aksiologi

Menganalisis Hakikat Pengerttian Filsafat, Ilmu (Science), Filsafat Filmu, pengetahuan dan ilmu pengetahuan

Menganalisis Hakikat Landasan Ontologi, Epistimologi Dan Aksiologi Ilmu Pengetahuan

Menginternalisasikan nilai religious kedalam diri, keyakinan, agama, moral dan etika.

Menganalisis  eksistensi diri, keyakinan, moral dan agama.

 

Berpikir  kritis atas fakta, konsep, prinsip, atau teori yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah

Berfikir kritis, fakta , prinsip

Menganalisis Hakikat Teori Kebenaran Berdasarkan Deduktif

Mengkaji  beragam aliran  filsafat

  Menganalisis Hakikat Filsafat Ilmu: Positivisme, Variasi Dan Kritik

Menganalisis Hakikat Post Positivisme, Teori Kritis Dan Konstruktivisme (Karl. R,.Poper, Toulmin)

Mengkaji  prinsip transdisiplinari dalam ilmu pengetahuan

Menganalisis Hakikat Membangun Ilmu Pendidikan Yang Interdisipliner

Kajian lanjutan tentang  filosofi PAUD

Menganalisis Hakikat Disiplin Ilmu PAUD Dalam Perspektif Filsafat Ilmu

Menganalisis Hakikat Etika Profesi Dalam Perspektif Filsafat Ilmu (KasusProfesiTenagaPendidikan)

Menginternalisasikan nilai dan norma akasemik

Internalisasi  nilai, norma dan etika akademik.

H.  KEGIATAN PEMBELAJARAN (METODE)

 Pembelajaran dilaksanakan melalui dua pendekatan utama yaitu direct teaching dan indirect teaching.

1.  Direct teaching: dosen menjelaskan dan atau mempresentasikan materi, baik penyajian materi yang dirancang secara khusus oleh dosen maupun berupa penjelasan atau komentar terhadap pemaparan mahasiswa.

2.  Indirect teaching: mahasiswa secara mandiri melakukan eksplorasi, penemuan dan pengkajian terhadap konsep-konsep atau materi yang telah ditetapkan. Bentuknya berupa latihan soal, pemaparan makalah yang berkaitan dengan materi evaluasi pembelajaran menggunakan teknik penilaian kinerja, penugasan, portofolio, projek.

 

I.     TUGAS (TAGIHAN)

Tugas terbagi menjadi 2 bagian yaitu tugas individu dan tugas kelompok

1.    Tugas Kelompok

Tugas 1 :

Menyusun makalah, power point dan presentasi tentang filsafat  ilmu

Merefleksi diri  terkait dengan tanggung jawab ilmuan.

Tugas 2 :

Menyusun makalah, power point dan presentasi tentang Body of knowledge PAUD

Tugas 3 :

Menyusun makalah, power point dan presentasi tentang Kode Etik profesi PAUD

Tugas 4 :

Menyusun makalah, power point dan presentasi tentang jurnal nkeilmuan PAUD

2.    Tugas Individu

(a)        Tugas 5 : Menemukan masalah melalui pengkajian artikel

(b)       Tugas 6 : Menyusun pengembangan ilmu PAUD

 

 

J.     PENILAIAN

1.    Metode:

Ttes kinerja,  dan penugasan.

2.    Instrumen

instrumen penilaian kinerja, instrumen penugasan dalam bentuk rubric penilaian.

3.    Komponen dan proporsi penilaian

Tugas Kelompok         .....................................  30 %

Tugas Mandiri              

Pengkajian Artikel       .....................................  30 %

Proposal                      .....................................  40 %

4.    Kriteria penilain/kelulusan

Mahasiswa dikategorikan lulus matakuliah Metodologi Penelitian  apabila memiliki nilai akhir minimal mencapai B.

Rentang penilaian sebagai berikut:

SKOR

NILAI

≥  86

A

81 £  X < 86

A-

76 £  X < 81

B+

71 £  X < 76

B

66 £  X < 71

B-

61 £  X < 66

C+

56 £  X < 61

C

51 £  X < 56

C-

46 £  X < 51

D

< 46

E

 

 

K.   PERATURAN (TATA TERTIB)

1.    Hadir dalam perkuliahan tatap muka minimal 80% dari jumlah pertemuan ideal (lihat aturan akademik universitas).

2.    Setiap mahasiswa harus aktif dan partisipasi aktif dalam perkuliahan.

3.    Hadir di kelas tepat waktu sesuai dengan waktu yang ditetapkan/disepakati.

4.    Toleransi keterlambatan adalah 30 menit.

5.    Ada pemberitahuan jika tidak hadir dalam perkuliahan tatap muka.

6.    Selama perkuliahan berlangsung, Handphone dalam posisi off atau silent.

7.    Meminta izin (dengan cara mengangkat tangan) jika ingin berbicara, bertanya, menjawab, meninggalkan kelas atau keperluan lain.

