A. DESKRIPSI
Mata kuliah ini mengkaji perbandingan pendidikan di beberapa Negara. Model Pendidikan anak usia dini di beberapa Negara terkait juga kurikulum dan keterlibatan orangtua dan masyarakat. Peran Negara dalam posisi PAUD.
B. CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)
RANAH |
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN |
SIKAP
|
1 Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap aradigm; |
2 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika; |
|
3 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; |
|
4 Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; |
|
5 Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; |
|
6 Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; |
|
7 Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; |
|
8 Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; |
|
9 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan |
|
10 Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan |
|
KETERAMPILAN UMUM |
1 Mampu menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/gagasan ilmiah baru, memberikan kontribusi kepada pengembangan serta pengamalan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora dibidang keahliannya, dengan menghasilkan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis dan kreatif. |
2 Mampu menyusun penelitian interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin, termasuk kajian teoritis dan /atau eksperimen pada bidang keilmuan, teknologi, seni, dan inovasi yang dituangkan dalam bentuk disertasi, dan makalah yang telah diterbitkan dijurmal internasional bereputasi. |
|
3 Mampu menyusun argumen dan solusi keilmuan, teknologi atau seni berdasarkan pandangan kritis atas fakta, konsep, prinsip, atau teori yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media massa atau langsung kepada masyarakat; |
|
PENGETAHUAN
|
1 Mengembangkan pemikiran filosofis tentang pendidikan anak usia dini dalam perspektif ontologi, epistemologi dan aksiologi. |
2 Menerapkan pengetahuan dan keterampilan dalam kawasan pendidikan anak usia dini untuk memecahkan masalah dan jawaban melalui kegiatan penelitian, pendidikan dan pelatihan, dan pengembangan pengetahuan berdasarkan kaidah ilmiah. |
|
3 Mengkaji pemikiran dan hasil karya penelitian pendidikan anak usia dini, untuk menghasilkan inovasi dalam bidang PAUD. |
|
4 Mengkaji ragam penelitian pendidikan anak usia dini secara inovatif di tingkat nasional atau internasional. |
A. TUGAS (TAGIHAN)
Tugas terbagi menjadi 2 bagian yaitu tugas individu dan tugas kelompok
1. Tugas Kelompok
Tugas 1 :
Menyusun makalah, power point dan presentasi tentang filsafat ilmu
Merefleksi diri terkait dengan tanggung jawab ilmuan.
Tugas 2 :
Menyusun makalah, power point dan presentasi tentang Body of knowledge PAUD
Tugas 3 :
Menyusun makalah, power point dan presentasi tentang Kode Etik profesi PAUD
Tugas 4 :
Menyusun makalah, power point dan presentasi tentang jurnal nkeilmuan PAUD
2. Tugas Individu
(a) Tugas 5 : Menemukan masalah melalui pengkajian artikel
(b) Tugas 6 : Menyusun pengembangan ilmu PAUD
B. PENILAIAN
1. Metode:
Ttes kinerja, dan penugasan.
2. Instrumen
instrumen penilaian kinerja, instrumen penugasan dalam bentuk rubric penilaian.
3. Komponen dan proporsi penilaian
Tugas Kelompok ..................................... 30 %
Tugas Mandiri
Pengkajian Artikel ..................................... 30 %
Proposal ..................................... 40 %
4. Kriteria penilain/kelulusan
Mahasiswa dikategorikan lulus matakuliah Metodologi Penelitian apabila memiliki nilai akhir minimal mencapai B.
Rentang penilaian sebagai berikut:
SKOR |
NILAI |
≥ 86 |
A |
81 £ X < 86 |
A- |
76 £ X < 81 |
B+ |
71 £ X < 76 |
B |
66 £ X < 71 |
B- |
61 £ X < 66 |
C+ |
56 £ X < 61 |
C |
51 £ X < 56 |
C- |
46 £ X < 51 |
D |
< 46 |
E |
C. PERATURAN (TATA TERTIB)
1. Hadir dalam perkuliahan tatap muka minimal 80% dari jumlah pertemuan ideal (lihat aturan akademik universitas).
2. Setiap mahasiswa harus aktif dan partisipasi aktif dalam perkuliahan.
3. Hadir di kelas tepat waktu sesuai dengan waktu yang ditetapkan/disepakati.
4. Toleransi keterlambatan adalah 30 menit.
5. Ada pemberitahuan jika tidak hadir dalam perkuliahan tatap muka.
6. Selama perkuliahan berlangsung, Handphone dalam posisi off atau silent.
7. Meminta izin (dengan cara mengangkat tangan) jika ingin berbicara, bertanya, menjawab, meninggalkan kelas atau keperluan lain.
