A.   DESKRIPSI

Mata kuliah ini mengkaji perbandingan  pendidikan di beberapa Negara. Model Pendidikan anak usia dini di beberapa Negara terkait juga kurikulum dan keterlibatan orangtua dan masyarakat. Peran Negara dalam posisi PAUD.

 

B.   CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)

RANAH

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN

SIKAP

 

1      Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap aradigm;

2      Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;

3      Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

4      Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;

5      Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

6      Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

7      Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

8      Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

9      Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan

10   Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan

KETERAMPILAN UMUM

1      Mampu menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/gagasan ilmiah baru, memberikan kontribusi kepada pengembangan serta pengamalan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi yang memperhatikan  dan menerapkan  nilai humaniora dibidang keahliannya, dengan menghasilkan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis dan kreatif.

2      Mampu menyusun penelitian interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin, termasuk  kajian teoritis dan /atau eksperimen pada bidang keilmuan, teknologi, seni, dan inovasi yang dituangkan dalam bentuk disertasi, dan makalah yang telah diterbitkan dijurmal internasional bereputasi.

3      Mampu menyusun argumen dan solusi keilmuan, teknologi atau seni berdasarkan pandangan kritis atas fakta, konsep, prinsip, atau teori yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media massa atau langsung kepada masyarakat;

PENGETAHUAN

 

1      Mengembangkan pemikiran filosofis tentang pendidikan anak usia dini dalam perspektif ontologi, epistemologi dan aksiologi.

2      Menerapkan pengetahuan dan keterampilan dalam kawasan pendidikan anak usia dini untuk memecahkan masalah dan jawaban melalui kegiatan penelitian, pendidikan dan pelatihan, dan pengembangan pengetahuan berdasarkan kaidah ilmiah.

3      Mengkaji  pemikiran dan hasil karya  penelitian pendidikan anak usia dini, untuk menghasilkan inovasi dalam bidang PAUD.

4      Mengkaji ragam penelitian  pendidikan anak usia dini secara  inovatif di tingkat nasional atau internasional.

 

A.   TUGAS (TAGIHAN)

Tugas terbagi menjadi 2 bagian yaitu tugas individu dan tugas kelompok

1.    Tugas Kelompok

Tugas 1 :

Menyusun makalah, power point dan presentasi tentang filsafat  ilmu

Merefleksi diri  terkait dengan tanggung jawab ilmuan.

Tugas 2 :

Menyusun makalah, power point dan presentasi tentang Body of knowledge PAUD

Tugas 3 :

Menyusun makalah, power point dan presentasi tentang Kode Etik profesi PAUD

Tugas 4 :

Menyusun makalah, power point dan presentasi tentang jurnal nkeilmuan PAUD

2.    Tugas Individu

(a)        Tugas 5 : Menemukan masalah melalui pengkajian artikel

(b)       Tugas 6 : Menyusun pengembangan ilmu PAUD

 

 

B.   PENILAIAN

1.    Metode:

Ttes kinerja,  dan penugasan.

2.    Instrumen

instrumen penilaian kinerja, instrumen penugasan dalam bentuk rubric penilaian.

3.    Komponen dan proporsi penilaian

Tugas Kelompok         .....................................  30 %

Tugas Mandiri              

Pengkajian Artikel       .....................................  30 %

Proposal                      .....................................  40 %

4.    Kriteria penilain/kelulusan

Mahasiswa dikategorikan lulus matakuliah Metodologi Penelitian  apabila memiliki nilai akhir minimal mencapai B.

Rentang penilaian sebagai berikut:

SKOR

NILAI

≥  86

A

81 £  X < 86

A-

76 £  X < 81

B+

71 £  X < 76

B

66 £  X < 71

B-

61 £  X < 66

C+

56 £  X < 61

C

51 £  X < 56

C-

46 £  X < 51

D

< 46

E

 

 

 

 

 

C.   PERATURAN (TATA TERTIB)

1.    Hadir dalam perkuliahan tatap muka minimal 80% dari jumlah pertemuan ideal (lihat aturan akademik universitas).

2.    Setiap mahasiswa harus aktif dan partisipasi aktif dalam perkuliahan.

3.    Hadir di kelas tepat waktu sesuai dengan waktu yang ditetapkan/disepakati.

4.    Toleransi keterlambatan adalah 30 menit.

5.    Ada pemberitahuan jika tidak hadir dalam perkuliahan tatap muka.

6.    Selama perkuliahan berlangsung, Handphone dalam posisi off atau silent.

7.    Meminta izin (dengan cara mengangkat tangan) jika ingin berbicara, bertanya, menjawab, meninggalkan kelas atau keperluan lain.

