A. DESKRIPSI
Mata kuliah ini mengkaji perkembangan anak dalam multiperspektif. Kajian perkembangan anak dalam perspektif neurosains, budaya, kesehatan, ekologi, dan psikologi.
B. CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)
RANAH |
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN |
SIKAP
|
1 Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap aradigm; |
2 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika; |
|
3 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; |
|
4 Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; |
|
5 Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; |
|
6 Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; |
|
7 Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; |
|
8 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; |
|
9 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan |
|
10 Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan |
|
KETERAMPILAN UMUM |
1 Mampu menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/gagasan ilmiah baru, memberikan kontribusi kepada pengembangan serta pengamalan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora dibidang keahliannya, dengan menghasilkan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis dan kreatif. |
2 Mampu menyusun penelitian interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin, termasuk kajian teoritis dan /atau eksperimen pada bidang keilmuan, teknologi, seni, dan inovasi yang dituangkan dalam bentuk disertasi, dan makalah yang telah diterbitkan dijurmal internasional bereputasi. |
|
3 Mampu menyusun argumen dan solusi keilmuan, teknologi atau seni berdasarkan pandangan kritis atas fakta, konsep, prinsip, atau teori yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media massa atau langsung kepada masyarakat; |
|
PENGETAHUAN
|
1 Mengembangkan pemikiran filosofis tentang pendidikan anak usia dini dalam perspektif ontologi, epistemologi dan aksiologi. |
2 Menerapkan pengetahuan dan keterampilan dalam kawasan pendidikan anak usia dini untuk memecahkan masalah dan jawaban melalui kegiatan penelitian, pendidikan dan pelatihan, dan pengembangan pengetahuan berdasarkan kaidah ilmiah. |
|
3 Mengkaji pemikiran dan hasil karya penelitian pendidikan anak usia dini, untuk menghasilkan inovasi dalam bidang PAUD. |
|
4 Mengkaji ragam penelitian pendidikan anak usia dini secara inovatif di tingkat nasional atau internasional. |
A. KEGIATAN PEMBELAJARAN (METODE)
Pembelajaran dilaksanakan melalui dua pendekatan utama yaitu direct teaching dan indirect teaching.
1. Direct teaching: dosen menjelaskan dan atau mempresentasikan materi, baik penyajian materi yang dirancang secara khusus oleh dosen maupun berupa penjelasan atau komentar terhadap pemaparan mahasiswa.
2. Indirect teaching: mahasiswa secara mandiri melakukan eksplorasi, penemuan dan pengkajian terhadap konsep-konsep atau materi yang telah ditetapkan. Bentuknya berupa latihan soal, pemaparan makalah yang berkaitan dengan materi evaluasi pembelajaran menggunakan teknik penilaian kinerja, penugasan, portofolio, projek.
B. TUGAS (TAGIHAN)
Tugas terbagi menjadi 2 bagian yaitu tugas individu dan tugas kelompok
1. Tugas Kelompok
Tugas 1 :
Menyusun makalah, power point dan presentasi tentang filsafat ilmu
Merefleksi diri terkait dengan tanggung jawab ilmuan.
Tugas 2 :
Menyusun makalah, power point dan presentasi tentang Body of knowledge PAUD
Tugas 3 :
Menyusun makalah, power point dan presentasi tentang Kode Etik profesi PAUD
Tugas 4 :
Menyusun makalah, power point dan presentasi tentang jurnal nkeilmuan PAUD
2. Tugas Individu
(a) Tugas 5 : Menemukan masalah melalui pengkajian artikel
(b) Tugas 6 : Menyusun pengembangan ilmu PAUD
C. PENILAIAN
1. Metode:
Ttes kinerja, dan penugasan.
2. Instrumen
instrumen penilaian kinerja, instrumen penugasan dalam bentuk rubric penilaian.
3. Komponen dan proporsi penilaian
Tugas Kelompok ..................................... 30 %
Tugas Mandiri
Pengkajian Artikel ..................................... 30 %
Proposal ..................................... 40 %
4. Kriteria penilain/kelulusan
Mahasiswa dikategorikan lulus matakuliah Metodologi Penelitian apabila memiliki nilai akhir minimal mencapai B.
