A. CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)
RANAH |
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN |
SIKAP
|
1.Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap |
2.Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika; |
|
3.Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; |
|
4.Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; |
|
5.Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; |
|
6.Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; |
|
7.Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; |
|
8.Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; |
|
9.Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan |
|
10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan |
|
KETERAMPILAN UMUM |
1. Mampu menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/gagasan ilmiah baru, memberikan kontribusi kepada pengembangan serta pengamalan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora dibidang keahliannya, dengan menghasilkan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis dan kreatif. |
2. Mampu menyusun penelitian interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin, termasuk kajian teoritis dan /atau eksperimen pada bidang keilmuan, teknologi, seni, dan inovasi yang dituangkan dalam bentuk disertasi, dan makalah yang telah diterbitkan dijurmal internasional bereputasi. |
|
3. Mampu menyusun argumen dan solusi keilmuan, teknologi atau seni berdasarkan pandangan kritis atas fakta, konsep, prinsip, atau teori yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media massa atau langsung kepada masyarakat; |
|
|
4. Mampu mengelola, termasuk menyimpan, mengaudit, mengamankan, dan menemukan kembali data dan informasi hasil penelitian yang berada dibawah tanggung jawabnya; dan |
|
5. Mampu mengembangkan dan memelihara hubungan kolegial dan kesejawatan di dalam lingkungan sendiri atau melalui jaringan kerjasama dengan komunitas peneliti diluar lembaga.
|
PENGETAHUAN
|
1. Mengembangkan pemikiran filosofis tentang pendidikan anak usia dini dalam perspektif ontologi, epistemologi dan aksiologi. |
2. Menerapkan pengetahuan dan keterampilan dalam kawasan pendidikan anak usia dini untuk memecahkan masalah dan jawaban melalui kegiatan penelitian, pendidikan dan pelatihan, dan pengembangan pengetahuan berdasarkan kaidah ilmiah. |
|
3. Mengkaji pemikiran dan hasil karya penelitian pendidikan anak usia dini, untuk menghasilkan inovasi dalam bidang PAUD. |
|
4. Mengkaji ragam penelitian pendidikan anak usia dini secara inovatif di tingkat nasional atau internasional. |
B. CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH
CPMK |
SUB-CPMK |
Mengidentifikasi penelitian yang terkini, termaju dengan memberikan kemaslahatan pada ummat. |
Mengidentifikasi penelitian yang terkini, termaju dengan memberikan kemaslahatan pada ummat. |
Mengidentifikasi penelitian yang terkini, termaju dengan memberikan kemaslahatan pada ummat. Memberikan solusi permasalahan pendidikan anak usia dini secara interdisiplin. |
Mengidentifikasi penelitian yang terkini, termaju dengan memberikan kemaslahatan pada ummat. |
Memberikan solusi permasalahan pendidikan anak usia dini secara interdisiplin. |
|
Menghasilkan penelitian dalam bidang PAUD dengan pendekatan transdisiplin. |
Menghasilkan penelitian dalam bidang PAUD dengan pendekatan transdisiplin. |
Menyimpulkan hasil peneliitan pendidikan anak usia dini . Menyusun konstelasi penelitian yang menggunakan pendekatan transdisiplin. |
Menyimpulkan hasil peneliitan pendidikan anak usia dini . |
Menyusun konstelasi penelitian yang menggunakan pendekatan transdisiplin. |
|
Menerapkan pengetahuan dalam kawasan pada anak usia dini. Berdasarkan kaedah ilmiah. Terampil dalam memecahkan masalah penelitian. |
Menerapkan pengetahuan dalam kawasan pada anak usia dini. Berdasarkan kaedah ilmiah.
|
Terampil dalam memecahkan masalah penelitian. |
|
Terampil dalam memecahkan masalah pelatihan. |
Terampil dalam memecahkan masalah pelatihan. |
C. MATERI (BAHAN KAJIAN)
POKOK MATERI |
SUB POKOK MATERI |
Hakikat Pengerttian Filsafat, Ilmu (Science), Filsafat Filmu, |
Pengerttian Filsafat, ilmu dan Filsafat ilmu |
Perbedaan dan persamaan antara Ilmu (Science), Filsafat Filmu, |
|
|
|
Hakikat Ontologi, Epistimologi Dan Aksiologi Ilmu Pengetahuan |
Ontologi, |
Eksistensi diri, keyakinan, moral dan agama.