8.    Saling menghargai dan tidak membuat kegaduhan/gangguan/ kerusakan dalam kelas.

9.    Tidak boleh ada plagiat dan bentuk-bentuk pelanggaran norma lainnya.

 

 

 

D.   SUMBER (REFERENSI)

1.    Bronowsky. The Ascen of Man. USA

2.    Creswell, John W. (2007). Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing Among Five Approaches. Second Edition. Thousand Oaks, California, Sage Publication.

3.     Creswell, John W. (2008). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. Third Edition. Upper Saddle L.R. Gay., GeoffreyRiver, New Jersey: Pearson Education.

4.    Creswell, John W. (2012). Educational Researc:. Planning, Conducting And Evaluating Quantitativ And Qualitative Research. New York: Pearson Merrill Prentice Hall.

5.    ______________. 2007. Designing and Conducting Mixed Methods research. California: Sage Publications.

6.   Fraenkel, Jack R. How to Design and Evalud Research and Education. New York: McGraw Hill, 2009

7.    Gay, L. R., Geoffrey E. Mills, Peter Airasian. (2009). Educational Research: Competencies for Analysis and Aplications.  New Jersey: Pearson Education.

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

A.   CAPAIAN PEMBELAJARAN  MATA KULIAH

Mahasiswa mampu:

1.

Mengkaji  perbandingan model pendidikan PAUD di beberapa Negara.

2.

Mengkaji perbedaan dan persamaan ragam model PAUD  di Indonesia.

3.

Mengkaji perbedaan dan persamaan ragam model kurikulum PAUD  di Internasional.

4.

Membandingkan  kurikulum PAUD di beberapa Negara.

5

Membuat  kurikulum yang sesuai dengan  kondisi terkini.

6

Membuat kurikulum yang kreatif berbasis budaya lokal.

7

Memahami  konsep pengembangan  kurikulum.

8

Menentukan prosedur  pengembangan kurikulum.

9

Menganalisis  kebutuhan dan karakteristik  anak sebagai dasar pengembangan kurikulum.

10

Membandingkan kurikulum  dalam dan luar negeri.

11

Mengembangkan kurikulum  sesuai dengan budaya dan kekhasan lembaga.

 

 

 

 

Pert.

Sub CPMK

Materi

Indikator

Kegiatan Pembelajaran

(Metode)

Alokasi Waktu

Sumber

dan Media

Tagihan/

Penilaian

1

Mengkaji  perbandingan model pendidikan PAUD di beberapa Negara.

Model pendidikan PAUD di beberapa Negara

Mengkaji  perbandingan model pendidikan PAUD di beberapa Negara.

Yang dilakukan Mahasiswa:

Mendiskusikan paradigma dan epistimologi penelitian pendidikan

 

Yang dilakukan Dosen:

Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa

510 menit

Media:

e-learning

 

PPT

 

Buku-

1 sd 8

Observasi dan aktifitas

2

Mengkaji perbedaan dan persamaan ragam model PAUD  di Indonesia.

Ragam model PAUD  di Indonesia

Mengkaji perbedaan dan persamaan ragam model PAUD  di Indonesia.

Yang dilakukan Mahasiswa:

Mendiskusikan penelitian

 

Yang dilakukan Dosen:

Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa

510 menit

Media:

e-learning

 

PPT

 

Observasi, aktivitas

3

Mengkaji perbedaan dan persamaan ragam model kurikulum PAUD  di Internasional.

Ragam model kurikulum PAUD  di Internasional

Mengkaji perbedaan dan persamaan ragam model kurikulum PAUD  di Internasional.

Yang dilakukan Mahasiswa:

Mendiskusikan Design Kausal Komparatif

 

Presentasi analisis jurnal penelitian kausal komparatif

 

Yang dilakukan Dosen:

Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa

510 menit

Media:

e-learning

 

PPT

 

Observasi, Penugasan dan Tes Kinerja

4

Membandingkan  kurikulum PAUD di beberapa Negara.

Kurikulum PAUD di beberapa Negara

Membandingkan  kurikulum PAUD di beberapa Negara.

Yang dilakukan Mahasiswa:

Mendiskusikan penelitian korelasional (kuantitatif asosiatif)

 

Presentasi analisis jurnal penelitian korelasional (kuantitatif asosiatif)

 

Yang dilakukan Dosen:

Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa

510 menit

Media:

e-learning

 

PPT

 

Observasi, penugasan dan Tes Kinerja

5

Membuat  kurikulum yang sesuai dengan  kondisi terkini.

Kurikulum kondisi terkini

Membuat  kurikulum yang sesuai dengan  kondisi terkini.

