A.   DESKRIPSI

Mata kuliah ini mengkaji  perkembangan anak dalam  multiperspektif. Kajian perkembangan anak dalam perspektif neurosains, budaya, kesehatan, ekologi, dan psikologi.

 

B.   CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)

RANAH

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN

SIKAP

 

1      Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap aradigm;

2      Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;

3      Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

4      Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;

5      Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

6      Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

7      Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

8      Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

9      Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan

10   Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan

KETERAMPILAN UMUM

1      Mampu menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/gagasan ilmiah baru, memberikan kontribusi kepada pengembangan serta pengamalan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi yang memperhatikan  dan menerapkan  nilai humaniora dibidang keahliannya, dengan menghasilkan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis dan kreatif.

2      Mampu menyusun penelitian interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin, termasuk  kajian teoritis dan /atau eksperimen pada bidang keilmuan, teknologi, seni, dan inovasi yang dituangkan dalam bentuk disertasi, dan makalah yang telah diterbitkan dijurmal internasional bereputasi.

3      Mampu menyusun argumen dan solusi keilmuan, teknologi atau seni berdasarkan pandangan kritis atas fakta, konsep, prinsip, atau teori yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media massa atau langsung kepada masyarakat;

PENGETAHUAN

 

1      Mengembangkan pemikiran filosofis tentang pendidikan anak usia dini dalam perspektif ontologi, epistemologi dan aksiologi.

2      Menerapkan pengetahuan dan keterampilan dalam kawasan pendidikan anak usia dini untuk memecahkan masalah dan jawaban melalui kegiatan penelitian, pendidikan dan pelatihan, dan pengembangan pengetahuan berdasarkan kaidah ilmiah.

3      Mengkaji  pemikiran dan hasil karya  penelitian pendidikan anak usia dini, untuk menghasilkan inovasi dalam bidang PAUD.

4      Mengkaji ragam penelitian  pendidikan anak usia dini secara  inovatif di tingkat nasional atau internasional.

 

A.   KEGIATAN PEMBELAJARAN (METODE)

 Pembelajaran dilaksanakan melalui dua pendekatan utama yaitu direct teaching dan indirect teaching.

1.  Direct teaching: dosen menjelaskan dan atau mempresentasikan materi, baik penyajian materi yang dirancang secara khusus oleh dosen maupun berupa penjelasan atau komentar terhadap pemaparan mahasiswa.

2.  Indirect teaching: mahasiswa secara mandiri melakukan eksplorasi, penemuan dan pengkajian terhadap konsep-konsep atau materi yang telah ditetapkan. Bentuknya berupa latihan soal, pemaparan makalah yang berkaitan dengan materi evaluasi pembelajaran menggunakan teknik penilaian kinerja, penugasan, portofolio, projek.

 

B.   TUGAS (TAGIHAN)

Tugas terbagi menjadi 2 bagian yaitu tugas individu dan tugas kelompok

1.    Tugas Kelompok

Tugas 1 :

Menyusun makalah, power point dan presentasi tentang filsafat  ilmu

Merefleksi diri  terkait dengan tanggung jawab ilmuan.

Tugas 2 :

Menyusun makalah, power point dan presentasi tentang Body of knowledge PAUD

Tugas 3 :

Menyusun makalah, power point dan presentasi tentang Kode Etik profesi PAUD

Tugas 4 :

Menyusun makalah, power point dan presentasi tentang jurnal nkeilmuan PAUD

2.    Tugas Individu

(a)        Tugas 5 : Menemukan masalah melalui pengkajian artikel

(b)       Tugas 6 : Menyusun pengembangan ilmu PAUD

 

 

C.   PENILAIAN

1.    Metode:

Ttes kinerja,  dan penugasan.

2.    Instrumen

instrumen penilaian kinerja, instrumen penugasan dalam bentuk rubric penilaian.

3.    Komponen dan proporsi penilaian

Tugas Kelompok         .....................................  30 %

Tugas Mandiri              

Pengkajian Artikel       .....................................  30 %

Proposal                      .....................................  40 %

4.    Kriteria penilain/kelulusan

Mahasiswa dikategorikan lulus matakuliah Metodologi Penelitian  apabila memiliki nilai akhir minimal mencapai B.

