- DESKRIPSI
Matakuliah ini membahas paradigma dan epistimologi penelitian, konsep penelitian kuantitatif dan kualitatif, jenis-jenis (ragam) penelitian, desain dan prosedur penelitian, pengembangan instrumen, teknik pengumpulan data, analisis dan interpretasi data hasil penelitianf, penulisan draf proposal dan laporan penenelitian, dan penulisan artikel.
- CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)
RANAH |
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN |
SIKAP
|
1.Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap |
2.Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika; |
|
3.Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; |
|
4.Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; |
|
5.Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; |
|
6.Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; |
|
7.Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; |
|
8.Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; |
|
9.Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan |
|
10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan |
|
KETERAMPILAN UMUM |
1. Mampu menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/gagasan ilmiah baru, memberikan kontribusi kepada pengembangan serta pengamalan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora dibidang keahliannya, dengan menghasilkan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis dan kreatif. |
2. Mampu menyusun penelitian interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin, termasuk kajian teoritis dan /atau eksperimen pada bidang keilmuan, teknologi, seni, dan inovasi yang dituangkan dalam bentuk disertasi, dan makalah yang telah diterbitkan dijurmal internasional bereputasi. |
|
3. Mampu memilih penelitian yang tepat guna, terkini, termaju, dan memberikan kemaslahatan pada umat manusia melalui pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin, dalam rangka mengembangkan dan/atau menghasilkan penyelesaian masalah di bidang keilmuan, teknologi, seni, atau kemasyarakatan, berdasarkan hasil kajian tentang ketersediaan sumberdaya internal maupun eksternal; |
|
4. Mampu mengembangkan peta jalan penelitian dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin, berdasarkan kajian tentang sasaran pokok penelitian dan konstelasinya pada sasaran yang lebih luas; |
|
|
|
PENGETAHUAN
|
1. Menerapkan pengetahuan dan keterampilan dalam kawasan pendidikan anak usia dini untuk memecahkan masalah dan jawaban melalui kegiatan penelitian, pendidikan dan pelatihan, dan pengembangan pengetahuan berdasarkan kaidah ilmiah. |
2. Mengkaji ragam analisis penelitian mencakup: kuantitatif dan kualitatif maupun campuran dalam rangka mengembangkan inovasi PAUD. |
|
3. Menciptakan inovasi penelitian PUD melalui pendekatan inter, multi dan transdisiplin.
|
- CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH
CPMK |
SUB-CPMK |
1. Menganalisis paradigma dan epistimologi penelitian pendidikan |
Menganalisis paradigm dan epistimologi penelitian pendidikan |
2. Menganalisis jenis –jenis penelitian eksperimen pendidikan
|
Menganalisis penelitian eksperimen |
Menganalisis penelitian noneksperimen: Design Kausal Komparatif |
|
Menganalisis penelitian noneksperimen: Design Korelasional |
|
Menganalisis konsep penelitian kualitatif |
|
Menganalisis konsep penelitian evaluatif |
|
Menganalisis penelitian tindakan |
|
Menganalisis penelitian metode campuran |
|
3. Memilih teknik pengambilan sampel sesuai jenis penelitian |
Menganalisis teknik pengampilan sampel penelitian |
Memilih teknik pengambilan sampel sesuai jenis penelitian |
|
4. Mengembangkan instrumen penelitian |
Mengembangkan instrumen penelitian |
5. Menganalisis teknik pengumpulan data dan teknik analisis data |
Menganalisis teknik pengumpulan data |
Menganilisis teknik analisis data statistika yang tepat |
|
6. Menghasilkan draf proposal penelitian |
Menganalisis tesis, disertasi dan artikel sesuai dengan jenis penelitian |
Menghasilkan draf proposal penelitian |
|
1. Pra penelitian dan laporan pra penelitian |
|
2. Penyusunan artikel dan submit |
|
- MATERI (BAHAN KAJIAN)
POKOK MATERI |
SUB POKOK MATERI |
1. Paradigma Penelitian |
1. Paradigma dan epistimologi penelitian pendidikan |
2. Jenis-jenis Penelitian |
3. Penelitian eksperimen |
4. Penelitian non eksperimen: Design Kausal Komparatif |
|
5. Penelitian non ekdperimen: Design Korelasional |
|
6. Penelitian kualitatif |
|
7. Penelitian Evaluatif |
|
8. Penelitian tindakan |
|
9. Penelitian dengan metode campuran (R&D) |
|
3. Teknik Pengambilan Sampel |
10. Teknik pengambilan sampel sesuai jenis penelitian |
4. Pengembangan Instrumen |
11. Instrumen penelitian yang valid |
· Teknik Pengumpulan Data |
12. Teknik pengumpulan data |
· Teknik Analisis Data |
13. Teknik data dan interpretasinya |
14. Temuan penelitian |
|
· Laporan Penelitian |
15. Analisis Artikel |
16. Poposal penelitian |
|
|
17. Submit artikel ke jurnal |
- KEGIATAN PEMBELAJARAN (METODE)
Pembelajaran dilaksanakan melalui dua pendekatan utama yaitu direct teaching dan indirect teaching.
