A.   DESKRIPSI

Mata kuliah ini memberikan kajian pada mahasiswa tentang ekstrapolasi pemikiran dan daya kritis serta kreatif dalam memahami secara  komprehensif terkait dengan ontologi, epistemologi dan axiologi : pengetahuan dan pengetahuan ilmiah  (logika, etika dan estetika),  filsafat, idelogi dan agama (2)  metode penalaran induktif dan deduktif dalam pengembangan ilmu dan pengetahuan lainnya , (3) manfaat ilmu   dan pengetahuan lainnya terhadap peradaban manusia  (4)  tanggung jawab ilmuwan terhadap kemajuan IPTEKS dan Peradaban bangsa.

 

B.   CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)

RANAH

CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN

SIKAP

 

1)      Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap aradigm;

2)      Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika;

3)      Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

4)      Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;

5)      Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

6)      Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

7)      Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;

8)      Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

9)      Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan

10)   Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan

KETERAMPILAN UMUM

1)      Mampu menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/gagasan ilmiah baru, memberikan kontribusi kepada pengembangan serta pengamalan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi yang memperhatikan  dan menerapkan  nilai humaniora dibidang keahliannya, dengan menghasilkan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis dan kreatif.

2)      Mampu menyusun penelitian interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin, termasuk  kajian teoritis dan /atau eksperimen pada bidang keilmuan, teknologi, seni, dan inovasi yang dituangkan dalam bentuk disertasi, dan makalah yang telah diterbitkan dijurmal internasional bereputasi.

3)      Mampu menyusun argumen dan solusi keilmuan, teknologi atau seni berdasarkan pandangan kritis atas fakta, konsep, prinsip, atau teori yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media massa atau langsung kepada masyarakat;

 

4)       

PENGETAHUAN

 

1)      Mengembangkan pemikiran filosofis tentang pendidikan anak usia dini dalam perspektif ontologi, epistemologi dan aksiologi.

2)      Menerapkan pengetahuan dan keterampilan dalam kawasan pendidikan anak usia dini untuk memecahkan masalah dan jawaban melalui kegiatan penelitian, pendidikan dan pelatihan, dan pengembangan pengetahuan berdasarkan kaidah ilmiah.

3)      Mengkaji  pemikiran dan hasil karya  penelitian pendidikan anak usia dini, untuk menghasilkan inovasi dalam bidang PAUD.

4)      Mengkaji ragam penelitian  pendidikan anak usia dini secara  inovatif di tingkat nasional atau internasional.

 

C.   CAPAIAN PEMBELAJARAN  MATA KULIAH

CPMK

SUB-CPMK

 

 

Mengembangkan pemikiran filosofis  tentang PAUD terkait dengan  ontologi, epistemology dan aksiologi

Menganalisis Hakikat Pengerttian Filsafat, Ilmu (Science), Filsafat Filmu, pengetahuan dan ilmu pengetahuan

Menganalisis Hakikat Landasan Ontologi, Epistimologi Dan Aksiologi Ilmu Pengetahuan

Menginternalisasikan nilai religious kedalam diri, keyakinan, agama, moral dan etika.

Menganalisis  eksistensi diri, keyakinan, moral dan agama.

 

Berpikir  kritis atas fakta, konsep, prinsip, atau teori yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah

Berfikir kritis, fakta , prinsip

Menganalisis Hakikat Teori Kebenaran Berdasarkan Deduktif

Mengkaji  beragam aliran  filsafat

  Menganalisis Hakikat Filsafat Ilmu: Positivisme, Variasi Dan Kritik

Menganalisis Hakikat Post Positivisme, Teori Kritis Dan Konstruktivisme (Karl. R,.Poper, Toulmin)

Mengkaji  prinsip transdisiplinari dalam ilmu pengetahuan

Menganalisis Hakikat Membangun Ilmu Pendidikan Yang Interdisipliner

Kajian lanjutan tentang  filosofi PAUD

Menganalisis Hakikat Disiplin Ilmu PAUD Dalam Perspektif Filsafat Ilmu

Menganalisis Hakikat Etika Profesi Dalam Perspektif Filsafat Ilmu (KasusProfesiTenagaPendidikan)

Menginternalisasikan nilai dan norma akasemik

Internalisasi  nilai, norma dan etika akademik.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

D.   MATERI (BAHAN KAJIAN)

POKOK MATERI

SUB

POKOK MATERI

Hakikat Pengerttian Filsafat, Ilmu (Science), Filsafat Filmu,

Pengerttian Filsafat, ilmu dan Filsafat ilmu

Perbedaan dan persamaan antara Ilmu (Science), Filsafat Filmu,

 

 

Hakikat Ontologi, Epistimologi Dan Aksiologi Ilmu Pengetahuan

Ontologi,

Eksistensi diri, keyakinan, moral dan agama.

