A. DESKRIPSI
Mata kuliah ini membekali mahasiswa tentang kawasan penelitian PAUD, lebih mendalam pada focus yang akan dijadikan disertasi. Pembahasan terkait dengan asesmen anak usia dini, menganalisis hubungan asesmen, acuan dalam asesmen anak usia dini, pendekatan dan metode asesmen anak usia dini, tahapan asesmen anak usia dini dan pelaporan hasil asesmen anak usia dini.
B. CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)
RANAH |
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN |
SIKAP
|
1) Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap aradigm; |
2) Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika; |
|
3) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; |
|
4) Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; |
|
5) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; |
|
6) Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; |
|
7) Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; |
|
8) Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; |
|
9) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan |
|
10) Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan |
|
KETERAMPILAN UMUM |
1) Mampu menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/gagasan ilmiah baru, memberikan kontribusi kepada pengembangan serta pengamalan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora dibidang keahliannya, dengan menghasilkan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis dan kreatif. |
2) Mampu menyusun penelitian interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin, termasuk kajian teoritis dan /atau eksperimen pada bidang keilmuan, teknologi, seni, dan inovasi yang dituangkan dalam bentuk disertasi, dan makalah yang telah diterbitkan dijurmal internasional bereputasi. |
|
3) Mampu menyusun argumen dan solusi keilmuan, teknologi atau seni berdasarkan pandangan kritis atas fakta, konsep, prinsip, atau teori yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media massa atau langsung kepada masyarakat; |
|
|
4) |
PENGETAHUAN
|
1) Mengembangkan pemikiran filosofis tentang pendidikan anak usia dini dalam perspektif ontologi, epistemologi dan aksiologi. |
2) Menerapkan pengetahuan dan keterampilan dalam kawasan pendidikan anak usia dini untuk memecahkan masalah dan jawaban melalui kegiatan penelitian, pendidikan dan pelatihan, dan pengembangan pengetahuan berdasarkan kaidah ilmiah. |
|
3) Mengkaji pemikiran dan hasil karya penelitian pendidikan anak usia dini, untuk menghasilkan inovasi dalam bidang PAUD. |
|
4) Mengkaji ragam penelitian pendidikan anak usia dini secara inovatif di tingkat nasional atau internasional. |
C. CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH
CPMK |
SUB-CPMK |
|
|
Mengembangkan pemikiran filosofis tentang PAUD terkait dengan ontologi, epistemology dan aksiologi |
Menganalisis Hakikat Pengerttian Filsafat, Ilmu (Science), Filsafat Filmu, pengetahuan dan ilmu pengetahuan |
Menganalisis Hakikat Landasan Ontologi, Epistimologi Dan Aksiologi Ilmu Pengetahuan |
|
Menginternalisasikan nilai religious kedalam diri, keyakinan, agama, moral dan etika. |
Menganalisis eksistensi diri, keyakinan, moral dan agama.
|
Berpikir kritis atas fakta, konsep, prinsip, atau teori yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah |
Berfikir kritis, fakta , prinsip |
Menganalisis Hakikat Teori Kebenaran Berdasarkan Deduktif |
|
Mengkaji beragam aliran filsafat |
Menganalisis Hakikat Filsafat Ilmu: Positivisme, Variasi Dan Kritik |
Menganalisis Hakikat Post Positivisme, Teori Kritis Dan Konstruktivisme (Karl. R,.Poper, Toulmin) |
|
Mengkaji prinsip transdisiplinari dalam ilmu pengetahuan |
Menganalisis Hakikat Membangun Ilmu Pendidikan Yang Interdisipliner |
Kajian lanjutan tentang filosofi PAUD |
Menganalisis Hakikat Disiplin Ilmu PAUD Dalam Perspektif Filsafat Ilmu |
Menganalisis Hakikat Etika Profesi Dalam Perspektif Filsafat Ilmu (KasusProfesiTenagaPendidikan) |
|
Menginternalisasikan nilai dan norma akasemik |
Internalisasi nilai, norma dan etika akademik. |
H. KEGIATAN PEMBELAJARAN (METODE)
Pembelajaran dilaksanakan melalui dua pendekatan utama yaitu direct teaching dan indirect teaching.
1. Direct teaching: dosen menjelaskan dan atau mempresentasikan materi, baik penyajian materi yang dirancang secara khusus oleh dosen maupun berupa penjelasan atau komentar terhadap pemaparan mahasiswa.
2. Indirect teaching: mahasiswa secara mandiri melakukan eksplorasi, penemuan dan pengkajian terhadap konsep-konsep atau materi yang telah ditetapkan. Bentuknya berupa latihan soal, pemaparan makalah yang berkaitan dengan materi evaluasi pembelajaran menggunakan teknik penilaian kinerja, penugasan, portofolio, projek.
I. TUGAS (TAGIHAN)
Tugas terbagi menjadi 2 bagian yaitu tugas individu dan tugas kelompok
1. Tugas Kelompok
Tugas 1 :
Menyusun makalah, power point dan presentasi tentang filsafat ilmu
Merefleksi diri terkait dengan tanggung jawab ilmuan.
Tugas 2 :
Menyusun makalah, power point dan presentasi tentang Body of knowledge PAUD
Tugas 3 :
Menyusun makalah, power point dan presentasi tentang Kode Etik profesi PAUD
Tugas 4 :
Menyusun makalah, power point dan presentasi tentang jurnal nkeilmuan PAUD
2. Tugas Individu
(a) Tugas 5 : Menemukan masalah melalui pengkajian artikel
(b) Tugas 6 : Menyusun pengembangan ilmu PAUD
J. PENILAIAN
1. Metode:
Ttes kinerja, dan penugasan.
2. Instrumen
instrumen penilaian kinerja, instrumen penugasan dalam bentuk rubric penilaian.