1. Direct teaching: dosen menjelaskan dan atau mempresentasikan materi, baik penyajian materi yang dirancang secara khusus oleh dosen maupun berupa penjelasan atau komentar terhadap pemaparan mahasiswa.
2. Indirect teaching: mahasiswa secara mandiri melakukan eksplorasi, penemuan dan pengkajian terhadap konsep-konsep atau materi yang telah ditetapkan. Bentuknya berupa latihan soal, pemaparan makalah yang berkaitan dengan materi evaluasi pembelajaran menggunakan teknik penilaian kinerja, penugasan, portofolio, projek.
- TUGAS (TAGIHAN)
Tugas terbagi menjadi 2 bagian yaitu tugas individu dan tugas kelompok
- Tugas Kelompok
Tugas 1 :
Menyusun makalah, power point dan presentasi tentang penelitian noneksperimen: Design Kausal Komparatif,
Menganalisis tiga penelitian (tesis atau disertasi) yang menggunakan Design Kausal Komparatif
Tugas 2 :
Menyusun makalah, power point dan presentasi tentang penelitian noneksperimen: Design Korelasional
Menganalisis tiga penelitian (tesis atau disertasi)yang menggunakan Design Korelasional
Tugas 3 :
Menyusun makalah, power point dan presentasi tentang penelitian kualitatif
Menganalisis tiga penelitian (tesis atau disertasi)yang menggunakan penelitian kualitatif
Tugas 4 :
Menyusun makalah, power point dan presentasi tentang penelitian Evaluatif
Menganalisis tiga penelitian (tesis atau disertasi)yang menggunakan penelitian Evaluatif
Tugas 5 :
Menyusun makalah, power point dan presentasi tentang penelitian tindakan
Menganalisis tiga penelitian (tesis atau disertasi)yang menggunakan penelitian tindakan
Tugas 6 :
Menyusun makalah, power point dan presentasi tentang penelitian metode campuran
Menganalisis tiga penelitian (tesis atau disertasi)yang menggunakan metode campuran
Tugas 7 :
Menyusun makalah, power point dan presentasi tentang teknik pengambilan sampel sesuai jenis penelitian
Tugas 8 :
Menyusun makalah, power point dan presentasi tentang pengumpulan data dan teknik analisis data
- Tugas Individu
(a) Tugas 9 : Menemukan masalah melalui pengkajian artikel
(b) Tugas 10 : Menyusun draf proposal penelitian dan pra penelitian
(c) Tugas : Penyusunan artikel dan submit
- PENILAIAN
- Metode:
Ttes kinerja, dan penugasan.
- Instrumen
instrumen penilaian kinerja, instrumen penugasan dalam bentuk rubric penilaian.
- Komponen dan proporsi penilaian
Tugas Kelompok ..................................... 30 %
Tugas Mandiri
Pengkajian Artikel ..................................... 30 %
Proposal ..................................... 40 %
- Kriteria penilain/kelulusan
Mahasiswa dikategorikan lulus matakuliah Metodologi Penelitian apabila memiliki nilai akhir minimal mencapai B.