Rentang penilaian sebagai berikut:

SKOR

NILAI

≥  86

A

81 £  X < 86

A-

76 £  X < 81

B+

71 £  X < 76

B

66 £  X < 71

B-

61 £  X < 66

C+

56 £  X < 61

C

51 £  X < 56

C-

46 £  X < 51

D

< 46

E

 

 

D.   PERATURAN (TATA TERTIB)

1.    Hadir dalam perkuliahan tatap muka minimal 80% dari jumlah pertemuan ideal (lihat aturan akademik universitas).

2.    Setiap mahasiswa harus aktif dan partisipasi aktif dalam perkuliahan.

3.    Hadir di kelas tepat waktu sesuai dengan waktu yang ditetapkan/disepakati.

4.    Toleransi keterlambatan adalah 30 menit.

5.    Ada pemberitahuan jika tidak hadir dalam perkuliahan tatap muka.

6.    Selama perkuliahan berlangsung, Handphone dalam posisi off atau silent.

7.    Meminta izin (dengan cara mengangkat tangan) jika ingin berbicara, bertanya, menjawab, meninggalkan kelas atau keperluan lain.

8.    Saling menghargai dan tidak membuat kegaduhan/gangguan/ kerusakan dalam kelas.

9.    Tidak boleh ada plagiat dan bentuk-bentuk pelanggaran norma lainnya.

 

 

 

E.    SUMBER (REFERENSI)

1.    Bronowsky. The Ascen of Man. USA

2.    Creswell, John W. (2007). Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing Among Five Approaches. Second Edition. Thousand Oaks, California, Sage Publication.

3.     Creswell, John W. (2008). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. Third Edition. Upper Saddle L.R. Gay., GeoffreyRiver, New Jersey: Pearson Education.

4.    Creswell, John W. (2012). Educational Researc:. Planning, Conducting And Evaluating Quantitativ And Qualitative Research. New York: Pearson Merrill Prentice Hall.

5.    ______________. 2007. Designing and Conducting Mixed Methods research. California: Sage Publications.

6.   Fraenkel, Jack R. How to Design and Evalud Research and Education. New York: McGraw Hill, 2009

7.    Gay, L. R., Geoffrey E. Mills, Peter Airasian. (2009). Educational Research: Competencies for Analysis and Aplications.  New Jersey: Pearson Education.

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

A.   CAPAIAN PEMBELAJARAN  MATA KULIAH

Mahasiswa mampu:

1.

Menganalisis aspek perkembangan anak usia dini dalam perspektif antropologi.

2.

Menganalisis aspek perkembangan anak usia dini dalam perspektif agama.

3.

Menganalisis aspek perkembangan anak  usia dini dalam perepektif kesehatan.

4.

Menganalisis aspek perkembangan anak usia dini dalam  perspektif neurosains.

5

Menganalisis aspek perkembangan anak usia dini dalam aspek sosial- ekologi.

6

Menganalisis aspek perkembangan anak usia dini dalam aspek psikologi.

7

Membuat laporan analisis perkembangan secara empirik dengan melakukan perbanding pada standar perkembangan normaif.

8

Menjelaskan  pentingnya asesmen pada PAUD

9

Mendeskripsikan empat pendekatan dalam melakukan asesmen anak usia dini.

10

Menggambarkan tujuan dan prinsip asesmen pada anak usia dini.

11

Menyimpulkan pemahaman tentang pendekatan asesmen berbasis perkembangan anak (Child development based assessment)

12

Menyimpulkan pemahaman tentang pendekatan asesmen berbasis kurikulum (curriculum based assessment)

13

Menyimpulkan pemahaman tentang pendekatan asesmen berbasis bermain (play based assessment).

14

Menyimpulkan pemahaman tentang pendekatan asesmen berbasis kecerdaasan jamak (Child development based assessment)

15

Menganalisis metode dan teknis asesmen (formal dan non formal assessment).

16

Mendeskripsikan prosedur dalam melakukan asesmen.

17

Melaporan hasil asesmen sesuai dengan pendekatan yang dipergunakan.

 

 

 

 

Pert.

Sub CPMK

Materi

Indikator

Kegiatan Pembelajaran

(Metode)

Alokasi Waktu

Sumber

dan Media

Tagihan/

Penilaian

1

Menganalisis aspek perkembangan anak usia dini dalam perspektif antropologi.

Perkembangan anak usia dini dalam perspektif antropologi

Menganalisis aspek perkembangan anak usia dini dalam perspektif antropologi.

Yang dilakukan Mahasiswa:

Mendiskusikan topik

 

Yang dilakukan Dosen:

Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa

510 menit

Media:

e-learning

 

PPT

 

Buku-

1 sd 8

Observasi dan aktifitas

2

Menganalisis aspek perkembangan anak usia dini dalam perspektif agama.

