1. DESKRIPSI

Matakuliah ini membahas paradigma dan epistimologi penelitian, konsep penelitian kuantitatif dan kualitatif, jenis-jenis (ragam) penelitian, desain dan prosedur penelitian, pengembangan instrumen, teknik pengumpulan data, analisis dan interpretasi data hasil penelitianf, penulisan draf proposal dan laporan penenelitian, dan penulisan artikel.

 

  1. CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)

RANAH

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN

SIKAP

 

1.Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap

2.Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;

3.Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

4.Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;

5.Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

6.Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

7.Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

8.Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

9.Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan

10.         Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan

KETERAMPILAN UMUM

1.    Mampu menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/gagasan ilmiah baru, memberikan kontribusi kepada pengembangan serta pengamalan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi yang memperhatikan  dan menerapkan  nilai humaniora dibidang keahliannya, dengan menghasilkan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis dan kreatif.

2.    Mampu menyusun penelitian interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin, termasuk  kajian teoritis dan /atau eksperimen pada bidang keilmuan, teknologi, seni, dan inovasi yang dituangkan dalam bentuk disertasi, dan makalah yang telah diterbitkan dijurmal internasional bereputasi.

3.    Mampu memilih penelitian yang tepat guna, terkini, termaju, dan memberikan kemaslahatan pada umat manusia melalui pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin, dalam rangka mengembangkan dan/atau menghasilkan penyelesaian masalah di bidang keilmuan, teknologi, seni, atau kemasyarakatan, berdasarkan hasil kajian tentang ketersediaan sumberdaya internal maupun eksternal;

4.    Mampu mengembangkan peta jalan penelitian dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin, berdasarkan kajian tentang sasaran pokok penelitian dan konstelasinya pada sasaran yang lebih luas;

 

PENGETAHUAN

 

1.    Menerapkan pengetahuan dan keterampilan dalam kawasan pendidikan anak usia dini untuk memecahkan masalah dan jawaban melalui kegiatan penelitian, pendidikan dan pelatihan, dan pengembangan pengetahuan berdasarkan kaidah ilmiah.

2.    Mengkaji ragam analisis penelitian  mencakup: kuantitatif dan kualitatif maupun campuran dalam rangka mengembangkan inovasi PAUD.

3.    Menciptakan inovasi  penelitian PUD  melalui   pendekatan inter, multi dan transdisiplin.

 

 

 

 

 

  1. CAPAIAN PEMBELAJARAN  MATA KULIAH

CPMK

SUB-CPMK

1.  Menganalisis paradigma dan epistimologi penelitian pendidikan

Menganalisis paradigm dan epistimologi penelitian pendidikan

2.  Menganalisis jenis –jenis penelitian eksperimen pendidikan

 

Menganalisis penelitian eksperimen

Menganalisis penelitian noneksperimen: Design Kausal Komparatif

Menganalisis penelitian noneksperimen: Design Korelasional

Menganalisis konsep penelitian kualitatif

Menganalisis konsep penelitian evaluatif

Menganalisis penelitian  tindakan

Menganalisis penelitian metode campuran

3.  Memilih teknik pengambilan sampel sesuai jenis penelitian

Menganalisis teknik pengampilan sampel penelitian

Memilih teknik pengambilan sampel sesuai jenis penelitian

4. Mengembangkan instrumen penelitian

Mengembangkan instrumen penelitian

5.  Menganalisis teknik pengumpulan data dan teknik analisis data

Menganalisis teknik pengumpulan data

Menganilisis teknik analisis data statistika yang tepat

6.  Menghasilkan draf proposal penelitian

Menganalisis tesis, disertasi dan artikel sesuai dengan jenis penelitian

Menghasilkan draf proposal penelitian

1.    Pra penelitian dan laporan pra penelitian

 

2.    Penyusunan artikel dan submit

 

 

 