 

Tanggung jawab ilmuan, keyakinan, moral

Berfikir kritis, fakta , prinsip.

Ciri berpikir ilmiah , kritis, fakta dan prinsip

 Hakikat Teori Kebenaran Berdasarkan Deduktif

Kebenaran  berdsarkan deduktif

 Filsafat Ilmu: Positivisme, Positivisme, Teori Kritis Dan Konstruktivisme

Positivisme, Positivisme

Konstruktivisme

Teori Kritis

 Ilmu Pendidikan Yang Interdisipliner

Ilmu PAUD Dalam Perspektif Filsafat Ilmu

PAUD dalam perspektif ilmu

Interdisiplin

 Etika Profesi

Etika profesi PAUD

Internalisasi  nilai, norma dan etika akademik.

Etika Akademik

 

 

 

E.    KEGIATAN PEMBELAJARAN (METODE)

 Pembelajaran dilaksanakan melalui dua pendekatan utama yaitu direct teaching dan indirect teaching.

1.  Direct teaching: dosen menjelaskan dan atau mempresentasikan materi, baik penyajian materi yang dirancang secara khusus oleh dosen maupun berupa penjelasan atau komentar terhadap pemaparan mahasiswa.

2.  Indirect teaching: mahasiswa secara mandiri melakukan eksplorasi, penemuan dan pengkajian terhadap konsep-konsep atau materi yang telah ditetapkan. Bentuknya berupa latihan soal, pemaparan makalah yang berkaitan dengan materi evaluasi pembelajaran menggunakan teknik penilaian kinerja, penugasan, portofolio, projek.

 

F.    TUGAS (TAGIHAN)

Tugas terbagi menjadi 2 bagian yaitu tugas individu dan tugas kelompok

1.    Tugas Kelompok

Tugas 1 :

Menyusun makalah, power point dan presentasi tentang filsafat  ilmu

Merefleksi diri  terkait dengan tanggung jawab ilmuan.

Tugas 2 :

Menyusun makalah, power point dan presentasi tentang Body of knowledge PAUD

Tugas 3 :

Menyusun makalah, power point dan presentasi tentang Kode Etik profesi PAUD

Tugas 4 :

Menyusun makalah, power point dan presentasi tentang jurnal nkeilmuan PAUD

2.    Tugas Individu

(a)        Tugas 5 : Menemukan masalah melalui pengkajian artikel

(b)       Tugas 6 : Menyusun pengembangan ilmu PAUD

 

 

G.   PENILAIAN

1.    Metode:

Ttes kinerja,  dan penugasan.

2.    Instrumen

instrumen penilaian kinerja, instrumen penugasan dalam bentuk rubric penilaian.

3.    Komponen dan proporsi penilaian

Tugas Kelompok         .....................................  30 %

Tugas Mandiri              

Pengkajian Artikel       .....................................  30 %

Proposal                      .....................................  40 %

4.    Kriteria penilain/kelulusan

Mahasiswa dikategorikan lulus matakuliah Metodologi Penelitian  apabila memiliki nilai akhir minimal mencapai B.

Rentang penilaian sebagai berikut:

SKOR

NILAI

≥  86

A

81 £  X < 86

A-

76 £  X < 81

B+

71 £  X < 76

B

66 £  X < 71

B-

61 £  X < 66

C+

56 £  X < 61

C

51 £  X < 56

C-

46 £  X < 51

D

< 46

E

 

 

H.  PERATURAN (TATA TERTIB)

1.    Hadir dalam perkuliahan tatap muka minimal 80% dari jumlah pertemuan ideal (lihat aturan akademik universitas).

2.    Setiap mahasiswa harus aktif dan partisipasi aktif dalam perkuliahan.

3.    Hadir di kelas tepat waktu sesuai dengan waktu yang ditetapkan/disepakati.

4.    Toleransi keterlambatan adalah 30 menit.

5.    Ada pemberitahuan jika tidak hadir dalam perkuliahan tatap muka.

6.    Selama perkuliahan berlangsung, Handphone dalam posisi off atau silent.

7.    Meminta izin (dengan cara mengangkat tangan) jika ingin berbicara, bertanya, menjawab, meninggalkan kelas atau keperluan lain.

8.    Saling menghargai dan tidak membuat kegaduhan/gangguan/ kerusakan dalam kelas.

9.    Tidak boleh ada plagiat dan bentuk-bentuk pelanggaran norma lainnya.

 

 

 

I.     SUMBER (REFERENSI)

1.    Bronowsky. The Ascen of Man. USA

2.    Creswell, John W. (2007). Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing Among Five Approaches. Second Edition. Thousand Oaks, California, Sage Publication.

