A. DESKRIPSI
Mata kuliah ini memberikan kajian pada mahasiswa tentang ekstrapolasi pemikiran dan daya kritis serta kreatif dalam memahami secara komprehensif terkait dengan ontologi, epistemologi dan axiologi : pengetahuan dan pengetahuan ilmiah (logika, etika dan estetika), filsafat, idelogi dan agama (2) metode penalaran induktif dan deduktif dalam pengembangan ilmu dan pengetahuan lainnya , (3) manfaat ilmu dan pengetahuan lainnya terhadap peradaban manusia (4) tanggung jawab ilmuwan terhadap kemajuan IPTEKS dan Peradaban bangsa.
B. CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN (CPL)
RANAH |
CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN |
SIKAP
|
1) Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap aradigm; |
2) Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika; |
|
3) Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; |
|
4) Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa; |
|
5) Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; |
|
6) Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; |
|
7) Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; |
|
8) Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; |
|
9) Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan |
|
10) Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan |
|
KETERAMPILAN UMUM |
1) Mampu menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/gagasan ilmiah baru, memberikan kontribusi kepada pengembangan serta pengamalan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora dibidang keahliannya, dengan menghasilkan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis dan kreatif. |
2) Mampu menyusun penelitian interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin, termasuk kajian teoritis dan /atau eksperimen pada bidang keilmuan, teknologi, seni, dan inovasi yang dituangkan dalam bentuk disertasi, dan makalah yang telah diterbitkan dijurmal internasional bereputasi. |
|
3) Mampu menyusun argumen dan solusi keilmuan, teknologi atau seni berdasarkan pandangan kritis atas fakta, konsep, prinsip, atau teori yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media massa atau langsung kepada masyarakat; |
|
|
4) |
PENGETAHUAN
|
1) Mengembangkan pemikiran filosofis tentang pendidikan anak usia dini dalam perspektif ontologi, epistemologi dan aksiologi. |
2) Menerapkan pengetahuan dan keterampilan dalam kawasan pendidikan anak usia dini untuk memecahkan masalah dan jawaban melalui kegiatan penelitian, pendidikan dan pelatihan, dan pengembangan pengetahuan berdasarkan kaidah ilmiah. |
|
3) Mengkaji pemikiran dan hasil karya penelitian pendidikan anak usia dini, untuk menghasilkan inovasi dalam bidang PAUD. |
|
4) Mengkaji ragam penelitian pendidikan anak usia dini secara inovatif di tingkat nasional atau internasional. |
C. CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH
CPMK |
SUB-CPMK |
|
|
Mengembangkan pemikiran filosofis tentang PAUD terkait dengan ontologi, epistemology dan aksiologi |
Menganalisis Hakikat Pengerttian Filsafat, Ilmu (Science), Filsafat Filmu, pengetahuan dan ilmu pengetahuan |
Menganalisis Hakikat Landasan Ontologi, Epistimologi Dan Aksiologi Ilmu Pengetahuan |
|
Menginternalisasikan nilai religious kedalam diri, keyakinan, agama, moral dan etika. |
Menganalisis eksistensi diri, keyakinan, moral dan agama.
|
Berpikir kritis atas fakta, konsep, prinsip, atau teori yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah |
Berfikir kritis, fakta , prinsip |
Menganalisis Hakikat Teori Kebenaran Berdasarkan Deduktif |
|
Mengkaji beragam aliran filsafat |
Menganalisis Hakikat Filsafat Ilmu: Positivisme, Variasi Dan Kritik |
Menganalisis Hakikat Post Positivisme, Teori Kritis Dan Konstruktivisme (Karl. R,.Poper, Toulmin) |
|
Mengkaji prinsip transdisiplinari dalam ilmu pengetahuan |
Menganalisis Hakikat Membangun Ilmu Pendidikan Yang Interdisipliner |
Kajian lanjutan tentang filosofi PAUD |
Menganalisis Hakikat Disiplin Ilmu PAUD Dalam Perspektif Filsafat Ilmu |
Menganalisis Hakikat Etika Profesi Dalam Perspektif Filsafat Ilmu (KasusProfesiTenagaPendidikan) |
|
Menginternalisasikan nilai dan norma akasemik |
Internalisasi nilai, norma dan etika akademik. |
D. MATERI (BAHAN KAJIAN)
POKOK MATERI |
SUB POKOK MATERI |
Hakikat Pengerttian Filsafat, Ilmu (Science), Filsafat Filmu, |
Pengerttian Filsafat, ilmu dan Filsafat ilmu |
Perbedaan dan persamaan antara Ilmu (Science), Filsafat Filmu, |
|
|
|
Hakikat Ontologi, Epistimologi Dan Aksiologi Ilmu Pengetahuan |
Ontologi, |
Eksistensi diri, keyakinan, moral dan agama.