Rentang penilaian sebagai berikut:
SKOR |
NILAI |
≥ 86 |
A |
81 £ X < 86 |
A- |
76 £ X < 81 |
B+ |
71 £ X < 76 |
B |
66 £ X < 71 |
B- |
61 £ X < 66 |
C+ |
56 £ X < 61 |
C |
51 £ X < 56 |
C- |
46 £ X < 51 |
D |
< 46 |
E |
- PERATURAN (TATA TERTIB)
1. Hadir dalam perkuliahan tatap muka minimal 80% dari jumlah pertemuan ideal (lihat aturan akademik universitas).
2. Setiap mahasiswa harus aktif dan partisipasi aktif dalam perkuliahan.
3. Hadir di kelas tepat waktu sesuai dengan waktu yang ditetapkan/disepakati.
4. Toleransi keterlambatan adalah 30 menit.
5. Ada pemberitahuan jika tidak hadir dalam perkuliahan tatap muka.
6. Selama perkuliahan berlangsung, Handphone dalam posisi off atau silent.
7. Meminta izin (dengan cara mengangkat tangan) jika ingin berbicara, bertanya, menjawab, meninggalkan kelas atau keperluan lain.
8. Saling menghargai dan tidak membuat kegaduhan/gangguan/ kerusakan dalam kelas.
9. Tidak boleh ada plagiat dan bentuk-bentuk pelanggaran norma lainnya.
- SUMBER (REFERENSI)
1. Creswell, John W. (2007). Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing Among Five Approaches. Second Edition. Thousand Oaks, California, Sage Publication.
2. Creswell, John W. (2008). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. Third Edition. Upper Saddle L.R. Gay., GeoffreyRiver, New Jersey: Pearson Education.
3. Creswell, John W. (2012). Educational Researc:. Planning, Conducting And Evaluating Quantitativ And Qualitative Research. New York: Pearson Merrill Prentice Hall.
4. ______________. 2007. Designing and Conducting Mixed Methods research. California: Sage Publications.
5. Fraenkel, Jack R. How to Design and Evalud Research and Education. New York: McGraw Hill, 2009
6. Gay, L. R., Geoffrey E. Mills, Peter Airasian. (2009). Educational Research: Competencies for Analysis and Aplications. New Jersey: Pearson Education.
7. Kerlinger, Fred Nichols and Howard Bing Lee. (2000). Foundation of Behavioral Research. New York: Harcout College Publishers.
8. Willis, Jerry W. 2007. Foundations of Qualitative Research: Interpretive and Critical Approaches. London: Sage Publications.
SATUAN ACARA PERKULIAHAN Mahasiswa mampu: 1.
Menganalisis paradigma dan epistimologi penelitian pendidikan 2.
Menganalisis jenis –jenis penelitian eksperimen
pendidikan 3.
Memilih teknik pengambilan sampel sesuai
jenis penelitian 4.
Mengembangkan Instrumen penelitian yang
valid dan reliabel 5.
Menganalisis teknik pengumpulan data 6.
Menganalisis data dan interpretasinya
hasil analisis data 7.
Menghasilkan draf proposal penelitian 8.
Menghasilkan
laporan pra penelitian 9.