Perkembangan anak usia dini dalam perspektif agama

Menganalisis aspek perkembangan anak usia dini dalam perspektif agama.

Yang dilakukan Mahasiswa:

Mendiskusikan penelitian

 

Yang dilakukan Dosen:

Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa

510 menit

Media:

e-learning

 

PPT

 

Observasi, aktivitas

3

Menganalisis aspek perkembangan anak  usia dini dalam perepektif kesehatan.

Perkembangan anak usia dini dalam perspektif kesehatan

Menganalisis aspek perkembangan anak  usia dini dalam perepektif kesehatan.

Yang dilakukan Mahasiswa:

Mendiskusikan topik

 

Presentasi analisis jurnal penelitian kausal komparatif

 

Yang dilakukan Dosen:

Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa

510 menit

Media:

e-learning

 

PPT

 

Observasi, Penugasan dan Tes Kinerja

 

Menganalisis aspek perkembangan anak usia dini dalam  perspektif neurosains.

Perkembangan anak usia dini dalam perspektif neurosains

Menganalisis aspek perkembangan anak usia dini dalam  perspektif neurosains.

Yang dilakukan Mahasiswa:

Mendiskusikan penelitian korelasional (kuantitatif asosiatif)

 

Presentasi analisis jurnal penelitian korelasional (kuantitatif asosiatif)

 

Yang dilakukan Dosen:

Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa

510 menit

Media:

e-learning

 

PPT

 

Observasi, penugasan dan Tes Kinerja

4

Menganalisis aspek perkembangan anak usia dini dalam aspek sosial- ekologi.

Perkembangan anak usia dini dalam aspek sosial-ekologi

Menganalisis aspek perkembangan anak usia dini dalam aspek sosial- ekologi.

Yang dilakukan Mahasiswa:

Mendiskisuikan konsep dan karakteristik penelitian kualitatif.

 

Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa

510 menit

Media:

e-learning

 

PPT

 

Observasi, penugasan dan Tes Kinerja

5

Menganalisis aspek perkembangan anak usia dini dalam aspek psikologi.

Perkembangan anak usia dini dalam aspek psikologi

Menganalisis aspek perkembangan anak usia dini dalam aspek psikologi.

presentasi dan diskusi konsep penelitan evaluatif dan jenisnya.

 

Yang dilakukan Dosen:

Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa

510 menit

Media:

e-learning

 

PPT

 

Observasi, penugasan dan Tes Kinerja

6

Membuat laporan analisis perkembangan secara empirik dengan melakukan perbanding pada standar perkembangan normaif.

Standar perkembangan normaif.

Membuat laporan analisis perkembangan secara empirik dengan melakukan perbanding pada standar perkembangan normaif.

Yang dilakukan Mahasiswa:

Presntasi dan diskusi konsep penelitan tindakan dan designnya

 

Yang dilakukan Dosen:

Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa

510 menit

Media:

e-learning

 

PPT

 

Observasi, penugasan dan Tes Kinerja

7

Menjelaskan  pentingnya asesmen pada PAUD

Asesmen pada PAUD

Menjelaskan  pentingnya asesmen pada PAUD

Yang dilakukan Mahasiswa:

Presentasi dan diskusi konsep penelitian metode campuran

 

Yang dilakukan Dosen:

Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa

510 menit

Media:

e-learning

 

Observasi, penugasan dan Tes Kinerja

 

Mendeskripsikan empat pendekatan dalam melakukan asesmen anak usia dini.

Pendekatan dalam melakukan asesmen anak usia dini

Mendeskripsikan empat pendekatan dalam melakukan asesmen anak usia dini.

Yang dilakukan Mahasiswa:

Presentasi dan diskusi artikel-artikel yang telah dikaji mahasiswa sehingga diperoleh masalah

 

Yang dilakukan Dosen:

Memfasilitasi mahasiswa sehingga memperoleh masalah berdasarkan kajian artikel

510 menit

Media:

e-learning

 

PPT

 

Observasi, penugasan dan Tes Kinerja

 

Menggambarkan tujuan dan prinsip asesmen pada anak usia dini.

Tujuan dan prinsip asesmen pada anak usia dini

Menggambarkan tujuan dan prinsip asesmen pada anak usia dini.