|
Tanggung jawab ilmuan, keyakinan, moral |
Berfikir kritis, fakta , prinsip. |
Ciri berpikir ilmiah , kritis, fakta dan prinsip |
Hakikat Teori Kebenaran Berdasarkan Deduktif |
Kebenaran berdsarkan deduktif |
Filsafat Ilmu: Positivisme, Positivisme, Teori Kritis Dan Konstruktivisme |
Positivisme, Positivisme |
Konstruktivisme |
|
Teori Kritis |
|
Ilmu Pendidikan Yang Interdisipliner Ilmu PAUD Dalam Perspektif Filsafat Ilmu |
PAUD dalam perspektif ilmu |
Interdisiplin |
|
Etika Profesi |
Etika profesi PAUD |
Internalisasi nilai, norma dan etika akademik. |
Etika Akademik |
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN (METODE)
Pembelajaran dilaksanakan melalui dua pendekatan utama yaitu direct teaching dan indirect teaching.
1. Direct teaching: dosen menjelaskan dan atau mempresentasikan materi, baik penyajian materi yang dirancang secara khusus oleh dosen maupun berupa penjelasan atau komentar terhadap pemaparan mahasiswa.
2. Indirect teaching: mahasiswa secara mandiri melakukan eksplorasi, penemuan dan pengkajian terhadap konsep-konsep atau materi yang telah ditetapkan. Bentuknya berupa latihan soal, pemaparan makalah yang berkaitan dengan materi evaluasi pembelajaran menggunakan teknik penilaian kinerja, penugasan, portofolio, projek.
E. TUGAS (TAGIHAN)
Tugas terbagi menjadi 2 bagian yaitu tugas individu dan tugas kelompok
1. Tugas Kelompok
Tugas 1 :
Menyusun makalah, power point dan presentasi tentang filsafat ilmu
Merefleksi diri terkait dengan tanggung jawab ilmuan.
Tugas 2 :
Menyusun makalah, power point dan presentasi tentang Body of knowledge PAUD
Tugas 3 :
Menyusun makalah, power point dan presentasi tentang Kode Etik profesi PAUD
Tugas 4 :
Menyusun makalah, power point dan presentasi tentang jurnal nkeilmuan PAUD
2. Tugas Individu
(a) Tugas 5 : Menemukan masalah melalui pengkajian artikel
(b) Tugas 6 : Menyusun pengembangan ilmu PAUD
F. PENILAIAN
1. Metode:
Ttes kinerja, dan penugasan.
2. Instrumen
instrumen penilaian kinerja, instrumen penugasan dalam bentuk rubric penilaian.
3. Komponen dan proporsi penilaian
Tugas Kelompok ..................................... 30 %
Tugas Mandiri
Pengkajian Artikel ..................................... 30 %
Proposal ..................................... 40 %
4. Kriteria penilain/kelulusan
Mahasiswa dikategorikan lulus matakuliah Metodologi Penelitian apabila memiliki nilai akhir minimal mencapai B.
Rentang penilaian sebagai berikut:
SKOR |
NILAI |
≥ 86 |
A |
81 £ X < 86 |
A- |
76 £ X < 81 |
B+ |
71 £ X < 76 |
B |
66 £ X < 71 |
B- |
61 £ X < 66 |
C+ |
56 £ X < 61 |
C |
51 £ X < 56 |
C- |
46 £ X < 51 |
D |
< 46 |
E |
G. PERATURAN (TATA TERTIB)
1. Hadir dalam perkuliahan tatap muka minimal 80% dari jumlah pertemuan ideal (lihat aturan akademik universitas).
2. Setiap mahasiswa harus aktif dan partisipasi aktif dalam perkuliahan.
3. Hadir di kelas tepat waktu sesuai dengan waktu yang ditetapkan/disepakati.
4. Toleransi keterlambatan adalah 30 menit.
5. Ada pemberitahuan jika tidak hadir dalam perkuliahan tatap muka.
6. Selama perkuliahan berlangsung, Handphone dalam posisi off atau silent.
7. Meminta izin (dengan cara mengangkat tangan) jika ingin berbicara, bertanya, menjawab, meninggalkan kelas atau keperluan lain.