Menghasilkan
artikel Pert. Sub
CPMK Materi Indikator Kegiatan Pembelajaran (Metode) Alokasi Waktu Sumber dan Media Tagihan/ Penilaian 1 Menganalisis paradigma dan
epistimologi penelitian pendidikan Paradigma dan Epistemologi Penelitian : · Postpositivisme Dan post-positivisme · Konstruktivisme · Postmodernisme Penelitian kuantitatif, kualitatif dan campuran Menganalisis paradigma dan epistimologi penelitian pendidikan · Membedakan issue epistimologi penelitian pendidikan · Mengidentifikasi asumsi Postpositivisme dan post-positivisme dan Konstruktivisme · Membandingkan pendekatan kuantitatif, dan
kualitatif Yang dilakukan Mahasiswa: Mendiskusikan paradigma dan epistimologi penelitian pendidikan Yang dilakukan Dosen: Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa 510
menit Media: e-learning PPT Buku- 1 sd 8 Observasi dan aktifitas 2 Menganalisis
penelitian eksperimen Penelitian eksperimen ·
Variabel penelitian ·
Definisi konseptual dan definisi operasional ·
Validasi internal dan eksternal
eksperimen ·
Design penelitian Menganalisis penelitian eksperimen ·
Menganalisis
konsep penelitian eksperimen ·
Membedakan
variabel penelitian ·
Menyusun
definisi konseptual dan operasional ·
Menganalisis
masalah dan variabel penelitian eksperiemen dari artikel ·
Menemukan
permasalahan dan variabel penelitian dari
artikel ·
Menerapkan
design penelitian yang sesuai dengan permasalahan penelitian ·
Menerapkan
validasi internal dan eksternal penelitian sesuai dengan permasalahan Yang dilakukan Mahasiswa: Mendiskusikan penelitian Yang dilakukan Dosen: Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa 510
menit Media: e-learning PPT Observasi, aktivitas 3 Menganalisis
penelitian noneksperimen: Design Kausal Komparatif Penelitian noneksperimen: Design Kausal Komparatif Menganalisis penelitian noneksperimen: Design
Kausal Komparatif Yang dilakukan Mahasiswa: Mendiskusikan Design Kausal
Komparatif Presentasi
analisis jurnal penelitian kausal komparatif Yang dilakukan Dosen: Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa 510
menit Media: e-learning PPT Observasi, Penugasan dan Tes Kinerja Menganalisis penelitian noneksperimen: Design
Korelasional Penelitian noneksperimen: Design Korelasional Menganalisis penelitian noneksperimen: Design
Korelasional · Menganalisis konsep korelasional
(kuantitatif asosiatif) · Menganalisis artikel penelitian kuantitatif
asosiatif Yang dilakukan Mahasiswa: Mendiskusikan penelitian
korelasional (kuantitatif asosiatif) Presentasi
analisis jurnal penelitian korelasional (kuantitatif asosiatif) Yang dilakukan Dosen: Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa 510
menit Media: e-learning PPT Observasi, penugasan dan Tes Kinerja 4 Menganalisis konsep penelitian kualitatif · Konsep penelitian kualtatif · Jenis-jenis dan desain penelitian kualitatif dalam pendidikan (phenomenology
, ethnography, grounded theory, dan
case study). · Validasi data penelitian Menganalisis konsep penelitian kualitatif ·
Menganalisis
konsep penelitian kualitatif ·
Membedakan
jenis-jenis penelitian kualitatif
dalam pendidikan (phenomenology, ethnography, grounded
theory case study) · Menjelaskan
validasi data penelitian kualitatif Yang dilakukan Mahasiswa: Mendiskisuikan konsep dan karakteristik penelitian kualitatif. Menjelaskan dan
memfasilatasi diskusi mahasiswa 510
menit Media: e-learning PPT Observasi, penugasan dan Tes Kinerja 5 Menganalisis konsep penelitian evaluatif · Konsep penelitian evaluatif · Jenis-jenis dan desain penelitian evaluatif
(CIPP, Model Stake Countenance, Model Kirkpatrick) Menganalisis
konsep penelitian evaluatif ·
Menganalisis
konsep evaluatif · Membedakan model penelitian evaluatif (CIPP, Model Stake Countenance, Model Kirkpatrick) presentasi dan diskusi
konsep penelitan evaluatif dan jenisnya. Yang dilakukan Dosen: Menjelaskan dan
memfasilatasi diskusi mahasiswa 510
