A.   DESKRIPSI

Mata kuliah ini mengkaji teknik analisis statistika inferensial baik yang sifatnya asosiatif dan komparatif. Teknik analisis statistika meliputi: Analisis Regresi Ganda, Analisis Jalur (Path Analysis), Structural Equation Modeling (SEM), Analisis Varians Dua dan Tiga Jalan berserta uji lanjutnya, serta Analisis Kovarians Satu dan Dua Jalan beserta uji lanjut-nya

 

B.   CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)

RANAH

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN

SIKAP

 

1)      Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap

2)      Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;

3)      Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

4)      Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;

5)      Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

6)      Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

7)      Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

8)      Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

9)      Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan

10)   Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan

KETERAMPILAN UMUM

1)      Mampu menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/gagasan ilmiah baru, memberikan kontribusi kepada pengembangan serta pengamalan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi yang memperhatikan  dan menerapkan  nilai humaniora dibidang keahliannya, dengan menghasilkan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis dan kreatif.

2)      Mampu menyusun penelitian interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin, termasuk  kajian teoritis dan /atau eksperimen pada bidang keilmuan, teknologi, seni, dan inovasi yang dituangkan dalam bentuk disertasi, dan makalah yang telah diterbitkan dijurmal internasional bereputasi.

3)      Mampu menyusun argumen dan solusi keilmuan, teknologi atau seni berdasarkan pandangan kritis atas fakta, konsep, prinsip, atau teori yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media massa atau langsung kepada masyarakat;

 

4)       

PENGETAHUAN

 

1)      Mengembangkan pemikiran filosofis tentang pendidikan anak usia dini dalam perspektif ontologi, epistemologi dan aksiologi.

2)      Menerapkan pengetahuan dan keterampilan dalam kawasan pendidikan anak usia dini untuk memecahkan masalah dan jawaban melalui kegiatan penelitian, pendidikan dan pelatihan, dan pengembangan pengetahuan berdasarkan kaidah ilmiah.

3)      Mengkaji  pemikiran dan hasil karya  penelitian pendidikan anak usia dini, untuk menghasilkan inovasi dalam bidang PAUD.

4)      Mengkaji ragam penelitian  pendidikan anak usia dini secara  inovatif di tingkat nasional atau internasional.

 

C.   CAPAIAN PEMBELAJARAN  MATA KULIAH

CPMK

SUB-CPMK

 

 

Mengembangkan pemikiran filosofis  tentang PAUD terkait dengan  ontologi, epistemology dan aksiologi

Menganalisis Hakikat Pengerttian Filsafat, Ilmu (Science), Filsafat Filmu, pengetahuan dan ilmu pengetahuan

Menganalisis Hakikat Landasan Ontologi, Epistimologi Dan Aksiologi Ilmu Pengetahuan

Menginternalisasikan nilai religious kedalam diri, keyakinan, agama, moral dan etika.

Menganalisis  eksistensi diri, keyakinan, moral dan agama.

 

Berpikir  kritis atas fakta, konsep, prinsip, atau teori yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah

Berfikir kritis, fakta , prinsip

Menganalisis Hakikat Teori Kebenaran Berdasarkan Deduktif

Mengkaji  beragam aliran  filsafat

  Menganalisis Hakikat Filsafat Ilmu: Positivisme, Variasi Dan Kritik

Menganalisis Hakikat Post Positivisme, Teori Kritis Dan Konstruktivisme (Karl. R,.Poper, Toulmin)

Mengkaji  prinsip transdisiplinari dalam ilmu pengetahuan

Menganalisis Hakikat Membangun Ilmu Pendidikan Yang Interdisipliner

Kajian lanjutan tentang  filosofi PAUD

Menganalisis Hakikat Disiplin Ilmu PAUD Dalam Perspektif Filsafat Ilmu

Menganalisis Hakikat Etika Profesi Dalam Perspektif Filsafat Ilmu (KasusProfesiTenagaPendidikan)

Menginternalisasikan nilai dan norma akasemik

Internalisasi  nilai, norma dan etika akademik.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

D.   MATERI (BAHAN KAJIAN)

POKOK MATERI

SUB

POKOK MATERI

Hakikat Pengerttian Filsafat, Ilmu (Science), Filsafat Filmu,

Pengerttian Filsafat, ilmu dan Filsafat ilmu

Perbedaan dan persamaan antara Ilmu (Science), Filsafat Filmu,

 

 

Hakikat Ontologi, Epistimologi Dan Aksiologi Ilmu Pengetahuan

Ontologi,

Eksistensi diri, keyakinan, moral dan agama.