  1. MATERI (BAHAN KAJIAN)

POKOK MATERI

SUB

POKOK MATERI

1.  Paradigma Penelitian

1.        Paradigma dan epistimologi penelitian pendidikan

2.  Jenis-jenis Penelitian

3.        Penelitian eksperimen

4.        Penelitian non eksperimen: Design Kausal Komparatif

5.        Penelitian non ekdperimen: Design Korelasional

6.        Penelitian kualitatif

7.        Penelitian Evaluatif

8.        Penelitian tindakan

9.        Penelitian dengan metode campuran (R&D)

3. Teknik Pengambilan Sampel

10.      Teknik pengambilan sampel sesuai jenis penelitian

4. Pengembangan Instrumen

11.      Instrumen penelitian yang valid

·     Teknik Pengumpulan Data

12.      Teknik pengumpulan data

·        Teknik Analisis Data

13.      Teknik data dan interpretasinya

14.      Temuan penelitian

·     Laporan Penelitian

15.      Analisis Artikel

16.      Poposal penelitian

  • Artikel

17.      Submit artikel ke jurnal

 

 

 

  1. KEGIATAN PEMBELAJARAN (METODE)

 Pembelajaran dilaksanakan melalui dua pendekatan utama yaitu direct teaching dan indirect teaching.

1.  Direct teaching: dosen menjelaskan dan atau mempresentasikan materi, baik penyajian materi yang dirancang secara khusus oleh dosen maupun berupa penjelasan atau komentar terhadap pemaparan mahasiswa.

2.  Indirect teaching: mahasiswa secara mandiri melakukan eksplorasi, penemuan dan pengkajian terhadap konsep-konsep atau materi yang telah ditetapkan. Bentuknya berupa latihan soal, pemaparan makalah yang berkaitan dengan materi evaluasi pembelajaran menggunakan teknik penilaian kinerja, penugasan, portofolio, projek.

 

  1. TUGAS (TAGIHAN)

Tugas terbagi menjadi 2 bagian yaitu tugas individu dan tugas kelompok

  1. Tugas Kelompok

Tugas 1 :

Menyusun makalah, power point dan presentasi tentang penelitian noneksperimen: Design Kausal Komparatif,

Menganalisis tiga penelitian (tesis atau disertasi) yang menggunakan Design Kausal Komparatif

Tugas 2 :

Menyusun makalah, power point dan presentasi tentang penelitian noneksperimen: Design Korelasional

Menganalisis tiga penelitian (tesis atau disertasi)yang menggunakan Design Korelasional

Tugas 3 :

Menyusun makalah, power point dan presentasi tentang penelitian kualitatif

Menganalisis tiga penelitian (tesis atau disertasi)yang menggunakan penelitian kualitatif

Tugas 4 :

Menyusun makalah, power point dan presentasi tentang penelitian Evaluatif

Menganalisis tiga penelitian (tesis atau disertasi)yang menggunakan penelitian Evaluatif

Tugas 5 :

Menyusun makalah, power point dan presentasi tentang penelitian tindakan

Menganalisis tiga penelitian (tesis atau disertasi)yang menggunakan penelitian tindakan

Tugas 6 :

Menyusun makalah, power point dan presentasi tentang  penelitian metode campuran

Menganalisis tiga penelitian (tesis atau disertasi)yang menggunakan metode campuran

Tugas 7 :

Menyusun makalah, power point dan presentasi tentang teknik pengambilan sampel sesuai jenis penelitian

Tugas 8 :

Menyusun makalah, power point dan presentasi tentang pengumpulan data dan teknik analisis data

 

 

  1. Tugas Individu

(a)        Tugas 9 : Menemukan masalah melalui pengkajian artikel

(b)       Tugas 10 : Menyusun draf proposal penelitian dan pra penelitian

(c)        Tugas   : Penyusunan artikel dan submit

 

 

  1. PENILAIAN
  1. Metode:

Ttes kinerja,  dan penugasan.

  1. Instrumen

instrumen penilaian kinerja, instrumen penugasan dalam bentuk rubric penilaian.

  1. Komponen dan proporsi penilaian

Tugas Kelompok         .....................................  30 %

Tugas Mandiri              

Pengkajian Artikel       .....................................  30 %

Proposal                      .....................................  40 %

  1. Kriteria penilain/kelulusan

Mahasiswa dikategorikan lulus matakuliah Metodologi Penelitian  apabila memiliki nilai akhir minimal mencapai B.

