A.   CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)

RANAH

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN

SIKAP

 

1.Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap

2.Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;

3.Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

4.Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;

5.Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

6.Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

7.Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

8.Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

9.Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan

10.         Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan

KETERAMPILAN UMUM

1. Mampu menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/gagasan ilmiah baru, memberikan kontribusi kepada pengembangan serta pengamalan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi yang memperhatikan  dan menerapkan  nilai humaniora dibidang keahliannya, dengan menghasilkan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis dan kreatif.

2. Mampu menyusun penelitian interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin, termasuk  kajian teoritis dan /atau eksperimen pada bidang keilmuan, teknologi, seni, dan inovasi yang dituangkan dalam bentuk disertasi, dan makalah yang telah diterbitkan dijurmal internasional bereputasi.

3. Mampu menyusun argumen dan solusi keilmuan, teknologi atau seni berdasarkan pandangan kritis atas fakta, konsep, prinsip, atau teori yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media massa atau langsung kepada masyarakat;

 

4.           Mampu mengelola, termasuk menyimpan, mengaudit, mengamankan, dan menemukan kembali data dan informasi hasil penelitian yang berada dibawah tanggung jawabnya; dan

 

5.   Mampu mengembangkan dan memelihara hubungan kolegial dan kesejawatan di dalam lingkungan sendiri atau melalui jaringan kerjasama dengan komunitas peneliti diluar lembaga.

 

PENGETAHUAN

 

1.   Mengembangkan pemikiran filosofis tentang pendidikan anak usia dini dalam perspektif ontologi, epistemologi dan aksiologi.

2.   Menerapkan pengetahuan dan keterampilan dalam kawasan pendidikan anak usia dini untuk memecahkan masalah dan jawaban melalui kegiatan penelitian, pendidikan dan pelatihan, dan pengembangan pengetahuan berdasarkan kaidah ilmiah.

3.   Mengkaji  pemikiran dan hasil karya  penelitian pendidikan anak usia dini, untuk menghasilkan inovasi dalam bidang PAUD.

4.   Mengkaji ragam penelitian  pendidikan anak usia dini secara  inovatif di tingkat nasional atau internasional.

 

B.   CAPAIAN PEMBELAJARAN  MATA KULIAH

CPMK

SUB-CPMK

Mengidentifikasi  penelitian  yang terkini, termaju dengan   memberikan kemaslahatan pada ummat.

Mengidentifikasi  penelitian  yang terkini, termaju dengan   memberikan kemaslahatan pada ummat.

Mengidentifikasi  penelitian  yang terkini, termaju dengan   memberikan kemaslahatan pada ummat.

Memberikan solusi permasalahan pendidikan anak usia dini  secara interdisiplin.

Mengidentifikasi  penelitian  yang terkini, termaju dengan   memberikan kemaslahatan pada ummat.

Memberikan solusi permasalahan pendidikan anak usia dini  secara interdisiplin.

Menghasilkan penelitian dalam  bidang PAUD dengan pendekatan  transdisiplin.

Menghasilkan penelitian dalam  bidang PAUD dengan pendekatan  transdisiplin.

Menyimpulkan hasil peneliitan  pendidikan anak usia dini .

Menyusun konstelasi penelitian yang menggunakan pendekatan transdisiplin.

Menyimpulkan hasil peneliitan  pendidikan anak usia dini .

Menyusun konstelasi penelitian yang menggunakan pendekatan transdisiplin.

Menerapkan  pengetahuan  dalam kawasan pada anak usia dini. Berdasarkan kaedah ilmiah.

Terampil dalam  memecahkan masalah  penelitian.

Menerapkan  pengetahuan  dalam kawasan pada anak usia dini. Berdasarkan kaedah ilmiah.

 

Terampil dalam  memecahkan masalah  penelitian.

Terampil dalam  memecahkan masalah  pelatihan.

Terampil dalam  memecahkan masalah  pelatihan.

 

 

 

C.   MATERI (BAHAN KAJIAN)

POKOK MATERI

SUB

POKOK MATERI

Hakikat Pengerttian Filsafat, Ilmu (Science), Filsafat Filmu,

Pengerttian Filsafat, ilmu dan Filsafat ilmu

Perbedaan dan persamaan antara Ilmu (Science), Filsafat Filmu,

 

 

Hakikat Ontologi, Epistimologi Dan Aksiologi Ilmu Pengetahuan

Ontologi,

Eksistensi diri, keyakinan, moral dan agama.