Rentang penilaian sebagai berikut:
SKOR |
NILAI |
≥ 86 |
A |
81 £ X < 86 |
A- |
76 £ X < 81 |
B+ |
71 £ X < 76 |
B |
66 £ X < 71 |
B- |
61 £ X < 66 |
C+ |
56 £ X < 61 |
C |
51 £ X < 56 |
C- |
46 £ X < 51 |
D |
< 46 |
E |
D. PERATURAN (TATA TERTIB)
1. Hadir dalam perkuliahan tatap muka minimal 80% dari jumlah pertemuan ideal (lihat aturan akademik universitas).
2. Setiap mahasiswa harus aktif dan partisipasi aktif dalam perkuliahan.
3. Hadir di kelas tepat waktu sesuai dengan waktu yang ditetapkan/disepakati.
4. Toleransi keterlambatan adalah 30 menit.
5. Ada pemberitahuan jika tidak hadir dalam perkuliahan tatap muka.
6. Selama perkuliahan berlangsung, Handphone dalam posisi off atau silent.
7. Meminta izin (dengan cara mengangkat tangan) jika ingin berbicara, bertanya, menjawab, meninggalkan kelas atau keperluan lain.
8. Saling menghargai dan tidak membuat kegaduhan/gangguan/ kerusakan dalam kelas.
9. Tidak boleh ada plagiat dan bentuk-bentuk pelanggaran norma lainnya.
E. SUMBER (REFERENSI)
1. Bronowsky. The Ascen of Man. USA
2. Creswell, John W. (2007). Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing Among Five Approaches. Second Edition. Thousand Oaks, California, Sage Publication.
3. Creswell, John W. (2008). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. Third Edition. Upper Saddle L.R. Gay., GeoffreyRiver, New Jersey: Pearson Education.
4. Creswell, John W. (2012). Educational Researc:. Planning, Conducting And Evaluating Quantitativ And Qualitative Research. New York: Pearson Merrill Prentice Hall.
5. ______________. 2007. Designing and Conducting Mixed Methods research. California: Sage Publications.
6. Fraenkel, Jack R. How to Design and Evalud Research and Education. New York: McGraw Hill, 2009
7. Gay, L. R., Geoffrey E. Mills, Peter Airasian. (2009). Educational Research: Competencies for Analysis and Aplications. New Jersey: Pearson Education.
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
A. CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH
Mahasiswa mampu:
1. |
Menganalisis aspek perkembangan anak usia dini dalam perspektif antropologi. |
2. |
Menganalisis aspek perkembangan anak usia dini dalam perspektif agama. |
3. |
Menganalisis aspek perkembangan anak usia dini dalam perepektif kesehatan. |
4. |
Menganalisis aspek perkembangan anak usia dini dalam perspektif neurosains. |
5 |
Menganalisis aspek perkembangan anak usia dini dalam aspek sosial- ekologi. |
6 |
Menganalisis aspek perkembangan anak usia dini dalam aspek psikologi. |
7 |
Membuat laporan analisis perkembangan secara empirik dengan melakukan perbanding pada standar perkembangan normaif. |
8 |
Menjelaskan pentingnya asesmen pada PAUD |
9 |
Mendeskripsikan empat pendekatan dalam melakukan asesmen anak usia dini. |
10 |
Menggambarkan tujuan dan prinsip asesmen pada anak usia dini. |
11 |
Menyimpulkan pemahaman tentang pendekatan asesmen berbasis perkembangan anak (Child development based assessment) |
12 |
Menyimpulkan pemahaman tentang pendekatan asesmen berbasis kurikulum (curriculum based assessment) |
13 |
Menyimpulkan pemahaman tentang pendekatan asesmen berbasis bermain (play based assessment). |
14 |
Menyimpulkan pemahaman tentang pendekatan asesmen berbasis kecerdaasan jamak (Child development based assessment) |
15 |
Menganalisis metode dan teknis asesmen (formal dan non formal assessment). |
16 |
Mendeskripsikan prosedur dalam melakukan asesmen. |
17 |
Melaporan hasil asesmen sesuai dengan pendekatan yang dipergunakan. |
Pert. |
Sub CPMK |
Materi |
Indikator |
Kegiatan Pembelajaran (Metode) |
Alokasi Waktu |
Sumber dan Media |
Tagihan/ Penilaian |
1 |
Menganalisis aspek perkembangan anak usia dini dalam perspektif antropologi. |
Perkembangan anak usia dini dalam perspektif antropologi |
Menganalisis aspek perkembangan anak usia dini dalam perspektif antropologi. |
Yang dilakukan Mahasiswa: Mendiskusikan topik
Yang dilakukan Dosen: Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa |
510 menit |
Media: e-learning
PPT
Buku- 1 sd 8 |
Observasi dan aktifitas |
2 |
Menganalisis aspek perkembangan anak usia dini dalam perspektif agama. |
Perkembangan anak usia dini dalam perspektif agama |
Menganalisis aspek perkembangan anak usia dini dalam perspektif agama. |
Yang dilakukan Mahasiswa: Mendiskusikan penelitian
Yang dilakukan Dosen: Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa |
510 menit |
Media: e-learning
PPT
|
Observasi, aktivitas |
3 |
Menganalisis aspek perkembangan anak usia dini dalam perepektif kesehatan. |
Perkembangan anak usia dini dalam perspektif kesehatan |
Menganalisis aspek perkembangan anak usia dini dalam perepektif kesehatan. |
Yang dilakukan Mahasiswa: Mendiskusikan topik
Presentasi analisis jurnal penelitian kausal komparatif
Yang dilakukan Dosen: Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa |
510 menit |
Media: e-learning
PPT
|
Observasi, Penugasan dan Tes Kinerja |
|
Menganalisis aspek perkembangan anak usia dini dalam perspektif neurosains. |
Perkembangan anak usia dini dalam perspektif neurosains |
Menganalisis aspek perkembangan anak usia dini dalam perspektif neurosains. |
Yang dilakukan Mahasiswa: Mendiskusikan penelitian korelasional (kuantitatif asosiatif)
Presentasi analisis jurnal penelitian korelasional (kuantitatif asosiatif)
Yang dilakukan Dosen: Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa |
510 menit |
Media: e-learning
PPT
|
Observasi, penugasan dan Tes Kinerja |
4 |
Menganalisis aspek perkembangan anak usia dini dalam aspek sosial- ekologi. |
Perkembangan anak usia dini dalam aspek sosial-ekologi |
Menganalisis aspek perkembangan anak usia dini dalam aspek sosial- ekologi. |
Yang dilakukan Mahasiswa: Mendiskisuikan konsep dan karakteristik penelitian kualitatif.
Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa |
510 menit |
Media: e-learning
PPT
|
Observasi, penugasan dan Tes Kinerja |
5 |
Menganalisis aspek perkembangan anak usia dini dalam aspek psikologi. |
Perkembangan anak usia dini dalam aspek psikologi |
Menganalisis aspek perkembangan anak usia dini dalam aspek psikologi. |
presentasi dan diskusi konsep penelitan evaluatif dan jenisnya.
Yang dilakukan Dosen: Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa |
510 menit |
Media: e-learning
PPT
|
Observasi, penugasan dan Tes Kinerja |
6 |
Membuat laporan analisis perkembangan secara empirik dengan melakukan perbanding pada standar perkembangan normaif. |
Standar perkembangan normaif. |
Membuat laporan analisis perkembangan secara empirik dengan melakukan perbanding pada standar perkembangan normaif. |
Yang dilakukan Mahasiswa: Presntasi dan diskusi konsep penelitan tindakan dan designnya
Yang dilakukan Dosen: Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa |
510 menit |
Media: e-learning
PPT
|
Observasi, penugasan dan Tes Kinerja |
7 |
Menjelaskan pentingnya asesmen pada PAUD |
Asesmen pada PAUD |
Menjelaskan pentingnya asesmen pada PAUD |
Yang dilakukan Mahasiswa: Presentasi dan diskusi konsep penelitian metode campuran
Yang dilakukan Dosen: Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa |
510 menit |
Media: e-learning
|
Observasi, penugasan dan Tes Kinerja |
|
Mendeskripsikan empat pendekatan dalam melakukan asesmen anak usia dini. |
Pendekatan dalam melakukan asesmen anak usia dini |
Mendeskripsikan empat pendekatan dalam melakukan asesmen anak usia dini. |
Yang dilakukan Mahasiswa: Presentasi dan diskusi artikel-artikel yang telah dikaji mahasiswa sehingga diperoleh masalah
Yang dilakukan Dosen: Memfasilitasi mahasiswa sehingga memperoleh masalah berdasarkan kajian artikel |
510 menit |
Media: e-learning
PPT
|
Observasi, penugasan dan Tes Kinerja |
|
Menggambarkan tujuan dan prinsip asesmen pada anak usia dini. |
Tujuan dan prinsip asesmen pada anak usia dini |
Menggambarkan tujuan dan prinsip asesmen pada anak usia dini. |
Yang dilakukan Mahasiswa: Presentasi dan diskusi teknik pengambilan sampel