 

Tanggung jawab ilmuan, keyakinan, moral

Berfikir kritis, fakta , prinsip.

Ciri berpikir ilmiah , kritis, fakta dan prinsip

 Hakikat Teori Kebenaran Berdasarkan Deduktif

Kebenaran  berdsarkan deduktif

 Filsafat Ilmu: Positivisme, Positivisme, Teori Kritis Dan Konstruktivisme

Positivisme, Positivisme

Konstruktivisme

Teori Kritis

 Ilmu Pendidikan Yang Interdisipliner

Ilmu PAUD Dalam Perspektif Filsafat Ilmu

PAUD dalam perspektif ilmu

Interdisiplin

 Etika Profesi

Etika profesi PAUD

Internalisasi  nilai, norma dan etika akademik.

Etika Akademik

 

 

 

E.    KEGIATAN PEMBELAJARAN (METODE)

 Pembelajaran dilaksanakan melalui dua pendekatan utama yaitu direct teaching dan indirect teaching.

1.  Direct teaching: dosen menjelaskan dan atau mempresentasikan materi, baik penyajian materi yang dirancang secara khusus oleh dosen maupun berupa penjelasan atau komentar terhadap pemaparan mahasiswa.

2.  Indirect teaching: mahasiswa secara mandiri melakukan eksplorasi, penemuan dan pengkajian terhadap konsep-konsep atau materi yang telah ditetapkan. Bentuknya berupa latihan soal, pemaparan makalah yang berkaitan dengan materi evaluasi pembelajaran menggunakan teknik penilaian kinerja, penugasan, portofolio, projek.

 

F.    TUGAS (TAGIHAN)

Tugas terbagi menjadi 2 bagian yaitu tugas individu dan tugas kelompok

1.    Tugas Kelompok

Tugas 1 :

Menyusun makalah, power point dan presentasi tentang filsafat  ilmu

Merefleksi diri  terkait dengan tanggung jawab ilmuan.

Tugas 2 :

Menyusun makalah, power point dan presentasi tentang Body of knowledge PAUD

Tugas 3 :

Menyusun makalah, power point dan presentasi tentang Kode Etik profesi PAUD

Tugas 4 :

Menyusun makalah, power point dan presentasi tentang jurnal nkeilmuan PAUD

2.    Tugas Individu

(a)        Tugas 5 : Menemukan masalah melalui pengkajian artikel

(b)       Tugas 6 : Menyusun pengembangan ilmu PAUD

 

 

G.   PENILAIAN

1.    Metode:

Ttes kinerja,  dan penugasan.

2.    Instrumen

instrumen penilaian kinerja, instrumen penugasan dalam bentuk rubric penilaian.

3.    Komponen dan proporsi penilaian

Tugas Kelompok         .....................................  30 %

Tugas Mandiri              

Pengkajian Artikel       .....................................  30 %

Proposal                      .....................................  40 %

4.    Kriteria penilain/kelulusan

Mahasiswa dikategorikan lulus matakuliah Metodologi Penelitian  apabila memiliki nilai akhir minimal mencapai B.