Yang dilakukan Mahasiswa:

Mendiskisuikan konsep dan karakteristik penelitian kualitatif.

 

Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa

510 menit

Media:

e-learning

 

PPT

 

Observasi, penugasan dan Tes Kinerja

6

Membuat kurikulum yang kreatif berbasis budaya lokal.

Kurikulum kreatif berbasis budaya lokal

Membuat kurikulum yang kreatif berbasis budaya lokal.

presentasi dan diskusi konsep penelitan evaluatif dan jenisnya.

 

Yang dilakukan Dosen:

Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa

510 menit

Media:

e-learning

 

PPT

 

Observasi, penugasan dan Tes Kinerja

7

Memahami  konsep pengembangan  kurikulum.

Konsep pengembangan  kurikulum

Memahami  konsep pengembangan  kurikulum.

Yang dilakukan Mahasiswa:

Presntasi dan diskusi konsep penelitan tindakan dan designnya

 

Yang dilakukan Dosen:

Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa

510 menit

Media:

e-learning

 

PPT

 

Observasi, penugasan dan Tes Kinerja

8

Menentukan prosedur  pengembangan kurikulum.

Prosedur  pengembangan kurikulum

Menentukan prosedur  pengembangan kurikulum.

Yang dilakukan Mahasiswa:

Presentasi dan diskusi konsep penelitian metode campuran

 

Yang dilakukan Dosen:

Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa

510 menit

Media:

e-learning

 

Observasi, penugasan dan Tes Kinerja

9

Menganalisis  kebutuhan dan karakteristik  anak sebagai dasar pengembangan kurikulum.

Kebutuhan dan karakteristik  anak sebagai dasar pengembangan kurikulum

Menganalisis  kebutuhan dan karakteristik  anak sebagai dasar pengembangan kurikulum.

Yang dilakukan Mahasiswa:

Presentasi dan diskusi artikel-artikel yang telah dikaji mahasiswa sehingga diperoleh masalah

 

Yang dilakukan Dosen:

Memfasilitasi mahasiswa sehingga memperoleh masalah berdasarkan kajian artikel

510 menit

Media:

e-learning

 

PPT

 

Observasi, penugasan dan Tes Kinerja

10

Membandingkan kurikulum  dalam dan luar negeri.

Kurikulum  dalam dan luar negeri

Membandingkan kurikulum  dalam dan luar negeri.

Yang dilakukan Mahasiswa:

Presentasi dan diskusi teknik pengambilan sampel

 

Yang dilakukan Dosen

Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa

510 menit

Media:

e-learning

 

PPT

 

Observasi, penugasan dan Tes Kinerja

11

Mengembangkan kurikulum  sesuai dengan budaya dan kekhasan lembaga.

Kurikulum  sesuai dengan budaya dan kekhasan lembaga

Mengembangkan kurikulum  sesuai dengan budaya dan kekhasan lembaga.

Yang dilakukan Mahasiswa:

Langkah-langkah pengembangan instrumen, uji validasi dan menghitung reliabilitas instrumen

 

Yang dilakukan dosen:

Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa

510 menit

Media:

e-learning

 

PPT

 

Observasi, penugasan dan Tes Kinerja

 

PETUNJUK TUGAS

 

 

Tugas Kelompok

 

Mata kuliah

:

Comparative education

Semester

:

Ganjil 2017-2018

Sks

:

3

Tugas ke

:

1 sd 8

Tujuan tugas

:

Melatih penguasaan konsep tentang comparative education

 

Waktu Pelaksanaan Tugas

:

Minggu ke-1

Waktu Penyerahan Tugas

:

Minggu ke-3

Uraian Tugas

 

:

1. Menyusun artikel dan power point presentation (ppt) tentang comparative education

2. Menganalisis jurnal tentang perbandingan pendidikan PAUD di beberapa negara

3. Presentasi hasil analisis jurnal

Instrumen  Penilaian

:

Rubrik Penilaian

 

Tugas Individu

 

Mata kuliah

:

Metodologi Penelitian

Semester

:

Ganjil 2017-2018

Sks

:

3

Tugas ke

:

9

Tujuan tugas

:

Melatih penguasaan konsep tentang comparative education

Waktu Pelaksanaan Tugas

:

Minggu ke-1

Waktu Penyerahan Tugas

:

Minggu ke- 8

Uraian Tugas

 

:

1      Menyusun artikel dan power point presentation (ppt) tentang comparative education

2      Menganalisis jurnal tentang perbandingan pendidikan PAUD di beberapa negara

3      Presentasi hasil analisis jurnal

Instrumen  Penilaian

:

Rubrik Penilaian