|
Tanggung jawab ilmuan, keyakinan, moral |
Berfikir kritis, fakta , prinsip. |
Ciri berpikir ilmiah , kritis, fakta dan prinsip |
Hakikat Teori Kebenaran Berdasarkan Deduktif |
Kebenaran berdsarkan deduktif |
Filsafat Ilmu: Positivisme, Positivisme, Teori Kritis Dan Konstruktivisme |
Positivisme, Positivisme |
Konstruktivisme |
|
Teori Kritis |
|
Ilmu Pendidikan Yang Interdisipliner Ilmu PAUD Dalam Perspektif Filsafat Ilmu |
PAUD dalam perspektif ilmu |
Interdisiplin |
|
Etika Profesi |
Etika profesi PAUD |
Internalisasi nilai, norma dan etika akademik. |
Etika Akademik |
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN (METODE)
Pembelajaran dilaksanakan melalui dua pendekatan utama yaitu direct teaching dan indirect teaching.
1. Direct teaching: dosen menjelaskan dan atau mempresentasikan materi, baik penyajian materi yang dirancang secara khusus oleh dosen maupun berupa penjelasan atau komentar terhadap pemaparan mahasiswa.
2. Indirect teaching: mahasiswa secara mandiri melakukan eksplorasi, penemuan dan pengkajian terhadap konsep-konsep atau materi yang telah ditetapkan. Bentuknya berupa latihan soal, pemaparan makalah yang berkaitan dengan materi evaluasi pembelajaran menggunakan teknik penilaian kinerja, penugasan, portofolio, projek.
F. TUGAS (TAGIHAN)
Tugas terbagi menjadi 2 bagian yaitu tugas individu dan tugas kelompok
1. Tugas Kelompok
Tugas 1 :
Menyusun makalah, power point dan presentasi tentang filsafat ilmu
Merefleksi diri terkait dengan tanggung jawab ilmuan.
Tugas 2 :
Menyusun makalah, power point dan presentasi tentang Body of knowledge PAUD
Tugas 3 :
Menyusun makalah, power point dan presentasi tentang Kode Etik profesi PAUD
Tugas 4 :
Menyusun makalah, power point dan presentasi tentang jurnal nkeilmuan PAUD
2. Tugas Individu
(a) Tugas 5 : Menemukan masalah melalui pengkajian artikel
(b) Tugas 6 : Menyusun pengembangan ilmu PAUD
G. PENILAIAN
1. Metode:
Ttes kinerja, dan penugasan.
2. Instrumen
instrumen penilaian kinerja, instrumen penugasan dalam bentuk rubric penilaian.
3. Komponen dan proporsi penilaian
Tugas Kelompok ..................................... 30 %
Tugas Mandiri
Pengkajian Artikel ..................................... 30 %
Proposal ..................................... 40 %
4. Kriteria penilain/kelulusan
Mahasiswa dikategorikan lulus matakuliah Metodologi Penelitian apabila memiliki nilai akhir minimal mencapai B.
Rentang penilaian sebagai berikut:
SKOR |
NILAI |
≥ 86 |
A |
81 £ X < 86 |
A- |
76 £ X < 81 |
B+ |
71 £ X < 76 |
B |
66 £ X < 71 |
B- |
61 £ X < 66 |
C+ |
56 £ X < 61 |
C |
51 £ X < 56 |
C- |
46 £ X < 51 |
D |
< 46 |
E |
H. PERATURAN (TATA TERTIB)
1. Hadir dalam perkuliahan tatap muka minimal 80% dari jumlah pertemuan ideal (lihat aturan akademik universitas).
2. Setiap mahasiswa harus aktif dan partisipasi aktif dalam perkuliahan.
3. Hadir di kelas tepat waktu sesuai dengan waktu yang ditetapkan/disepakati.
4. Toleransi keterlambatan adalah 30 menit.
5. Ada pemberitahuan jika tidak hadir dalam perkuliahan tatap muka.
6. Selama perkuliahan berlangsung, Handphone dalam posisi off atau silent.
7. Meminta izin (dengan cara mengangkat tangan) jika ingin berbicara, bertanya, menjawab, meninggalkan kelas atau keperluan lain.