Rentang penilaian sebagai berikut:

SKOR

NILAI

≥  86

A

81 £  X < 86

A-

76 £  X < 81

B+

71 £  X < 76

B

66 £  X < 71

B-

61 £  X < 66

C+

56 £  X < 61

C

51 £  X < 56

C-

46 £  X < 51

D

< 46

E

 

 

H.  PERATURAN (TATA TERTIB)

1.    Hadir dalam perkuliahan tatap muka minimal 80% dari jumlah pertemuan ideal (lihat aturan akademik universitas).

2.    Setiap mahasiswa harus aktif dan partisipasi aktif dalam perkuliahan.

3.    Hadir di kelas tepat waktu sesuai dengan waktu yang ditetapkan/disepakati.

4.    Toleransi keterlambatan adalah 30 menit.

5.    Ada pemberitahuan jika tidak hadir dalam perkuliahan tatap muka.

6.    Selama perkuliahan berlangsung, Handphone dalam posisi off atau silent.

7.    Meminta izin (dengan cara mengangkat tangan) jika ingin berbicara, bertanya, menjawab, meninggalkan kelas atau keperluan lain.

8.    Saling menghargai dan tidak membuat kegaduhan/gangguan/ kerusakan dalam kelas.

9.    Tidak boleh ada plagiat dan bentuk-bentuk pelanggaran norma lainnya.

 

 

 

I.     SUMBER (REFERENSI)

1.    Bronowsky. The Ascen of Man. USA

2.    Creswell, John W. (2007). Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing Among Five Approaches. Second Edition. Thousand Oaks, California, Sage Publication.

3.     Creswell, John W. (2008). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. Third Edition. Upper Saddle L.R. Gay., GeoffreyRiver, New Jersey: Pearson Education.

4.    Creswell, John W. (2012). Educational Researc:. Planning, Conducting And Evaluating Quantitativ And Qualitative Research. New York: Pearson Merrill Prentice Hall.

5.    ______________. 2007. Designing and Conducting Mixed Methods research. California: Sage Publications.

6.   Fraenkel, Jack R. How to Design and Evalud Research and Education. New York: McGraw Hill, 2009

7.    Gay, L. R., Geoffrey E. Mills, Peter Airasian. (2009). Educational Research: Competencies for Analysis and Aplications.  New Jersey: Pearson Education.

 

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

A.   CAPAIAN PEMBELAJARAN  MATA KULIAH

Mahasiswa mampu:

1.

Menjelaskan konsep dasar dan filosofi statistika inferensial untuk penelitian asosiatif dan komparatif.

 

 

2.

Menyusuan  Desain dan analisis data dengan teknik Analisis regresi tiga prediktor

 

 

 

3.

Menyusuan  Desain dan analisis data dengan teknik Analisis Jalur (Path Analysis)

 

4.

Menyusuan  Desain dan analisis data dengan teknik Analisis Faktor (Factor Analysis)

 

5

Menyusuan  Desain dan analisis data dengan model Structural Equation Modeling (SEM)

 

6

Menyusuan  Desain dan analisis data dengan Teknik analisis varians dua jalan

 

7

Menyusuan  Desain dan analisis data dengan Teknik analisis varians tiga jalan

 

8

Menyusuan  Desain dan analisis data dengan Teknik analisis covarians satu jalan

 

9

Menyusuan  Desain dan analisis data dengan Teknik analisis covarians dua jalan

 

 

 

 

 

Pert.

Sub CPMK

Materi

Indikator

Kegiatan Pembelajaran

(Metode)

Alokasi Waktu

Sumber

dan Media

Tagihan/

Penilaian

1

Menjelaskan konsep dasar dan filosofi statistika inferensial untuk penelitian asosiatif dan komparatif.

 

 

konsep dasar dan filosofi statistika inferensial

Menjelaskan konsep dasar dan filosofi statistika inferensial untuk penelitian asosiatif dan komparatif.

 

 

Yang dilakukan Mahasiswa:

Mendiskusikan paradigma dan epistimologi penelitian pendidikan

 

Yang dilakukan Dosen:

Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa

510 menit

Media:

e-learning

 

PPT

 

Buku-

1 sd 8

Observasi dan aktifitas

2

Menyusuan  Desain dan analisis data dengan teknik Analisis regresi tiga prediktor

 

 

 

Desain dan analisis data dengan teknik Analisis regresi tiga prediktor

 

Menyusuan  Desain dan analisis data dengan teknik Analisis regresi tiga prediktor

 

 

 

Yang dilakukan Mahasiswa:

Mendiskusikan penelitian

 

Yang dilakukan Dosen:

Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa

510 menit

Media:

e-learning

 

PPT

 

Observasi, aktivitas

3

Menyusuan  Desain dan analisis data dengan teknik Analisis Jalur (Path Analysis)

 

Desain dan analisis data dengan teknik Analisis Jalur (Path Analysis)

 

Menyusuan  Desain dan analisis data dengan teknik Analisis Jalur (Path Analysis)

 

Yang dilakukan Mahasiswa:

Mendiskusikan Design Kausal Komparatif

 

Presentasi analisis jurnal penelitian kausal komparatif

 

Yang dilakukan Dosen:

Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa

510 menit

Media:

e-learning

 

PPT

 

Observasi, Penugasan dan Tes Kinerja

4

Menyusuan  Desain dan analisis data dengan teknik Analisis Faktor (Factor Analysis)

 

Desain dan analisis data dengan teknik Analisis Faktor (Factor Analysis)

 

Menyusuan  Desain dan analisis data dengan teknik Analisis Faktor (Factor Analysis)

 

Yang dilakukan Mahasiswa:

Mendiskusikan penelitian korelasional (kuantitatif asosiatif)

 

Presentasi analisis jurnal penelitian korelasional (kuantitatif asosiatif)

 

Yang dilakukan Dosen:

Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa

510 menit

Media:

e-learning

 

PPT

 

Observasi, penugasan dan Tes Kinerja

5

Menyusuan  Desain dan analisis data dengan model Structural Equation Modeling (SEM)

 

Desain dan analisis data dengan model Structural Equation Modeling (SEM)

 

Menyusuan  Desain dan analisis data dengan model Structural Equation Modeling (SEM)

 

Yang dilakukan Mahasiswa:

Mendiskisuikan konsep dan karakteristik penelitian kualitatif.

 

Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa

510 menit

Media:

e-learning

 

PPT

 

Observasi, penugasan dan Tes Kinerja

6

Menyusuan  Desain dan analisis data dengan Teknik analisis varians dua jalan

 

Desain dan analisis data dengan Teknik analisis varians dua jalan

 

Menyusuan  Desain dan analisis data dengan Teknik analisis varians dua jalan

 

presentasi dan diskusi konsep penelitan evaluatif dan jenisnya.

 

Yang dilakukan Dosen:

Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa

510 menit

Media:

e-learning

 

PPT

 

Observasi, penugasan dan Tes Kinerja

7

Menyusuan  Desain dan analisis data dengan Teknik analisis varians tiga jalan

 

Desain dan analisis data dengan Teknik analisis varians tiga jalan

 

Menyusuan  Desain dan analisis data dengan Teknik analisis varians tiga jalan

 

Yang dilakukan Mahasiswa:

Presntasi dan diskusi konsep penelitan tindakan dan designnya

 

Yang dilakukan Dosen:

Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa

510 menit

Media:

e-learning

 

PPT

 

Observasi, penugasan dan Tes Kinerja

8

Menyusuan  Desain dan analisis data dengan Teknik analisis covarians satu jalan

 

Desain dan analisis data dengan Teknik analisis covarians satu jalan

 

Menyusuan  Desain dan analisis data dengan Teknik analisis covarians satu jalan

 

Yang dilakukan Mahasiswa:

Presentasi dan diskusi konsep penelitian metode campuran

 

Yang dilakukan Dosen:

Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa

510 menit

Media:

e-learning

 

Observasi, penugasan dan Tes Kinerja

9

Menyusuan  Desain dan analisis data dengan Teknik analisis covarians dua jalan

 

Desain dan analisis data dengan Teknik analisis covarians dua jalan

 

Menyusuan  Desain dan analisis data dengan Teknik analisis covarians dua jalan

 

Yang dilakukan Mahasiswa:

Presentasi dan diskusi artikel-artikel yang telah dikaji mahasiswa sehingga diperoleh masalah

 

Yang dilakukan Dosen:

Memfasilitasi mahasiswa sehingga memperoleh masalah berdasarkan kajian artikel

510 menit

Media:

e-learning

 

PPT

 

Observasi, penugasan dan Tes Kinerja