8. Saling menghargai dan tidak membuat kegaduhan/gangguan/ kerusakan dalam kelas.
9. Tidak boleh ada plagiat dan bentuk-bentuk pelanggaran norma lainnya.
H. SUMBER (REFERENSI)
1. Bronowsky. The Ascen of Man. USA
2. Creswell, John W. (2007). Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing Among Five Approaches. Second Edition. Thousand Oaks, California, Sage Publication.
3. Creswell, John W. (2008). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. Third Edition. Upper Saddle L.R. Gay., GeoffreyRiver, New Jersey: Pearson Education.
4. Creswell, John W. (2012). Educational Researc:. Planning, Conducting And Evaluating Quantitativ And Qualitative Research. New York: Pearson Merrill Prentice Hall.
5. ______________. 2007. Designing and Conducting Mixed Methods research. California: Sage Publications.
6. Fraenkel, Jack R. How to Design and Evalud Research and Education. New York: McGraw Hill, 2009
7. Gay, L. R., Geoffrey E. Mills, Peter Airasian. (2009). Educational Research: Competencies for Analysis and Aplications. New Jersey: Pearson Education.
SATUAN ACARA PERKULIAHAN A.
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH Mahasiswa mampu: 1. Mengidentifikasi
penelitian yang terkini,
termaju dengan memberikan
kemaslahatan pada ummat. 2. Memberikan solusi permasalahan pendidikan anak usia
dini secara interdisiplin. 3. Menghasilkan penelitian dalam bidang PAUD dengan pendekatan transdisiplin. 4. Menganalisis sumber
daya internal maupun eksternal bidang
PAUD 5. Menyimpulkan hasil peneliitan pendidikan anak usia dini untuk
meningkatkan kepedulian pada
masyarakat. 6. Mengembangkan peta jalan penelitian
dengan pendekatan interdisiplin 7. Mengembangkan peta jalan penelitian
dengan pendekatanmultidisiplin. 8. Mengembangkan peta jalan penelitian
dengan pendekatan transdisiplin. 9. Mampu mengembangkan peta jalan
penelitian yang lebih komprehensif. 10. Menyusun konstelasi penelitian yang menggunakan pendekatan
transdisiplin. 11. Menerapkan
pengetahuan dalam kawasan pada anak usia dini.
Berdasarkan kaedah ilmiah. 12. Terampil dalam memecahkan masalah penelitian. 13. Terampil dalam memecahkan masalah penidikan dan pelatihan 14. Mengembangkan
pelatihan kurikulum dan program PAUD 15. Mengembangkan program
pelatihan PAUD 16. Mengembangkan berbagai
program pembelajaran Pert. Sub CPMK Materi Indikator Kegiatan
Pembelajaran (Metode) Alokasi
Waktu Sumber dan Media Tagihan/ Penilaian 1 Mengidentifikasi penelitian
yang terkini, termaju dengan
memberikan kemaslahatan pada ummat. Identifikasi penelitian Mengidentifikasi penelitian
yang terkini, termaju dengan
memberikan kemaslahatan pada ummat. Yang dilakukan Mahasiswa: Mendiskusikan paradigma dan epistimologi penelitian pendidikan Yang dilakukan Dosen: Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa 510
menit Media: e-learning PPT Buku- 1 sd 8 Observasi dan aktifitas 2 Mengidentifikasi
penelitian yang terkini,
termaju dengan memberikan
kemaslahatan pada ummat. Mengidentifikasi
penelitian Mengidentifikasi
penelitian yang terkini,
termaju dengan memberikan
kemaslahatan pada ummat. Yang dilakukan Mahasiswa: Mendiskusikan penelitian Yang dilakukan Dosen: Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa 510
menit Media: e-learning PPT Observasi, aktivitas 3-5 Memberikan solusi permasalahan pendidikan anak
