A. DESKRIPSI
Mata kuliah ini mengkaji teknik analisis statistika inferensial baik yang sifatnya asosiatif dan komparatif. Teknik analisis statistika meliputi: Analisis Regresi Ganda, Analisis Jalur (Path Analysis), Structural Equation Modeling (SEM), Analisis Varians Dua dan Tiga Jalan berserta uji lanjutnya, serta Analisis Kovarians Satu dan Dua Jalan beserta uji lanjut-nya
B. CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)
RANAH |
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN |
SIKAP
|
1) Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap |
2) Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika; |
|
3) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; |
|
4) Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; |
|
5) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; |
|
6) Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; |
|
7) Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; |
|
8) Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; |
|
9) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan |
|
10) Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan |
|
KETERAMPILAN UMUM |
1) Mampu menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/gagasan ilmiah baru, memberikan kontribusi kepada pengembangan serta pengamalan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora dibidang keahliannya, dengan menghasilkan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis dan kreatif. |
2) Mampu menyusun penelitian interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin, termasuk kajian teoritis dan /atau eksperimen pada bidang keilmuan, teknologi, seni, dan inovasi yang dituangkan dalam bentuk disertasi, dan makalah yang telah diterbitkan dijurmal internasional bereputasi. |
|
3) Mampu menyusun argumen dan solusi keilmuan, teknologi atau seni berdasarkan pandangan kritis atas fakta, konsep, prinsip, atau teori yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media massa atau langsung kepada masyarakat; |
|
|
4) |
PENGETAHUAN
|
1) Mengembangkan pemikiran filosofis tentang pendidikan anak usia dini dalam perspektif ontologi, epistemologi dan aksiologi. |
2) Menerapkan pengetahuan dan keterampilan dalam kawasan pendidikan anak usia dini untuk memecahkan masalah dan jawaban melalui kegiatan penelitian, pendidikan dan pelatihan, dan pengembangan pengetahuan berdasarkan kaidah ilmiah. |
|
3) Mengkaji pemikiran dan hasil karya penelitian pendidikan anak usia dini, untuk menghasilkan inovasi dalam bidang PAUD. |
|
4) Mengkaji ragam penelitian pendidikan anak usia dini secara inovatif di tingkat nasional atau internasional. |
C. CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH
CPMK |
SUB-CPMK |
|
|
Mengembangkan pemikiran filosofis tentang PAUD terkait dengan ontologi, epistemology dan aksiologi |
Menganalisis Hakikat Pengerttian Filsafat, Ilmu (Science), Filsafat Filmu, pengetahuan dan ilmu pengetahuan |
Menganalisis Hakikat Landasan Ontologi, Epistimologi Dan Aksiologi Ilmu Pengetahuan |
|
Menginternalisasikan nilai religious kedalam diri, keyakinan, agama, moral dan etika. |
Menganalisis eksistensi diri, keyakinan, moral dan agama.
|
Berpikir kritis atas fakta, konsep, prinsip, atau teori yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah |
Berfikir kritis, fakta , prinsip |
Menganalisis Hakikat Teori Kebenaran Berdasarkan Deduktif |
|
Mengkaji beragam aliran filsafat |
Menganalisis Hakikat Filsafat Ilmu: Positivisme, Variasi Dan Kritik |
Menganalisis Hakikat Post Positivisme, Teori Kritis Dan Konstruktivisme (Karl. R,.Poper, Toulmin) |
|
Mengkaji prinsip transdisiplinari dalam ilmu pengetahuan |
Menganalisis Hakikat Membangun Ilmu Pendidikan Yang Interdisipliner |
Kajian lanjutan tentang filosofi PAUD |
Menganalisis Hakikat Disiplin Ilmu PAUD Dalam Perspektif Filsafat Ilmu |
Menganalisis Hakikat Etika Profesi Dalam Perspektif Filsafat Ilmu (KasusProfesiTenagaPendidikan) |
|
Menginternalisasikan nilai dan norma akasemik |
Internalisasi nilai, norma dan etika akademik. |
D. MATERI (BAHAN KAJIAN)
POKOK MATERI |
SUB POKOK MATERI |
Hakikat Pengerttian Filsafat, Ilmu (Science), Filsafat Filmu, |
Pengerttian Filsafat, ilmu dan Filsafat ilmu |
Perbedaan dan persamaan antara Ilmu (Science), Filsafat Filmu, |
|
|
|
Hakikat Ontologi, Epistimologi Dan Aksiologi Ilmu Pengetahuan |
Ontologi, |
Eksistensi diri, keyakinan, moral dan agama.