8. Saling menghargai dan tidak membuat kegaduhan/gangguan/ kerusakan dalam kelas.
9. Tidak boleh ada plagiat dan bentuk-bentuk pelanggaran norma lainnya.
D. SUMBER (REFERENSI)
1. Bronowsky. The Ascen of Man. USA
2. Creswell, John W. (2007). Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing Among Five Approaches. Second Edition. Thousand Oaks, California, Sage Publication.
3. Creswell, John W. (2008). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. Third Edition. Upper Saddle L.R. Gay., GeoffreyRiver, New Jersey: Pearson Education.
4. Creswell, John W. (2012). Educational Researc:. Planning, Conducting And Evaluating Quantitativ And Qualitative Research. New York: Pearson Merrill Prentice Hall.
5. ______________. 2007. Designing and Conducting Mixed Methods research. California: Sage Publications.
6. Fraenkel, Jack R. How to Design and Evalud Research and Education. New York: McGraw Hill, 2009
7. Gay, L. R., Geoffrey E. Mills, Peter Airasian. (2009). Educational Research: Competencies for Analysis and Aplications. New Jersey: Pearson Education.
SATUAN ACARA PERKULIAHAN
A. CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH
Mahasiswa mampu:
1. |
Mengkaji perbandingan model pendidikan PAUD di beberapa Negara. |
2. |
Mengkaji perbedaan dan persamaan ragam model PAUD di Indonesia. |
3. |
Mengkaji perbedaan dan persamaan ragam model kurikulum PAUD di Internasional. |
4. |
Membandingkan kurikulum PAUD di beberapa Negara. |
5 |
Membuat kurikulum yang sesuai dengan kondisi terkini. |
6 |
Membuat kurikulum yang kreatif berbasis budaya lokal. |
7 |
Memahami konsep pengembangan kurikulum. |
8 |
Menentukan prosedur pengembangan kurikulum. |
9 |
Menganalisis kebutuhan dan karakteristik anak sebagai dasar pengembangan kurikulum. |
10 |
Membandingkan kurikulum dalam dan luar negeri. |
11 |
Mengembangkan kurikulum sesuai dengan budaya dan kekhasan lembaga. |
Pert. |
Sub CPMK |
Materi |
Indikator |
Kegiatan Pembelajaran (Metode) |
Alokasi Waktu |
Sumber dan Media |
Tagihan/ Penilaian |
1 |
Mengkaji perbandingan model pendidikan PAUD di beberapa Negara. |
Model pendidikan PAUD di beberapa Negara |
Mengkaji perbandingan model pendidikan PAUD di beberapa Negara. |
Yang dilakukan Mahasiswa: Mendiskusikan paradigma dan epistimologi penelitian pendidikan
Yang dilakukan Dosen: Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa |
510 menit |
Media: e-learning
PPT
Buku- 1 sd 8 |
Observasi dan aktifitas |
2 |
Mengkaji perbedaan dan persamaan ragam model PAUD di Indonesia. |
Ragam model PAUD di Indonesia |
Mengkaji perbedaan dan persamaan ragam model PAUD di Indonesia. |
Yang dilakukan Mahasiswa: Mendiskusikan penelitian
Yang dilakukan Dosen: Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa |
510 menit |
Media: e-learning
PPT
|
Observasi, aktivitas |
3 |
Mengkaji perbedaan dan persamaan ragam model kurikulum PAUD di Internasional. |
Ragam model kurikulum PAUD di Internasional |
Mengkaji perbedaan dan persamaan ragam model kurikulum PAUD di Internasional. |
Yang dilakukan Mahasiswa: Mendiskusikan Design Kausal Komparatif
Presentasi analisis jurnal penelitian kausal komparatif
Yang dilakukan Dosen: Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa |
510 menit |
Media: e-learning
PPT
|
Observasi, Penugasan dan Tes Kinerja |
4 |
Membandingkan kurikulum PAUD di beberapa Negara. |
Kurikulum PAUD di beberapa Negara |
Membandingkan kurikulum PAUD di beberapa Negara. |
Yang dilakukan Mahasiswa: Mendiskusikan penelitian korelasional (kuantitatif asosiatif)
Presentasi analisis jurnal penelitian korelasional (kuantitatif asosiatif)
Yang dilakukan Dosen: Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa |
510 menit |
Media: e-learning
PPT
|
Observasi, penugasan dan Tes Kinerja |
5 |
Membuat kurikulum yang sesuai dengan kondisi terkini. |
Kurikulum kondisi terkini |
Membuat kurikulum yang sesuai dengan kondisi terkini. |
Yang dilakukan Mahasiswa: Mendiskisuikan konsep dan karakteristik penelitian kualitatif.
Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa |
510 menit |
Media: e-learning
PPT
|
Observasi, penugasan dan Tes Kinerja |
6 |
Membuat kurikulum yang kreatif berbasis budaya lokal. |
Kurikulum kreatif berbasis budaya lokal |
Membuat kurikulum yang kreatif berbasis budaya lokal. |
presentasi dan diskusi konsep penelitan evaluatif dan jenisnya.
Yang dilakukan Dosen: Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa |
510 menit |
Media: e-learning
PPT
|
Observasi, penugasan dan Tes Kinerja |
7 |
Memahami konsep pengembangan kurikulum. |
Konsep pengembangan kurikulum |
Memahami konsep pengembangan kurikulum. |
Yang dilakukan Mahasiswa: Presntasi dan diskusi konsep penelitan tindakan dan designnya
Yang dilakukan Dosen: Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa |
510 menit |
Media: e-learning
PPT
|
Observasi, penugasan dan Tes Kinerja |
8 |
Menentukan prosedur pengembangan kurikulum. |
Prosedur pengembangan kurikulum |
Menentukan prosedur pengembangan kurikulum. |
Yang dilakukan Mahasiswa: Presentasi dan diskusi konsep penelitian metode campuran
Yang dilakukan Dosen: Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa |
510 menit |
Media: e-learning
|
Observasi, penugasan dan Tes Kinerja |
9 |
Menganalisis kebutuhan dan karakteristik anak sebagai dasar pengembangan kurikulum. |
Kebutuhan dan karakteristik anak sebagai dasar pengembangan kurikulum |
Menganalisis kebutuhan dan karakteristik anak sebagai dasar pengembangan kurikulum. |
Yang dilakukan Mahasiswa: Presentasi dan diskusi artikel-artikel yang telah dikaji mahasiswa sehingga diperoleh masalah
Yang dilakukan Dosen: Memfasilitasi mahasiswa sehingga memperoleh masalah berdasarkan kajian artikel |
510 menit |
Media: e-learning
PPT
|
Observasi, penugasan dan Tes Kinerja |
10 |
Membandingkan kurikulum dalam dan luar negeri. |
Kurikulum dalam dan luar negeri |
Membandingkan kurikulum dalam dan luar negeri. |
Yang dilakukan Mahasiswa: Presentasi dan diskusi teknik pengambilan sampel
Yang dilakukan Dosen Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa |
510 menit |
Media: e-learning
PPT
|
Observasi, penugasan dan Tes Kinerja |
11 |
Mengembangkan kurikulum sesuai dengan budaya dan kekhasan lembaga. |
Kurikulum sesuai dengan budaya dan kekhasan lembaga |
Mengembangkan kurikulum sesuai dengan budaya dan kekhasan lembaga. |
Yang dilakukan Mahasiswa: Langkah-langkah pengembangan instrumen, uji validasi dan menghitung reliabilitas instrumen
Yang dilakukan dosen: Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa |
510 menit |
Media: e-learning
PPT
|
Observasi, penugasan dan Tes Kinerja |
PETUNJUK TUGAS
Tugas Kelompok
Mata kuliah |
: |
Comparative education |
Semester |
: |
Ganjil 2017-2018 |
Sks |
: |
3 |
Tugas ke |
: |
1 sd 8 |
Tujuan tugas |
: |
Melatih penguasaan konsep tentang comparative education
|
Waktu Pelaksanaan Tugas |
: |
Minggu ke-1 |
Waktu Penyerahan Tugas |
: |
Minggu ke-3 |
Uraian Tugas
|
: |
1. Menyusun artikel dan power point presentation (ppt) tentang comparative education 2. Menganalisis jurnal tentang perbandingan pendidikan PAUD di beberapa negara 3. Presentasi hasil analisis jurnal |
Instrumen Penilaian |
: |
Rubrik Penilaian |
Tugas Individu
Mata kuliah |
: |
Metodologi Penelitian |
Semester |
: |
Ganjil 2017-2018 |
Sks |
: |
3 |
Tugas ke |
: |
9 |
Tujuan tugas |
: |
Melatih penguasaan konsep tentang comparative education |
Waktu Pelaksanaan Tugas |
: |
Minggu ke-1 |
Waktu Penyerahan Tugas |
: |
Minggu ke- 8 |
Uraian Tugas
|
: |
1 Menyusun artikel dan power point presentation (ppt) tentang comparative education 2 Menganalisis jurnal tentang perbandingan pendidikan PAUD di beberapa negara 3 Presentasi hasil analisis jurnal |
Instrumen Penilaian |
: |
Rubrik Penilaian |