usia dini secara interdisiplin. solusi permasalahan Memberikan solusi permasalahan pendidikan anak
usia dini secara interdisiplin. Yang dilakukan Mahasiswa: Mendiskusikan Design Kausal
Komparatif Presentasi
analisis jurnal penelitian kausal komparatif Yang dilakukan Dosen: Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa 510
menit Media: e-learning PPT Observasi, Penugasan dan Tes Kinerja Menghasilkan penelitian dalam bidang PAUD dengan pendekatan transdisiplin. Menghasilkan penelitian dalam bidang PAUD Menghasilkan penelitian dalam bidang PAUD dengan pendekatan transdisiplin. Yang dilakukan Mahasiswa: Mendiskusikan penelitian
korelasional (kuantitatif asosiatif) Presentasi
analisis jurnal penelitian korelasional (kuantitatif asosiatif) Yang dilakukan Dosen: Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa 510
menit Media: e-learning PPT Observasi, penugasan dan Tes Kinerja 6 Menyimpulkan hasil peneliitan pendidikan anak usia dini . · Menghasilkan
penelitian dalam bidang PAUD Menyimpulkan hasil peneliitan pendidikan anak usia dini . Yang dilakukan Mahasiswa: Mendiskisuikan konsep dan karakteristik penelitian kualitatif. Menjelaskan dan
memfasilatasi diskusi mahasiswa 510
menit Media: e-learning PPT Observasi, penugasan dan Tes Kinerja 7 Menyusun konstelasi penelitian yang menggunakan
pendekatan transdisiplin. konstelasi
penelitian yang menggunakan pendekatan transdisiplin. Menyusun konstelasi penelitian yang menggunakan
pendekatan transdisiplin. presentasi dan diskusi
konsep penelitan evaluatif dan jenisnya. Yang dilakukan Dosen: Menjelaskan dan
memfasilatasi diskusi mahasiswa 510
menit Media: e-learning PPT Observasi, penugasan dan Tes Kinerja 8 UTS 9 Menerapkan
pengetahuan dalam kawasan pada anak usia dini. Berdasarkan kaedah ilmiah. pengetahuan dalam kawasan pada anak usia dini. Berdasarkan kaedah ilmiah. Menerapkan
pengetahuan dalam kawasan pada anak usia dini. Berdasarkan kaedah ilmiah. Yang dilakukan Mahasiswa: Presntasi dan diskusi
konsep penelitan tindakan dan designnya Yang dilakukan Dosen: Menjelaskan dan
memfasilatasi diskusi mahasiswa 510
menit Media: e-learning PPT Observasi, penugasan dan Tes Kinerja 10 Terampil
dalam memecahkan masalah penelitian. memecahkan masalah
penelitian. Terampil
dalam memecahkan masalah penelitian. Yang dilakukan Mahasiswa: Presentasi dan diskusi
konsep penelitian
metode campuran Yang dilakukan Dosen: Menjelaskan dan
memfasilatasi diskusi mahasiswa 510
menit Media: e-learning Observasi, penugasan dan Tes Kinerja 11 Terampil
dalam memecahkan masalah pelatihan. memecahkan masalah
penelitian. Terampil
dalam memecahkan masalah pelatihan. Yang dilakukan Mahasiswa: Presentasi dan diskusi
artikel-artikel yang telah dikaji mahasiswa sehingga diperoleh masalah Yang dilakukan Dosen: Memfasilitasi mahasiswa sehingga memperoleh masalah
berdasarkan kajian artikel 510
menit Media: e-learning PPT Observasi, penugasan dan Tes Kinerja 12 ·
Yang dilakukan Mahasiswa: Presentasi dan diskusi
teknik pengambilan sampel Yang dilakukan Dosen Menjelaskan dan
memfasilatasi diskusi mahasiswa 510
menit Media: e-learning PPT Observasi, penugasan dan Tes Kinerja 13 Yang dilakukan Mahasiswa: Langkah-langkah
pengembangan instrumen, uji validasi dan menghitung reliabilitas instrumen Yang dilakukan dosen: Menjelaskan dan
memfasilatasi diskusi mahasiswa 510
menit Media: e-learning PPT Observasi, penugasan dan Tes Kinerja