|
Tanggung jawab ilmuan, keyakinan, moral |
Berfikir kritis, fakta , prinsip. |
Ciri berpikir ilmiah , kritis, fakta dan prinsip |
Hakikat Teori Kebenaran Berdasarkan Deduktif |
Kebenaran berdsarkan deduktif |
Filsafat Ilmu: Positivisme, Positivisme, Teori Kritis Dan Konstruktivisme |
Positivisme, Positivisme |
Konstruktivisme |
|
Teori Kritis |
|
Ilmu Pendidikan Yang Interdisipliner Ilmu PAUD Dalam Perspektif Filsafat Ilmu |
PAUD dalam perspektif ilmu |
Interdisiplin |
|
Etika Profesi |
Etika profesi PAUD |
Internalisasi nilai, norma dan etika akademik. |
Etika Akademik |
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN (METODE)
Pembelajaran dilaksanakan melalui dua pendekatan utama yaitu direct teaching dan indirect teaching.
1. Direct teaching: dosen menjelaskan dan atau mempresentasikan materi, baik penyajian materi yang dirancang secara khusus oleh dosen maupun berupa penjelasan atau komentar terhadap pemaparan mahasiswa.
2. Indirect teaching: mahasiswa secara mandiri melakukan eksplorasi, penemuan dan pengkajian terhadap konsep-konsep atau materi yang telah ditetapkan. Bentuknya berupa latihan soal, pemaparan makalah yang berkaitan dengan materi evaluasi pembelajaran menggunakan teknik penilaian kinerja, penugasan, portofolio, projek.
F. TUGAS (TAGIHAN)
Tugas terbagi menjadi 2 bagian yaitu tugas individu dan tugas kelompok
1. Tugas Kelompok
Tugas 1 :
Menyusun makalah, power point dan presentasi tentang filsafat ilmu
Merefleksi diri terkait dengan tanggung jawab ilmuan.
Tugas 2 :
Menyusun makalah, power point dan presentasi tentang Body of knowledge PAUD
Tugas 3 :
Menyusun makalah, power point dan presentasi tentang Kode Etik profesi PAUD
Tugas 4 :
Menyusun makalah, power point dan presentasi tentang jurnal nkeilmuan PAUD
2. Tugas Individu
(a) Tugas 5 : Menemukan masalah melalui pengkajian artikel
(b) Tugas 6 : Menyusun pengembangan ilmu PAUD
G. PENILAIAN
1. Metode:
Ttes kinerja, dan penugasan.
2. Instrumen
instrumen penilaian kinerja, instrumen penugasan dalam bentuk rubric penilaian.
3. Komponen dan proporsi penilaian
Tugas Kelompok ..................................... 30 %
Tugas Mandiri
Pengkajian Artikel ..................................... 30 %
Proposal ..................................... 40 %
4. Kriteria penilain/kelulusan
Mahasiswa dikategorikan lulus matakuliah Metodologi Penelitian apabila memiliki nilai akhir minimal mencapai B.