Yang dilakukan Mahasiswa:

Presentasi dan diskusi teknik pengambilan sampel

 

Yang dilakukan Dosen

Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa

510 menit

Media:

e-learning

 

PPT

 

Observasi, penugasan dan Tes Kinerja

 

Menyimpulkan pemahaman tentang pendekatan asesmen berbasis perkembangan anak (Child development based assessment)

Asesmen berbasis perkembangan anak (Child development based assessment)

Menyimpulkan pemahaman tentang pendekatan asesmen berbasis perkembangan anak (Child development based assessment)

Yang dilakukan Mahasiswa:

Langkah-langkah pengembangan instrumen, uji validasi dan menghitung reliabilitas instrumen

 

Yang dilakukan dosen:

Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa

510 menit

Media:

e-learning

 

PPT

 

Observasi, penugasan dan Tes Kinerja

 

Menyimpulkan pemahaman tentang pendekatan asesmen berbasis kurikulum (curriculum based assessment)

Asesmen berbasis kurikulum (curriculum based assessment)

Menyimpulkan pemahaman tentang pendekatan asesmen berbasis kurikulum (curriculum based assessment)

Yang dilakukan Mahasiswa:

Presentasi dan diskusi teknik pengumpulan data dan analisis data

 

Yang dilakukan Dosen:

Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa

510 menit

Media:

e-learning

 

PPT

 

Observasi, penugasan dan Tes Kinerja

 

Menyimpulkan pemahaman tentang pendekatan asesmen berbasis bermain (play based assessment).

Asesmen berbasis bermain (play based assessment).

Menyimpulkan pemahaman tentang pendekatan asesmen berbasis bermain (play based assessment).

Yang dilakukan Mahasiswa:

Presentasi teknik analisis data statistika

 

Yang dilakukan Dosen:

Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa

510 menit

Media:

e-learning

 

PPT

 

Observasi, penugasan dan Tes Kinerja

15

Menyimpulkan pemahaman tentang pendekatan asesmen berbasis kecerdaasan jamak (Child development based assessment)

Asesmen berbasis kecerdaasan jamak (Child development based assessment)

Menyimpulkan pemahaman tentang pendekatan asesmen berbasis kecerdaasan jamak (Child development based assessment)

Yang dilakukan Mahasiswa:

Presentasi proposal penelitian

 

Yang dilakukan Dosen:

Memfasilitasi mahasiswa sehingga menghasilkan proposal pebelitian dengan kualitas yang baik

1020 menit

Media:

e-learning

 

PPT

 

Observasi, penugasan dan Tes Kinerja

16

Menganalisis metode dan teknis asesmen (formal dan non formal assessment).

metode dan teknis asesmen (formal dan non formal assessment)

Menganalisis metode dan teknis asesmen (formal dan non formal assessment).

Yang dilakukan Mahasiswa:

Presentasi hasil laporan pra penelitian

 

Yang dilakukan Dosen:

Memfasilitasi mahasiswa sehingga menghasilkan laporan pra penelitian dan artikel dengan kualitas yang baik

 

 

 

 

Mendeskripsikan prosedur dalam melakukan asesmen.

Prosedur asesmen

Mendeskripsikan prosedur dalam melakukan asesmen.

 

 

 

 

 

Melaporan hasil asesmen sesuai dengan pendekatan yang dipergunakan.

Laporan hasil asesmen

Melaporan hasil asesmen sesuai dengan pendekatan yang dipergunakan.

 

 

 

 



PETUNJUK TUGAS

 

 

Tugas Kelompok

 

Mata kuliah

:

Kajian perkembangan anak dalam multiperspektif

Semester

:

Ganjil 2017-2018

Sks

:

6

Tugas ke

:

1 sd 8

Tujuan tugas

:

Melatih penguasaan konsep tentang kajian perkembangan anak

 

Waktu Pelaksanaan Tugas

:

Minggu ke-1

Waktu Penyerahan Tugas

:

Minggu ke-3

Uraian Tugas

 

:

1. Menyusun artikel dan power point  berdasarkan topik

2. Menganalisis jurnal terkait dengan topik

3. Presentasi

Instrumen  Penilaian

:

Rubrik Penilaian

 

Tugas Individu

 

Mata kuliah

:

Kajian perkembangan anak dalam multiperspektif

Semester

:

Ganjil 2017-2018

Sks

:

6

Tugas ke

:

9

Tujuan tugas

:

Melatih penguasaan konsep tentang kajian perkembangan anak

 

Waktu Pelaksanaan Tugas

:

Minggu ke-1

Waktu Penyerahan Tugas

:

Minggu ke- 8

Uraian Tugas

 

:

1      Menyusun artikel dan power point  berdasarkan topik

2      Menganalisis jurnal terkait dengan topik

3      Presentasi

Instrumen  Penilaian

:

Rubrik Penilaian