 

Tanggung jawab ilmuan, keyakinan, moral

Berfikir kritis, fakta , prinsip.

Ciri berpikir ilmiah , kritis, fakta dan prinsip

 Hakikat Teori Kebenaran Berdasarkan Deduktif

Kebenaran  berdsarkan deduktif

 Filsafat Ilmu: Positivisme, Positivisme, Teori Kritis Dan Konstruktivisme

Positivisme, Positivisme

Konstruktivisme

Teori Kritis

 Ilmu Pendidikan Yang Interdisipliner

Ilmu PAUD Dalam Perspektif Filsafat Ilmu

PAUD dalam perspektif ilmu

Interdisiplin

 Etika Profesi

Etika profesi PAUD

Internalisasi  nilai, norma dan etika akademik.

Etika Akademik

 

 

D.   KEGIATAN PEMBELAJARAN (METODE)

 Pembelajaran dilaksanakan melalui dua pendekatan utama yaitu direct teaching dan indirect teaching.

1.  Direct teaching: dosen menjelaskan dan atau mempresentasikan materi, baik penyajian materi yang dirancang secara khusus oleh dosen maupun berupa penjelasan atau komentar terhadap pemaparan mahasiswa.

2.  Indirect teaching: mahasiswa secara mandiri melakukan eksplorasi, penemuan dan pengkajian terhadap konsep-konsep atau materi yang telah ditetapkan. Bentuknya berupa latihan soal, pemaparan makalah yang berkaitan dengan materi evaluasi pembelajaran menggunakan teknik penilaian kinerja, penugasan, portofolio, projek.

 

E.    TUGAS (TAGIHAN)

Tugas terbagi menjadi 2 bagian yaitu tugas individu dan tugas kelompok

1.    Tugas Kelompok

Tugas 1 :

Menyusun makalah, power point dan presentasi tentang filsafat  ilmu

Merefleksi diri  terkait dengan tanggung jawab ilmuan.

Tugas 2 :

Menyusun makalah, power point dan presentasi tentang Body of knowledge PAUD

Tugas 3 :

Menyusun makalah, power point dan presentasi tentang Kode Etik profesi PAUD

Tugas 4 :

Menyusun makalah, power point dan presentasi tentang jurnal nkeilmuan PAUD

2.    Tugas Individu

(a)        Tugas 5 : Menemukan masalah melalui pengkajian artikel

(b)       Tugas 6 : Menyusun pengembangan ilmu PAUD

 

 

F.    PENILAIAN

1.    Metode:

Ttes kinerja,  dan penugasan.

2.    Instrumen

instrumen penilaian kinerja, instrumen penugasan dalam bentuk rubric penilaian.

3.    Komponen dan proporsi penilaian

Tugas Kelompok         .....................................  30 %

Tugas Mandiri              

Pengkajian Artikel       .....................................  30 %

Proposal                      .....................................  40 %

4.    Kriteria penilain/kelulusan

Mahasiswa dikategorikan lulus matakuliah Metodologi Penelitian  apabila memiliki nilai akhir minimal mencapai B.

Rentang penilaian sebagai berikut:

SKOR

NILAI

≥  86

A

81 £  X < 86

A-

76 £  X < 81

B+

71 £  X < 76

B

66 £  X < 71

B-

61 £  X < 66

C+

56 £  X < 61

C

51 £  X < 56

C-

46 £  X < 51

D

< 46

E

 

 

 

G.   PERATURAN (TATA TERTIB)

1.    Hadir dalam perkuliahan tatap muka minimal 80% dari jumlah pertemuan ideal (lihat aturan akademik universitas).

2.    Setiap mahasiswa harus aktif dan partisipasi aktif dalam perkuliahan.

3.    Hadir di kelas tepat waktu sesuai dengan waktu yang ditetapkan/disepakati.

4.    Toleransi keterlambatan adalah 30 menit.

5.    Ada pemberitahuan jika tidak hadir dalam perkuliahan tatap muka.

6.    Selama perkuliahan berlangsung, Handphone dalam posisi off atau silent.

7.    Meminta izin (dengan cara mengangkat tangan) jika ingin berbicara, bertanya, menjawab, meninggalkan kelas atau keperluan lain.