Rentang penilaian sebagai berikut:
SKOR |
NILAI |
≥ 86 |
A |
81 £ X < 86 |
A- |
76 £ X < 81 |
B+ |
71 £ X < 76 |
B |
66 £ X < 71 |
B- |
61 £ X < 66 |
C+ |
56 £ X < 61 |
C |
51 £ X < 56 |
C- |
46 £ X < 51 |
D |
< 46 |
E |
H. PERATURAN (TATA TERTIB)
1. Hadir dalam perkuliahan tatap muka minimal 80% dari jumlah pertemuan ideal (lihat aturan akademik universitas).
2. Setiap mahasiswa harus aktif dan partisipasi aktif dalam perkuliahan.
3. Hadir di kelas tepat waktu sesuai dengan waktu yang ditetapkan/disepakati.
4. Toleransi keterlambatan adalah 30 menit.
5. Ada pemberitahuan jika tidak hadir dalam perkuliahan tatap muka.
6. Selama perkuliahan berlangsung, Handphone dalam posisi off atau silent.
7. Meminta izin (dengan cara mengangkat tangan) jika ingin berbicara, bertanya, menjawab, meninggalkan kelas atau keperluan lain.
8. Saling menghargai dan tidak membuat kegaduhan/gangguan/ kerusakan dalam kelas.
9. Tidak boleh ada plagiat dan bentuk-bentuk pelanggaran norma lainnya.
I. SUMBER (REFERENSI)
1. Bronowsky. The Ascen of Man. USA
2. Creswell, John W. (2007). Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing Among Five Approaches. Second Edition. Thousand Oaks, California, Sage Publication.
3. Creswell, John W. (2008). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. Third Edition. Upper Saddle L.R. Gay., GeoffreyRiver, New Jersey: Pearson Education.
4. Creswell, John W. (2012). Educational Researc:. Planning, Conducting And Evaluating Quantitativ And Qualitative Research. New York: Pearson Merrill Prentice Hall.
5. ______________. 2007. Designing and Conducting Mixed Methods research. California: Sage Publications.
6. Fraenkel, Jack R. How to Design and Evalud Research and Education. New York: McGraw Hill, 2009
7. Gay, L. R., Geoffrey E. Mills, Peter Airasian. (2009). Educational Research: Competencies for Analysis and Aplications. New Jersey: Pearson Education.
SATUAN ACARA PERKULIAHAN A.
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH Mahasiswa mampu: 1. Menjelaskan konsep
dasar dan filosofi statistika inferensial untuk penelitian asosiatif dan
komparatif. 2. Menyusuan Desain dan analisis data dengan teknik
Analisis regresi
tiga prediktor 3. Menyusuan Desain dan analisis data dengan teknik
Analisis Jalur (Path
Analysis) 4. Menyusuan Desain dan analisis data dengan teknik Analisis Faktor (Factor Analysis) 5 Menyusuan Desain dan analisis data dengan model Structural
Equation Modeling (SEM) 6 Menyusuan Desain dan analisis data dengan Teknik
analisis varians dua jalan 7 Menyusuan Desain dan analisis data dengan Teknik analisis
varians tiga jalan 8 Menyusuan Desain dan analisis data dengan Teknik
analisis covarians satu jalan 9 Menyusuan Desain dan analisis data dengan Teknik
analisis covarians dua jalan Pert. Sub CPMK Materi Indikator Kegiatan
Pembelajaran (Metode) Alokasi
Waktu Sumber dan Media Tagihan/ Penilaian 1 Menjelaskan konsep dasar dan filosofi statistika
inferensial untuk penelitian asosiatif dan komparatif. konsep dasar dan filosofi statistika inferensial Menjelaskan konsep dasar dan filosofi statistika inferensial
untuk penelitian asosiatif dan komparatif. Yang dilakukan Mahasiswa: Mendiskusikan paradigma dan epistimologi penelitian pendidikan Yang dilakukan Dosen: Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa 510
menit Media: e-learning PPT Buku- 1 sd 8 Observasi dan aktifitas 2 Menyusuan Desain dan
analisis data dengan teknik Analisis
regresi tiga prediktor Desain dan analisis data dengan teknik Analisis regresi tiga prediktor Menyusuan Desain dan