Rentang penilaian sebagai berikut:

SKOR

NILAI

≥  86

A

81 £  X < 86

A-

76 £  X < 81

B+

71 £  X < 76

B

66 £  X < 71

B-

61 £  X < 66

C+

56 £  X < 61

C

51 £  X < 56

C-

46 £  X < 51

D

< 46

E

 

 

  1. PERATURAN (TATA TERTIB)

1.    Hadir dalam perkuliahan tatap muka minimal 80% dari jumlah pertemuan ideal (lihat aturan akademik universitas).

2.    Setiap mahasiswa harus aktif dan partisipasi aktif dalam perkuliahan.

3.    Hadir di kelas tepat waktu sesuai dengan waktu yang ditetapkan/disepakati.

4.    Toleransi keterlambatan adalah 30 menit.

5.    Ada pemberitahuan jika tidak hadir dalam perkuliahan tatap muka.

6.    Selama perkuliahan berlangsung, Handphone dalam posisi off atau silent.

7.    Meminta izin (dengan cara mengangkat tangan) jika ingin berbicara, bertanya, menjawab, meninggalkan kelas atau keperluan lain.

8.    Saling menghargai dan tidak membuat kegaduhan/gangguan/ kerusakan dalam kelas.

9.    Tidak boleh ada plagiat dan bentuk-bentuk pelanggaran norma lainnya.

 

 

 

  1. SUMBER (REFERENSI)

1.    Creswell, John W. (2007). Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing Among Five Approaches. Second Edition. Thousand Oaks, California, Sage Publication.

2.     Creswell, John W. (2008). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. Third Edition. Upper Saddle L.R. Gay., GeoffreyRiver, New Jersey: Pearson Education.

3.    Creswell, John W. (2012). Educational Researc:. Planning, Conducting And Evaluating Quantitativ And Qualitative Research. New York: Pearson Merrill Prentice Hall.

4.    ______________. 2007. Designing and Conducting Mixed Methods research. California: Sage Publications.

5.   Fraenkel, Jack R. How to Design and Evalud Research and Education. New York: McGraw Hill, 2009

6.    Gay, L. R., Geoffrey E. Mills, Peter Airasian. (2009). Educational Research: Competencies for Analysis and Aplications.  New Jersey: Pearson Education.

7.    Kerlinger, Fred Nichols and Howard Bing Lee. (2000). Foundation of Behavioral Research. New York: Harcout College Publishers.

8.    Willis, Jerry W. 2007. Foundations of Qualitative Research: Interpretive and Critical Approaches. London: Sage Publications.

 

SATUAN ACARA PERKULIAHAN

  1. CAPAIAN PEMBELAJARAN  MATA KULIAH

Mahasiswa mampu:

1.    Menganalisis paradigma dan epistimologi penelitian pendidikan

2.    Menganalisis jenis –jenis penelitian eksperimen pendidikan

3.    Memilih teknik pengambilan sampel sesuai jenis penelitian

4.    Mengembangkan Instrumen penelitian yang valid  dan reliabel

5.    Menganalisis teknik pengumpulan data

6.    Menganalisis data dan interpretasinya hasil analisis data

7.    Menghasilkan draf proposal penelitian

8.    Menghasilkan laporan pra penelitian

9.    Menghasilkan artikel

 

Pert.

Sub CPMK

Materi

Indikator

Kegiatan Pembelajaran

(Metode)

Alokasi Waktu

Sumber

dan Media

Tagihan/

Penilaian

1

Menganalisis paradigma dan epistimologi penelitian pendidikan

Paradigma dan Epistemologi Penelitian :

·    Postpositivisme

Dan post-positivisme

·    Konstruktivisme

·    Postmodernisme

 

 

Penelitian kuantitatif, kualitatif dan campuran

 

 

Menganalisis paradigma dan epistimologi penelitian pendidikan

·    Membedakan issue epistimologi penelitian pendidikan

·    Mengidentifikasi asumsi Postpositivisme

dan post-positivisme dan Konstruktivisme

·    Membandingkan pendekatan kuantitatif, dan kualitatif

Yang dilakukan Mahasiswa:

Mendiskusikan paradigma dan epistimologi penelitian pendidikan

 

Yang dilakukan Dosen:

Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa

510 menit

Media:

e-learning

 

PPT

 