3.     Creswell, John W. (2008). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. Third Edition. Upper Saddle L.R. Gay., GeoffreyRiver, New Jersey: Pearson Education.

4.    Creswell, John W. (2012). Educational Researc:. Planning, Conducting And Evaluating Quantitativ And Qualitative Research. New York: Pearson Merrill Prentice Hall.

5.    ______________. 2007. Designing and Conducting Mixed Methods research. California: Sage Publications.

6.   Fraenkel, Jack R. How to Design and Evalud Research and Education. New York: McGraw Hill, 2009

7.    Gay, L. R., Geoffrey E. Mills, Peter Airasian. (2009). Educational Research: Competencies for Analysis and Aplications.  New Jersey: Pearson Education.


SATUAN ACARA PERKULIAHAN

A.   CAPAIAN PEMBELAJARAN  MATA KULIAH

Mahasiswa mampu:

1.

Mengembangkan pemikiran filosofis  tentang PAUD.

2.

Menjelaskan  Ontologi PAUD

3.

Menjelaskan  epistemologi  PAUD

4.

Menjelaskan  aksiologi PAUD

5

Menjalankan perintah Tuhan sesuai dengan ajaran agama

6

Mengamalkan keyakinan akan ajaran Tuhan sesuai dengan agama masing-masing

7

Menjalankan tugas  berdasarkan nilai agama

8

Menjalankan tugas sesuai  nilai  moral dan etika

9

Menjalankan nilai pancasila dalam  kehidupan

10

Meningkatkan mutu kehidupan masyarakat berdasarkan pancasila

11

Memiliki nilai  nasionalisme dan bertanggung jawab pada negara

12

Memiliki kebanggaan terhadap  tanah air

13

Memiliki rasa tanggung jawab terhadap  negara

14

Memiliki apresiasi terhadap kebudayaan .

15

Menghargai  keragaman budaya Indonesia

16

Menghargai keragaman agama

17

Memiliki rasa tanggung jawab terhadap  negara

18

Memiliki apresiasi terhadap kebudayaan .

19

Menghargai  keragaman budaya Indonesia

20

Menghargai keragaman agama

21

Taat hukum dalam kehidupan berbegara

22

Disiplin dalam kehidupan bermasyarakat

23

Mengintegrasikan nilai, norma dan etika akademik

24

Mampu berargumentasi secara kritis.

25

Berpikir  kritis atas fakta, konsep, prinsip, atau teori yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah

 

 

 

 

Pert.

Sub CPMK

Materi

Indikator

Kegiatan Pembelajaran

(Metode)

Alokasi Waktu

Sumber

dan Media

Tagihan/

Penilaian

1

Menganalisis Hakikat Pengerttian Filsafat, Ilmu (Science), Filsafat Filmu, pengetahuan dan ilmu pengetahuan

Hakikat Pengerttian Filsafat, Ilmu (Science), Filsafat Filmu,

Menganalisis Hakikat Pengerttian Filsafat, Ilmu (Science), Filsafat Filmu, pengetahuan dan ilmu pengetahuan

Yang dilakukan Mahasiswa:

Mendiskusikan topic

 

Yang dilakukan Dosen:

Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa

510 menit

Media:

e-learning

 

PPT

 

Buku-

1 sd 8

Observasi dan aktifitas

2

Menganalisis Hakikat Landasan Ontologi, Epistimologi Dan Aksiologi Ilmu Pengetahuan

Hakikat Ontologi, Epistimologi Dan Aksiologi Ilmu Pengetahuan

Menganalisis Hakikat Landasan Ontologi, Epistimologi Dan Aksiologi Ilmu Pengetahuan

Yang dilakukan Mahasiswa:

Mendiskusikan topic penelitian

 

Yang dilakukan Dosen:

Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa

510 menit

Media:

e-learning

 

PPT

 

Observasi, aktivitas

3

Menganalisis  eksistensi diri, keyakinan, moral dan agama.

 

Eksistensi diri, keyakinan, moral dan agama.

 

Menganalisis  eksistensi diri, keyakinan, moral dan agama.