8.    Saling menghargai dan tidak membuat kegaduhan/gangguan/ kerusakan dalam kelas.

9.    Tidak boleh ada plagiat dan bentuk-bentuk pelanggaran norma lainnya.

 

 

 

L.    SUMBER (REFERENSI)

1.    Bronowsky. The Ascen of Man. USA

2.    Creswell, John W. (2007). Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing Among Five Approaches. Second Edition. Thousand Oaks, California, Sage Publication.

3.     Creswell, John W. (2008). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. Third Edition. Upper Saddle L.R. Gay., GeoffreyRiver, New Jersey: Pearson Education.

4.    Creswell, John W. (2012). Educational Researc:. Planning, Conducting And Evaluating Quantitativ And Qualitative Research. New York: Pearson Merrill Prentice Hall.

5.    ______________. 2007. Designing and Conducting Mixed Methods research. California: Sage Publications.

6.   Fraenkel, Jack R. How to Design and Evalud Research and Education. New York: McGraw Hill, 2009

7.    Gay, L. R., Geoffrey E. Mills, Peter Airasian. (2009). Educational Research: Competencies for Analysis and Aplications.  New Jersey: Pearson Education.

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

 

 CAPAIAN PEMBELAJARAN  MATA KULIAH

Mahasiswa mampu:

1.

Mengidentifikasi  penelitian  yang terkini, termaju dengan   memberikan kemaslahatan pada ummat.

2.

Memberikan solusi permasalahan pendidikan anak usia dini  secara interdisiplin.

3.

Menghasilkan penelitian dalam  bidang PAUD dengan pendekatan  transdisiplin.

4.

Menganalisis  sumber daya  internal maupun eksternal bidang PAUD

5.

Menyimpulkan hasil peneliitan  pendidikan anak usia dini  untuk  meningkatkan  kepedulian pada masyarakat.

6.

Mengembangkan peta jalan penelitian dengan pendekatan interdisiplin

7.

Mengembangkan peta jalan penelitian dengan pendekatanmultidisiplin.

8.

Mengembangkan peta jalan penelitian dengan pendekatan transdisiplin.

9.

Mampu mengembangkan peta jalan penelitian yang lebih komprehensif.

10.

Menyusun konstelasi penelitian yang menggunakan pendekatan transdisiplin.

11.

Menerapkan  pengetahuan  dalam kawasan pada anak usia dini. Berdasarkan kaedah ilmiah.

12.

Terampil dalam  memecahkan masalah  penelitian.

13.

Terampil dalam  memecahkan masalah  penidikan dan pelatihan

14.

Mengembangkan pelatihan kurikulum dan program PAUD

15.

Mengembangkan program pelatihan  PAUD

16.

Mengembangkan berbagai program pembelajaran

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

 

 CAPAIAN PEMBELAJARAN  MATA KULIAH

Mahasiswa mampu:

1.

Mengidentifikasi  penelitian  yang terkini, termaju dengan   memberikan kemaslahatan pada ummat.

2.

Memberikan solusi permasalahan pendidikan anak usia dini  secara interdisiplin.

3.

Menghasilkan penelitian dalam  bidang PAUD dengan pendekatan  transdisiplin.

4.

Menganalisis  sumber daya  internal maupun eksternal bidang PAUD

5.

Menyimpulkan hasil peneliitan  pendidikan anak usia dini  untuk  meningkatkan  kepedulian pada masyarakat.

6.

Mengembangkan peta jalan penelitian dengan pendekatan interdisiplin

7.

Mengembangkan peta jalan penelitian dengan pendekatanmultidisiplin.

8.

Mengembangkan peta jalan penelitian dengan pendekatan transdisiplin.

9.

Mampu mengembangkan peta jalan penelitian yang lebih komprehensif.

10.

Menyusun konstelasi penelitian yang menggunakan pendekatan transdisiplin.

11.

Menerapkan  pengetahuan  dalam kawasan pada anak usia dini. Berdasarkan kaedah ilmiah.

12.

Terampil dalam  memecahkan masalah  penelitian.

13.

Terampil dalam  memecahkan masalah  penidikan dan pelatihan

14.

Mengembangkan pelatihan kurikulum dan program PAUD

15.

Mengembangkan program pelatihan  PAUD

16.

Mengembangkan berbagai program pembelajaran