Buku-

1 sd 8

Observasi dan aktifitas

2

Menganalisis penelitian eksperimen

Penelitian eksperimen

·      Variabel penelitian

·      Definisi konseptual

dan definisi operasional

·      Validasi internal dan eksternal eksperimen

·      Design penelitian

Menganalisis penelitian eksperimen

·       Menganalisis konsep penelitian eksperimen

·       Membedakan variabel penelitian

·       Menyusun definisi konseptual dan operasional

·       Menganalisis masalah dan variabel penelitian eksperiemen dari artikel

·       Menemukan permasalahan dan variabel  penelitian dari artikel

·       Menerapkan design penelitian yang sesuai dengan permasalahan penelitian

·       Menerapkan validasi internal dan eksternal penelitian sesuai dengan permasalahan

 

Yang dilakukan Mahasiswa:

Mendiskusikan penelitian

 

Yang dilakukan Dosen:

Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa

510 menit

Media:

e-learning

 

PPT

 

Observasi, aktivitas

3

Menganalisis penelitian noneksperimen: Design Kausal Komparatif

Penelitian noneksperimen: Design Kausal Komparatif

Menganalisis penelitian noneksperimen: Design Kausal Komparatif

Yang dilakukan Mahasiswa:

Mendiskusikan Design Kausal Komparatif

 

Presentasi analisis jurnal penelitian kausal komparatif

 

Yang dilakukan Dosen:

Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa

510 menit

Media:

e-learning

 

PPT

 

Observasi, Penugasan dan Tes Kinerja

Menganalisis penelitian noneksperimen: Design Korelasional

Penelitian noneksperimen: Design Korelasional

Menganalisis penelitian noneksperimen: Design Korelasional

·   Menganalisis konsep korelasional (kuantitatif asosiatif)

·   Menganalisis artikel penelitian kuantitatif asosiatif

 

 

Yang dilakukan Mahasiswa:

Mendiskusikan penelitian korelasional (kuantitatif asosiatif)

 

Presentasi analisis jurnal penelitian korelasional (kuantitatif asosiatif)

 

Yang dilakukan Dosen:

Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa

510 menit

Media:

e-learning

 

PPT

 

Observasi, penugasan dan Tes Kinerja

4

Menganalisis konsep penelitian kualitatif

·      Konsep penelitian kualtatif

·      Jenis-jenis dan desain penelitian kualitatif dalam pendidikan (phenomenology , ethnography, grounded theory, dan case study).

·      Validasi data penelitian

Menganalisis konsep penelitian kualitatif

·       Menganalisis konsep penelitian kualitatif

·       Membedakan jenis-jenis penelitian kualitatif  dalam pendidikan (phenomenology, ethnography,

grounded theory

case study)

·    Menjelaskan validasi data penelitian kualitatif

 

 

Yang dilakukan Mahasiswa:

Mendiskisuikan konsep dan karakteristik penelitian kualitatif.

 

Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa

510 menit

Media:

e-learning

 

PPT

 

Observasi, penugasan dan Tes Kinerja

5

Menganalisis konsep penelitian evaluatif

·      Konsep penelitian evaluatif

·      Jenis-jenis dan desain penelitian evaluatif (CIPP, Model Stake Countenance, 

Model Kirkpatrick)

Menganalisis konsep penelitian evaluatif

·    Menganalisis konsep evaluatif

·    Membedakan model  penelitian evaluatif (CIPP, Model Stake Countenance, 

Model Kirkpatrick)

presentasi dan diskusi konsep penelitan evaluatif dan jenisnya.

 

Yang dilakukan Dosen:

Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa

510 menit

Media:

e-learning

 

PPT

 

Observasi, penugasan dan Tes Kinerja

6

Menganalisis penelitian  tindakan

·      Konsep penelitian tindakan

·      Design penelitian tindakan

·      Validasi data Penelitian

 

Menganalisis penelitian  tindakan

·      Menganalisis konsep penelitian tindakan

·      Membandingkan beberapa Design penelitian tindakan

·      Mengidentifikasi masalah.