Yang dilakukan Dosen Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa |
510 menit |
Media: e-learning
PPT
|
Observasi, penugasan dan Tes Kinerja |
|
Menyimpulkan pemahaman tentang pendekatan asesmen berbasis perkembangan anak (Child development based assessment) |
Asesmen berbasis perkembangan anak (Child development based assessment) |
Menyimpulkan pemahaman tentang pendekatan asesmen berbasis perkembangan anak (Child development based assessment) |
Yang dilakukan Mahasiswa: Langkah-langkah pengembangan instrumen, uji validasi dan menghitung reliabilitas instrumen
Yang dilakukan dosen: Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa |
510 menit |
Media: e-learning
PPT
|
Observasi, penugasan dan Tes Kinerja |
|
Menyimpulkan pemahaman tentang pendekatan asesmen berbasis kurikulum (curriculum based assessment) |
Asesmen berbasis kurikulum (curriculum based assessment) |
Menyimpulkan pemahaman tentang pendekatan asesmen berbasis kurikulum (curriculum based assessment) |
Yang dilakukan Mahasiswa: Presentasi dan diskusi teknik pengumpulan data dan analisis data
Yang dilakukan Dosen: Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa |
510 menit |
Media: e-learning
PPT
|
Observasi, penugasan dan Tes Kinerja |
|
Menyimpulkan pemahaman tentang pendekatan asesmen berbasis bermain (play based assessment). |
Asesmen berbasis bermain (play based assessment). |
Menyimpulkan pemahaman tentang pendekatan asesmen berbasis bermain (play based assessment). |
Yang dilakukan Mahasiswa: Presentasi teknik analisis data statistika
Yang dilakukan Dosen: Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa |
510 menit |
Media: e-learning
PPT
|
Observasi, penugasan dan Tes Kinerja |
15 |
Menyimpulkan pemahaman tentang pendekatan asesmen berbasis kecerdaasan jamak (Child development based assessment) |
Asesmen berbasis kecerdaasan jamak (Child development based assessment) |
Menyimpulkan pemahaman tentang pendekatan asesmen berbasis kecerdaasan jamak (Child development based assessment) |
Yang dilakukan Mahasiswa: Presentasi proposal penelitian
Yang dilakukan Dosen: Memfasilitasi mahasiswa sehingga menghasilkan proposal pebelitian dengan kualitas yang baik |
1020 menit |
Media: e-learning
PPT
|
Observasi, penugasan dan Tes Kinerja |
16 |
Menganalisis metode dan teknis asesmen (formal dan non formal assessment). |
metode dan teknis asesmen (formal dan non formal assessment) |
Menganalisis metode dan teknis asesmen (formal dan non formal assessment). |
Yang dilakukan Mahasiswa: Presentasi hasil laporan pra penelitian
Yang dilakukan Dosen: Memfasilitasi mahasiswa sehingga menghasilkan laporan pra penelitian dan artikel dengan kualitas yang baik |
|
|
|
|
Mendeskripsikan prosedur dalam melakukan asesmen. |
Prosedur asesmen |
Mendeskripsikan prosedur dalam melakukan asesmen. |
|
|
|
|
|
Melaporan hasil asesmen sesuai dengan pendekatan yang dipergunakan. |
Laporan hasil asesmen |
Melaporan hasil asesmen sesuai dengan pendekatan yang dipergunakan. |
|
|
|
|
PETUNJUK TUGAS
Tugas Kelompok
Mata kuliah |
: |
Kajian perkembangan anak dalam multiperspektif |
Semester |
: |
Ganjil 2017-2018 |
Sks |
: |
6 |
Tugas ke |
: |
1 sd 8 |
Tujuan tugas |
: |
Melatih penguasaan konsep tentang kajian perkembangan anak
|
Waktu Pelaksanaan Tugas |
: |
Minggu ke-1 |
Waktu Penyerahan Tugas |
: |
Minggu ke-3 |
Uraian Tugas
|
: |
1. Menyusun artikel dan power point berdasarkan topik 2. Menganalisis jurnal terkait dengan topik 3. Presentasi |
Instrumen Penilaian |
: |
Rubrik Penilaian |
Tugas Individu
Mata kuliah |
: |
Kajian perkembangan anak dalam multiperspektif |
Semester |
: |
Ganjil 2017-2018 |
Sks |
: |
6 |
Tugas ke |
: |
9 |
Tujuan tugas |
: |
Melatih penguasaan konsep tentang kajian perkembangan anak
|
Waktu Pelaksanaan Tugas |
: |
Minggu ke-1 |
Waktu Penyerahan Tugas |
: |
Minggu ke- 8 |
Uraian Tugas
|
: |
1 Menyusun artikel dan power point berdasarkan topik 2 Menganalisis jurnal terkait dengan topik 3 Presentasi |
Instrumen Penilaian |
: |
Rubrik Penilaian |