8.    Saling menghargai dan tidak membuat kegaduhan/gangguan/ kerusakan dalam kelas.

9.    Tidak boleh ada plagiat dan bentuk-bentuk pelanggaran norma lainnya.

 

H.  SUMBER (REFERENSI)

1.    Bronowsky. The Ascen of Man. USA

2.    Creswell, John W. (2007). Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing Among Five Approaches. Second Edition. Thousand Oaks, California, Sage Publication.

3.     Creswell, John W. (2008). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. Third Edition. Upper Saddle L.R. Gay., GeoffreyRiver, New Jersey: Pearson Education.

4.    Creswell, John W. (2012). Educational Researc:. Planning, Conducting And Evaluating Quantitativ And Qualitative Research. New York: Pearson Merrill Prentice Hall.

5.    ______________. 2007. Designing and Conducting Mixed Methods research. California: Sage Publications.

6.   Fraenkel, Jack R. How to Design and Evalud Research and Education. New York: McGraw Hill, 2009

7.    Gay, L. R., Geoffrey E. Mills, Peter Airasian. (2009). Educational Research: Competencies for Analysis and Aplications.  New Jersey: Pearson Education.

 

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

A.   CAPAIAN PEMBELAJARAN  MATA KULIAH

Mahasiswa mampu:

 

1.

Mengidentifikasi  penelitian  yang terkini, termaju dengan   memberikan kemaslahatan pada ummat.

2.

Memberikan solusi permasalahan pendidikan anak usia dini  secara interdisiplin.

3.

Menghasilkan penelitian dalam  bidang PAUD dengan pendekatan  transdisiplin.

4.

Menganalisis  sumber daya  internal maupun eksternal bidang PAUD

5.

Menyimpulkan hasil peneliitan  pendidikan anak usia dini  untuk  meningkatkan  kepedulian pada masyarakat.

6.

Mengembangkan peta jalan penelitian dengan pendekatan interdisiplin

7.

Mengembangkan peta jalan penelitian dengan pendekatanmultidisiplin.

8.

Mengembangkan peta jalan penelitian dengan pendekatan transdisiplin.

9.

Mampu mengembangkan peta jalan penelitian yang lebih komprehensif.

10.

Menyusun konstelasi penelitian yang menggunakan pendekatan transdisiplin.

11.

Menerapkan  pengetahuan  dalam kawasan pada anak usia dini. Berdasarkan kaedah ilmiah.

12.

Terampil dalam  memecahkan masalah  penelitian.

13.

Terampil dalam  memecahkan masalah  penidikan dan pelatihan

14.

Mengembangkan pelatihan kurikulum dan program PAUD

15.

Mengembangkan program pelatihan  PAUD

16.

Mengembangkan berbagai program pembelajaran

 

 

 

 

 

 

Pert.

Sub CPMK

Materi

Indikator

Kegiatan Pembelajaran

(Metode)

Alokasi Waktu

Sumber

dan Media

Tagihan/

Penilaian

1

Mengidentifikasi  penelitian  yang terkini, termaju dengan   memberikan kemaslahatan pada ummat.

Identifikasi penelitian

Mengidentifikasi  penelitian  yang terkini, termaju dengan   memberikan kemaslahatan pada ummat.

Yang dilakukan Mahasiswa:

Mendiskusikan paradigma dan epistimologi penelitian pendidikan

 

Yang dilakukan Dosen:

Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa

510 menit

Media:

e-learning

 

PPT

 

Buku-

1 sd 8

Observasi dan aktifitas

2

Mengidentifikasi  penelitian  yang terkini, termaju dengan   memberikan kemaslahatan pada ummat.

Mengidentifikasi  penelitian 

Mengidentifikasi  penelitian  yang terkini, termaju dengan   memberikan kemaslahatan pada ummat.

Yang dilakukan Mahasiswa:

Mendiskusikan penelitian

 

Yang dilakukan Dosen:

Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa

510 menit

Media:

e-learning

 

PPT

 

Observasi, aktivitas

3-5

Memberikan solusi permasalahan pendidikan anak usia dini  secara interdisiplin.

solusi permasalahan

Memberikan solusi permasalahan pendidikan anak usia dini  secara interdisiplin.