·      Merumuskan masalah dan pertanyaan penelitian

·      Menerapkan tahapan penelitian tindakan sesuai dengan masalah penelitian

·      Menganalisis validasi data penelitian tindakan

Yang dilakukan Mahasiswa:

Presntasi dan diskusi konsep penelitan tindakan dan designnya

 

Yang dilakukan Dosen:

Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa

510 menit

Media:

e-learning

 

PPT

 

Observasi, penugasan dan Tes Kinerja

7

Menganalisis penelitian metode campuran

·      Konsep penelitian metode campuran

·      Jenis penelitian metode campuran

Menganalisis penelitian metode campuran

·      Menganalisis konsep penelitian metode campuran

·      Membandingkan Jenis penelitian metode campuran

 

Yang dilakukan Mahasiswa:

Presentasi dan diskusi konsep penelitian metode campuran

 

Yang dilakukan Dosen:

Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa

510 menit

Media:

e-learning

 

Observasi, penugasan dan Tes Kinerja

8-10

Menganalisis tesis, disertasi dan artikel sesuai dengan jenis penelitian

Pengkajian Artikel

Menemukan masalah dengan pengkajian artikel

 

Yang dilakukan Mahasiswa:

Presentasi dan diskusi artikel-artikel yang telah dikaji mahasiswa sehingga diperoleh masalah

 

Yang dilakukan Dosen:

Memfasilitasi mahasiswa sehingga memperoleh masalah berdasarkan kajian artikel

510 menit

Media:

e-learning

 

PPT

 

Observasi, penugasan dan Tes Kinerja

11

Memilih teknik pengambilan sampel sesuai jenis penelitian

Teknik Pengambilan sampel

·         Menganalisis teknik pengampilan sampel penelitian

 

·       Memilih teknik pengambilan sampel sesuai jenis penelitian

Yang dilakukan Mahasiswa:

Presentasi dan diskusi teknik pengambilan sampel

 

Yang dilakukan Dosen

Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa

510 menit

Media:

e-learning

 

PPT

 

Observasi, penugasan dan Tes Kinerja

12

Mengembangkan instrumen penelitian

Pengembangan instrumen non tes

 

Pengembanagan instrumen tes

 

Mengembangan  Instrumen penelitian 

 

Yang dilakukan Mahasiswa:

Langkah-langkah pengembangan instrumen, uji validasi dan menghitung reliabilitas instrumen

 

Yang dilakukan dosen:

Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa

510 menit

Media:

e-learning

 

PPT

 

Observasi, penugasan dan Tes Kinerja

13

Menganalisis teknik pengumpulan data

Teknik Pengumpulan Data Dan Analisis Data

Menganilisis teknik pengumpulan data dan analisis data.

·    Menganilisis teknik pengumpulan data yang tepat

·    Menganilisis teknik analisis data statistika yang tepat

 

Yang dilakukan Mahasiswa:

Presentasi dan diskusi teknik pengumpulan data dan analisis data

 

Yang dilakukan Dosen:

Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa

510 menit

Media:

e-learning

 

PPT

 

Observasi, penugasan dan Tes Kinerja

14

Menganilisis teknik analisis data statistika yang tepat

 

Menggunakaan analisis data sesuai dengan desain penelitian yang digunakan dalam penelitian eksperimen

Yang dilakukan Mahasiswa:

Presentasi teknik analisis data statistika

 

Yang dilakukan Dosen:

Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa

510 menit

Media:

e-learning

 

PPT

 

Observasi, penugasan dan Tes Kinerja

15

Menghasilkan draf proposal penelitian

Draf proposal penelitian

Menghasilkan draf proposal

Yang dilakukan Mahasiswa:

Presentasi proposal penelitian

 

Yang dilakukan Dosen:

Memfasilitasi mahasiswa sehingga menghasilkan proposal pebelitian dengan kualitas yang baik

1020 menit

Media:

e-learning

 

PPT

 

Observasi, penugasan dan Tes Kinerja

16

Menghasilkan laporan prapenelitian dan artikel

Draft Laporan hasil prapenelitian dan artikel

Menghasilkan artikel

Yang dilakukan Mahasiswa:

Presentasi hasil laporan pra penelitian

 

Yang dilakukan Dosen:

Memfasilitasi mahasiswa sehingga menghasilkan laporan pra penelitian dan artikel dengan kualitas yang baik