analisis data dengan teknik Analisis
regresi tiga prediktor Yang dilakukan Mahasiswa: Mendiskusikan penelitian Yang dilakukan Dosen: Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa 510
menit Media: e-learning PPT Observasi, aktivitas 3 Menyusuan Desain dan analisis data dengan teknik
Analisis Jalur (Path Analysis) Desain dan analisis data
dengan teknik Analisis Jalur (Path
Analysis) Menyusuan Desain dan analisis data dengan teknik
Analisis Jalur (Path Analysis) Yang dilakukan Mahasiswa: Mendiskusikan Design Kausal
Komparatif Presentasi
analisis jurnal penelitian kausal komparatif Yang dilakukan Dosen: Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa 510
menit Media: e-learning PPT Observasi, Penugasan dan Tes Kinerja 4 Menyusuan Desain dan analisis data dengan teknik
Analisis Faktor (Factor Analysis) Desain dan analisis data
dengan teknik Analisis Faktor (Factor
Analysis) Menyusuan Desain dan analisis data dengan teknik
Analisis Faktor (Factor Analysis) Yang dilakukan Mahasiswa: Mendiskusikan penelitian
korelasional (kuantitatif asosiatif) Presentasi
analisis jurnal penelitian korelasional (kuantitatif asosiatif) Yang dilakukan Dosen: Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa 510
menit Media: e-learning PPT Observasi, penugasan dan Tes Kinerja 5 Menyusuan Desain dan analisis data dengan model Structural
Equation Modeling (SEM) Desain dan analisis data
dengan model Structural Equation Modeling (SEM) Menyusuan Desain dan analisis data dengan model Structural
Equation Modeling (SEM) Yang dilakukan Mahasiswa: Mendiskisuikan konsep dan karakteristik penelitian kualitatif. Menjelaskan dan
memfasilatasi diskusi mahasiswa 510
menit Media: e-learning PPT Observasi, penugasan dan Tes Kinerja 6 Menyusuan Desain dan analisis data dengan Teknik
analisis varians dua jalan Desain dan analisis data
dengan Teknik analisis varians dua jalan Menyusuan Desain dan analisis data dengan Teknik
analisis varians dua jalan presentasi dan diskusi
konsep penelitan evaluatif dan jenisnya. Yang dilakukan Dosen: Menjelaskan dan
memfasilatasi diskusi mahasiswa 510
menit Media: e-learning PPT Observasi, penugasan dan Tes Kinerja 7 Menyusuan Desain dan analisis data dengan Teknik
analisis varians tiga jalan Desain dan analisis data
dengan Teknik analisis varians tiga jalan Menyusuan Desain dan analisis data dengan Teknik
analisis varians tiga jalan Yang dilakukan Mahasiswa: Presntasi dan diskusi
konsep penelitan tindakan dan designnya Yang dilakukan Dosen: Menjelaskan dan
memfasilatasi diskusi mahasiswa 510
menit Media: e-learning PPT Observasi, penugasan dan Tes Kinerja 8 Menyusuan Desain dan analisis data dengan Teknik
analisis covarians satu jalan Desain dan analisis data
dengan Teknik analisis covarians satu jalan Menyusuan Desain dan analisis data dengan Teknik
analisis covarians satu jalan Yang dilakukan Mahasiswa: Presentasi dan diskusi
konsep penelitian
metode campuran Yang dilakukan Dosen: Menjelaskan dan
memfasilatasi diskusi mahasiswa 510
menit Media: e-learning Observasi, penugasan dan Tes Kinerja 9 Menyusuan Desain dan analisis data dengan Teknik analisis
covarians dua jalan Desain dan analisis data
dengan Teknik analisis covarians dua jalan Menyusuan Desain dan analisis data dengan Teknik
analisis covarians dua jalan Yang dilakukan Mahasiswa: Presentasi dan diskusi artikel-artikel
yang telah dikaji mahasiswa sehingga diperoleh masalah Yang dilakukan Dosen: Memfasilitasi mahasiswa sehingga memperoleh masalah
berdasarkan kajian artikel 510
menit Media: e-learning PPT Observasi, penugasan dan Tes Kinerja