menit Media: e-learning PPT Observasi, penugasan dan Tes Kinerja 6 Menganalisis penelitian tindakan · Konsep penelitian tindakan · Design penelitian tindakan · Validasi data Penelitian Menganalisis penelitian tindakan · Menganalisis konsep penelitian tindakan · Membandingkan beberapa Design penelitian tindakan · Mengidentifikasi masalah. · Merumuskan masalah dan pertanyaan penelitian · Menerapkan tahapan penelitian tindakan sesuai
dengan masalah penelitian · Menganalisis validasi data penelitian tindakan Yang dilakukan Mahasiswa: Presntasi dan diskusi
konsep penelitan tindakan dan designnya Yang dilakukan Dosen: Menjelaskan dan
memfasilatasi diskusi mahasiswa 510
menit Media: e-learning PPT Observasi, penugasan dan Tes Kinerja 7 Menganalisis penelitian metode campuran ·
Konsep penelitian metode campuran ·
Jenis penelitian metode campuran Menganalisis penelitian metode campuran ·
Menganalisis
konsep penelitian
metode campuran · Membandingkan Jenis
penelitian metode campuran Yang dilakukan Mahasiswa: Presentasi dan diskusi
konsep penelitian
metode campuran Yang dilakukan Dosen: Menjelaskan dan
memfasilatasi diskusi mahasiswa 510
menit Media: e-learning Observasi, penugasan dan Tes Kinerja 8-10 Menganalisis tesis, disertasi dan artikel sesuai
dengan jenis penelitian Pengkajian Artikel Menemukan masalah dengan pengkajian artikel Yang dilakukan Mahasiswa: Presentasi dan diskusi
artikel-artikel yang telah dikaji mahasiswa sehingga diperoleh masalah Yang dilakukan Dosen: Memfasilitasi mahasiswa sehingga memperoleh masalah
berdasarkan kajian artikel 510
menit Media: e-learning PPT Observasi, penugasan dan Tes Kinerja 11 Memilih teknik pengambilan
sampel sesuai jenis penelitian Teknik Pengambilan sampel ·
Menganalisis teknik pengampilan sampel
penelitian · Memilih
teknik pengambilan sampel sesuai jenis penelitian Yang dilakukan Mahasiswa: Presentasi dan diskusi
teknik pengambilan sampel Yang dilakukan Dosen Menjelaskan dan
memfasilatasi diskusi mahasiswa 510
menit Media: e-learning PPT Observasi, penugasan dan Tes Kinerja 12 Mengembangkan instrumen penelitian Pengembangan instrumen non tes Pengembanagan instrumen tes Mengembangan
Instrumen penelitian Yang dilakukan Mahasiswa: Langkah-langkah
pengembangan instrumen, uji validasi dan menghitung reliabilitas instrumen Yang dilakukan dosen: Menjelaskan dan
memfasilatasi diskusi mahasiswa 510
menit Media: e-learning PPT Observasi, penugasan dan Tes Kinerja 13 Menganalisis teknik
pengumpulan data Teknik Pengumpulan Data Dan Analisis Data Menganilisis teknik
pengumpulan data dan analisis data. · Menganilisis teknik pengumpulan data yang tepat · Menganilisis teknik analisis data statistika yang
tepat Yang dilakukan Mahasiswa: Presentasi dan diskusi
teknik pengumpulan data dan analisis data Yang dilakukan Dosen: Menjelaskan dan
memfasilatasi diskusi mahasiswa 510
menit Media: e-learning PPT Observasi, penugasan dan Tes Kinerja 14 Menganilisis teknik
analisis data statistika yang tepat Menggunakaan analisis data sesuai dengan desain
penelitian yang digunakan dalam penelitian eksperimen Yang dilakukan Mahasiswa: Presentasi teknik
analisis data statistika Yang dilakukan Dosen: Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa 510
menit Media: e-learning PPT Observasi, penugasan dan Tes Kinerja 15 Menghasilkan draf proposal penelitian Draf proposal penelitian Menghasilkan draf proposal Yang dilakukan Mahasiswa: Presentasi proposal
penelitian Yang dilakukan Dosen: Memfasilitasi mahasiswa sehingga
menghasilkan proposal pebelitian dengan kualitas yang baik 1020 menit Media: e-learning PPT Observasi, penugasan dan Tes Kinerja 16 Menghasilkan
laporan prapenelitian dan artikel Draft Laporan
hasil prapenelitian dan artikel Menghasilkan
artikel Yang dilakukan Mahasiswa: Presentasi hasil laporan pra penelitian Yang dilakukan Dosen: Memfasilitasi mahasiswa sehingga
menghasilkan laporan pra penelitian dan artikel dengan kualitas yang baik