Yang dilakukan Mahasiswa:

Mendiskusikan Design Kausal Komparatif

 

Presentasi analisis jurnal penelitian kausal komparatif

 

Yang dilakukan Dosen:

Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa

510 menit

Media:

e-learning

 

PPT

 

Observasi, Penugasan dan Tes Kinerja

Menghasilkan penelitian dalam  bidang PAUD dengan pendekatan  transdisiplin.

Menghasilkan penelitian dalam  bidang PAUD

Menghasilkan penelitian dalam  bidang PAUD dengan pendekatan  transdisiplin.

Yang dilakukan Mahasiswa:

Mendiskusikan penelitian korelasional (kuantitatif asosiatif)

 

Presentasi analisis jurnal penelitian korelasional (kuantitatif asosiatif)

 

Yang dilakukan Dosen:

Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa

510 menit

Media:

e-learning

 

PPT

 

Observasi, penugasan dan Tes Kinerja

6

Menyimpulkan hasil peneliitan  pendidikan anak usia dini .

·      Menghasilkan penelitian dalam  bidang PAUD

Menyimpulkan hasil peneliitan  pendidikan anak usia dini .

Yang dilakukan Mahasiswa:

Mendiskisuikan konsep dan karakteristik penelitian kualitatif.

 

Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa

510 menit

Media:

e-learning

 

PPT

 

Observasi, penugasan dan Tes Kinerja

7

Menyusun konstelasi penelitian yang menggunakan pendekatan transdisiplin.

konstelasi penelitian yang menggunakan pendekatan transdisiplin.

Menyusun konstelasi penelitian yang menggunakan pendekatan transdisiplin.

presentasi dan diskusi konsep penelitan evaluatif dan jenisnya.

 

Yang dilakukan Dosen:

Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa

510 menit

Media:

e-learning

 

PPT

 

Observasi, penugasan dan Tes Kinerja

8

UTS

 

 

 

 

 

 

9

Menerapkan  pengetahuan  dalam kawasan pada anak usia dini. Berdasarkan kaedah ilmiah.

 

pengetahuan  dalam kawasan pada anak usia dini. Berdasarkan kaedah ilmiah.

 

Menerapkan  pengetahuan  dalam kawasan pada anak usia dini. Berdasarkan kaedah ilmiah.

 

Yang dilakukan Mahasiswa:

Presntasi dan diskusi konsep penelitan tindakan dan designnya

 

Yang dilakukan Dosen:

Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa

510 menit

Media:

e-learning

 

PPT

 

Observasi, penugasan dan Tes Kinerja

10

Terampil dalam  memecahkan masalah  penelitian.

memecahkan masalah  penelitian.

Terampil dalam  memecahkan masalah  penelitian.

Yang dilakukan Mahasiswa:

Presentasi dan diskusi konsep penelitian metode campuran

 

Yang dilakukan Dosen:

Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa

510 menit

Media:

e-learning

 

Observasi, penugasan dan Tes Kinerja

11

Terampil dalam  memecahkan masalah  pelatihan.

memecahkan masalah  penelitian.

Terampil dalam  memecahkan masalah  pelatihan.

Yang dilakukan Mahasiswa:

Presentasi dan diskusi artikel-artikel yang telah dikaji mahasiswa sehingga diperoleh masalah

 

Yang dilakukan Dosen:

Memfasilitasi mahasiswa sehingga memperoleh masalah berdasarkan kajian artikel

510 menit

Media:

e-learning

 

PPT

 

Observasi, penugasan dan Tes Kinerja

12

 

 

·        

Yang dilakukan Mahasiswa:

Presentasi dan diskusi teknik pengambilan sampel

 

Yang dilakukan Dosen

Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa

510 menit

Media:

e-learning

 

PPT

 

Observasi, penugasan dan Tes Kinerja

13

 

 

 

Yang dilakukan Mahasiswa:

Langkah-langkah pengembangan instrumen, uji validasi dan menghitung reliabilitas instrumen

 

Yang dilakukan dosen:

Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa

510 menit

Media:

e-learning

 

PPT

 

Observasi, penugasan dan Tes Kinerja