 

Yang dilakukan Mahasiswa:

Mendiskusikan eksistansi diri

 

Yang dilakukan Dosen:

Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa

510 menit

Media:

e-learning

 

PPT

 

Observasi, Penugasan dan Tes Kinerja

4

Menganalisis Hakikat Teori Kebenaran Berdasarkan Deduktif

Hakikat Teori Kebenaran Berdasarkan Deduktif

Menganalisis Hakikat Teori Kebenaran Berdasarkan Deduktif

Yang dilakukan Mahasiswa:

Mendiskisuikan topik

 

Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa

510 menit

Media:

e-learning

 

PPT

 

Observasi, penugasan dan Tes Kinerja

5

  Menganalisis Hakikat Filsafat Ilmu: Positivisme, Variasi Dan Kritik

Filsafat Ilmu: Positivisme, Positivisme, Teori Kritis Dan Konstruktivisme

  Menganalisis Hakikat Filsafat Ilmu: Positivisme, Variasi Dan Kritik

presentasi dan diskusi

 

Yang dilakukan Dosen:

Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa

510 menit

Media:

e-learning

 

PPT

 

Observasi, penugasan dan Tes Kinerja

6 - 7

Menganalisis Hakikat Post Positivisme, Teori Kritis Dan Konstruktivisme (Karl. R,.Poper, Toulmin)

Filsafat Ilmu: Positivisme, Positivisme, Teori Kritis Dan Konstruktivisme

Menganalisis Hakikat Post Positivisme, Teori Kritis Dan Konstruktivisme (Karl. R,.Poper, Toulmin)

Yang dilakukan Mahasiswa:

Presntasi dan diskusi

 

Yang dilakukan Dosen:

Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa

510 menit

Media:

e-learning

 

PPT

 

Observasi, penugasan dan Tes Kinerja

8

  UTS

 

  UTS

 

 

 

 

9

Menganalisis Hakikat Membangun Ilmu Pendidikan Yang Interdisipliner

Ilmu Pendidikan Yang Interdisipliner

Ilmu PAUD Dalam Perspektif Filsafat Ilmu

Menganalisis Hakikat Membangun Ilmu Pendidikan Yang Interdisipliner

Yang dilakukan Mahasiswa:

Presentasi dan diskusi

 

Yang dilakukan Dosen:

Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa

510 menit

Media:

e-learning

 

Observasi, penugasan dan Tes Kinerja

10

Menganalisis Hakikat Disiplin Ilmu PAUD Dalam Perspektif Filsafat Ilmu

Disiplin Ilmu PAUD Dalam Perspektif Filsafat Ilmu

Menganalisis Hakikat Disiplin Ilmu PAUD Dalam Perspektif Filsafat Ilmu

Yang dilakukan Mahasiswa:

Presentasi dan diskusi

 

Yang dilakukan Dosen:

Memfasilitasi mahasiswa sehingga memperoleh masalah berdasarkan kajian artikel

510 menit

Media:

e-learning

 

PPT

 

Observasi, penugasan dan Tes Kinerja

11

Menganalisis Hakikat Disiplin Ilmu PAUD Dalam Perspektif Filsafat Ilmu

 

Menganalisis Hakikat Disiplin Ilmu PAUD Dalam Perspektif Filsafat Ilmu

Yang dilakukan Mahasiswa:

Presentasi dan diskusi

 

Yang dilakukan Dosen

Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa

510 menit

Media:

e-learning

 

PPT

 

Observasi, penugasan dan Tes Kinerja

12

Menganalisis Hakikat Etika Profesi Dalam Perspektif Filsafat Ilmu

Etika profesi

Menganalisis Hakikat Etika Profesi Dalam Perspektif Filsafat Ilmu

Yang dilakukan Mahasiswa:

diskusi

 

Yang dilakukan dosen:

Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa

510 menit

Media:

e-learning

 

PPT

 

Observasi, penugasan dan Tes Kinerja

13

Menganalisis Hakikat Etika Profesi Dalam Perspektif Filsafat Ilmu

KodeEtik Profesi

Menganalisis Hakikat Etika Profesi Dalam Perspektif Filsafat Ilmu

Yang dilakukan Mahasiswa:

Presentasi dan diskusi

 

Yang dilakukan Dosen:

Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa

510 menit

Media:

e-learning

 

PPT

 

Observasi, penugasan dan Tes Kinerja

14

Internalisasi  nilai, norma dan etika akademik.

Etika akademik

Internalisasi  nilai, norma dan etika akademik.

Yang dilakukan Mahasiswa:

Presentasi

 

Yang dilakukan Dosen:

Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa

510 menit

Media:

e-learning

 

PPT

 

Observasi, penugasan dan Tes Kinerja

15

Lanjutan Internalisasi nilai, norma dan etika

Internalidasi nilai

Lanjutan Internalisasi nilai, norma dan etika

Yang dilakukan Mahasiswa:

 

Yang dilakukan Dosen:

Memfasilitasi mahasiswa sehingga menghasilkan proposal pebelitian dengan kualitas yang baik

1020 menit

Media:

e-learning

 

PPT

 

Observasi, penugasan dan Tes Kinerja

16

UAS

-

UAS

Yang dilakukan Mahasiswa:

Presentasi hasil analisis jurnal

 

Yang dilakukan Dosen:

Memfasilitasi mahasiswa sehingga analisis berkualitas yang baik