3. Komponen dan proporsi penilaian
Tugas Kelompok ..................................... 30 %
Tugas Mandiri
Pengkajian Artikel ..................................... 30 %
Proposal ..................................... 40 %
4. Kriteria penilain/kelulusan
Mahasiswa dikategorikan lulus matakuliah Metodologi Penelitian apabila memiliki nilai akhir minimal mencapai B.
Rentang penilaian sebagai berikut:
SKOR |
NILAI |
≥ 86 |
A |
81 £ X < 86 |
A- |
76 £ X < 81 |
B+ |
71 £ X < 76 |
B |
66 £ X < 71 |
B- |
61 £ X < 66 |
C+ |
56 £ X < 61 |
C |
51 £ X < 56 |
C- |
46 £ X < 51 |
D |
< 46 |
E |
K. PERATURAN (TATA TERTIB)
1. Hadir dalam perkuliahan tatap muka minimal 80% dari jumlah pertemuan ideal (lihat aturan akademik universitas).
2. Setiap mahasiswa harus aktif dan partisipasi aktif dalam perkuliahan.
3. Hadir di kelas tepat waktu sesuai dengan waktu yang ditetapkan/disepakati.
4. Toleransi keterlambatan adalah 30 menit.
5. Ada pemberitahuan jika tidak hadir dalam perkuliahan tatap muka.
6. Selama perkuliahan berlangsung, Handphone dalam posisi off atau silent.
7. Meminta izin (dengan cara mengangkat tangan) jika ingin berbicara, bertanya, menjawab, meninggalkan kelas atau keperluan lain.
8. Saling menghargai dan tidak membuat kegaduhan/gangguan/ kerusakan dalam kelas.
9. Tidak boleh ada plagiat dan bentuk-bentuk pelanggaran norma lainnya.
L. SUMBER (REFERENSI)
1. Bronowsky. The Ascen of Man. USA
2. Creswell, John W. (2007). Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing Among Five Approaches. Second Edition. Thousand Oaks, California, Sage Publication.
3. Creswell, John W. (2008). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. Third Edition. Upper Saddle L.R. Gay., GeoffreyRiver, New Jersey: Pearson Education.
4. Creswell, John W. (2012). Educational Researc:. Planning, Conducting And Evaluating Quantitativ And Qualitative Research. New York: Pearson Merrill Prentice Hall.
5. ______________. 2007. Designing and Conducting Mixed Methods research. California: Sage Publications.
6. Fraenkel, Jack R. How to Design and Evalud Research and Education. New York: McGraw Hill, 2009
7. Gay, L. R., Geoffrey E. Mills, Peter Airasian. (2009). Educational Research: Competencies for Analysis and Aplications. New Jersey: Pearson Education.
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH
Mahasiswa mampu:
1. |
Mengidentifikasi penelitian yang terkini, termaju dengan memberikan kemaslahatan pada ummat. |
2. |
Memberikan solusi permasalahan pendidikan anak usia dini secara interdisiplin. |
3. |
Menghasilkan penelitian dalam bidang PAUD dengan pendekatan transdisiplin. |
4. |
Menganalisis sumber daya internal maupun eksternal bidang PAUD |
5. |
Menyimpulkan hasil peneliitan pendidikan anak usia dini untuk meningkatkan kepedulian pada masyarakat. |
6. |
Mengembangkan peta jalan penelitian dengan pendekatan interdisiplin |
7. |
Mengembangkan peta jalan penelitian dengan pendekatanmultidisiplin. |
8. |
Mengembangkan peta jalan penelitian dengan pendekatan transdisiplin. |
9. |
Mampu mengembangkan peta jalan penelitian yang lebih komprehensif. |
10. |
Menyusun konstelasi penelitian yang menggunakan pendekatan transdisiplin. |
11. |
Menerapkan pengetahuan dalam kawasan pada anak usia dini. Berdasarkan kaedah ilmiah. |
12. |
Terampil dalam memecahkan masalah penelitian. |
13. |
Terampil dalam memecahkan masalah penidikan dan pelatihan |
14. |
Mengembangkan pelatihan kurikulum dan program PAUD |
15. |
Mengembangkan program pelatihan PAUD |
16. |
Mengembangkan berbagai program pembelajaran |
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH
Mahasiswa mampu:
1. |
Mengidentifikasi penelitian yang terkini, termaju dengan memberikan kemaslahatan pada ummat. |
2. |
Memberikan solusi permasalahan pendidikan anak usia dini secara interdisiplin. |
3. |
Menghasilkan penelitian dalam bidang PAUD dengan pendekatan transdisiplin. |
4. |
Menganalisis sumber daya internal maupun eksternal bidang PAUD |
5. |
Menyimpulkan hasil peneliitan pendidikan anak usia dini untuk meningkatkan kepedulian pada masyarakat. |
6. |
Mengembangkan peta jalan penelitian dengan pendekatan interdisiplin |
7. |
Mengembangkan peta jalan penelitian dengan pendekatanmultidisiplin. |
8. |
Mengembangkan peta jalan penelitian dengan pendekatan transdisiplin. |
9. |
Mampu mengembangkan peta jalan penelitian yang lebih komprehensif. |
10. |
Menyusun konstelasi penelitian yang menggunakan pendekatan transdisiplin. |
11. |
Menerapkan pengetahuan dalam kawasan pada anak usia dini. Berdasarkan kaedah ilmiah. |
12. |
Terampil dalam memecahkan masalah penelitian. |
13. |
Terampil dalam memecahkan masalah penidikan dan pelatihan |
14. |
Mengembangkan pelatihan kurikulum dan program PAUD |
15. |
Mengembangkan program pelatihan PAUD |
16. |
Mengembangkan berbagai program pembelajaran |