8. Saling menghargai dan tidak membuat kegaduhan/gangguan/ kerusakan dalam kelas.
9. Tidak boleh ada plagiat dan bentuk-bentuk pelanggaran norma lainnya.
I. SUMBER (REFERENSI)
1. Bronowsky. The Ascen of Man. USA
2. Creswell, John W. (2007). Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing Among Five Approaches. Second Edition. Thousand Oaks, California, Sage Publication.
3. Creswell, John W. (2008). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. Third Edition. Upper Saddle L.R. Gay., GeoffreyRiver, New Jersey: Pearson Education.
4. Creswell, John W. (2012). Educational Researc:. Planning, Conducting And Evaluating Quantitativ And Qualitative Research. New York: Pearson Merrill Prentice Hall.
5. ______________. 2007. Designing and Conducting Mixed Methods research. California: Sage Publications.
6. Fraenkel, Jack R. How to Design and Evalud Research and Education. New York: McGraw Hill, 2009
7. Gay, L. R., Geoffrey E. Mills, Peter Airasian. (2009). Educational Research: Competencies for Analysis and Aplications. New Jersey: Pearson Education.
SATUAN ACARA PERKULIAHAN A.
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH Mahasiswa mampu: 1. Mengembangkan pemikiran
filosofis tentang PAUD. 2. Menjelaskan
Ontologi PAUD 3. Menjelaskan epistemologi PAUD 4. Menjelaskan aksiologi PAUD 5 Menjalankan perintah Tuhan sesuai dengan ajaran agama 6 Mengamalkan
keyakinan akan ajaran Tuhan sesuai dengan agama masing-masing 7 Menjalankan
tugas berdasarkan nilai agama 8 Menjalankan
tugas sesuai nilai moral dan etika 9 Menjalankan
nilai pancasila dalam kehidupan 10 Meningkatkan
mutu kehidupan masyarakat berdasarkan pancasila 11 Memiliki
nilai nasionalisme dan bertanggung
jawab pada negara 12 Memiliki
kebanggaan terhadap tanah air 13 Memiliki
rasa tanggung jawab terhadap negara 14 Memiliki
apresiasi terhadap kebudayaan . 15 Menghargai keragaman budaya Indonesia 16 Menghargai
keragaman agama 17 Memiliki
rasa tanggung jawab terhadap negara 18 Memiliki
apresiasi terhadap kebudayaan . 19 Menghargai keragaman budaya Indonesia 20 Menghargai
keragaman agama 21 Taat hukum
dalam kehidupan berbegara 22 Disiplin
dalam kehidupan bermasyarakat 23 Mengintegrasikan
nilai, norma dan etika akademik 24 Mampu berargumentasi secara kritis. 25 Berpikir kritis atas fakta, konsep, prinsip, atau
teori yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah Pert. Sub CPMK Materi Indikator Kegiatan
Pembelajaran (Metode) Alokasi
Waktu Sumber dan Media Tagihan/ Penilaian 1 Menganalisis Hakikat
Pengerttian Filsafat, Ilmu (Science), Filsafat Filmu, pengetahuan dan ilmu
pengetahuan Hakikat Pengerttian Filsafat, Ilmu (Science),
Filsafat Filmu, Menganalisis Hakikat
Pengerttian Filsafat, Ilmu (Science), Filsafat Filmu, pengetahuan dan ilmu
pengetahuan Yang dilakukan Mahasiswa: Mendiskusikan topic Yang dilakukan Dosen: Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa 510
menit Media: e-learning PPT Buku- 1 sd 8 Observasi dan aktifitas 2 Menganalisis Hakikat Landasan Ontologi,
Epistimologi Dan Aksiologi Ilmu Pengetahuan Hakikat Ontologi,
Epistimologi Dan Aksiologi Ilmu Pengetahuan Menganalisis
Hakikat Landasan Ontologi, Epistimologi Dan Aksiologi Ilmu Pengetahuan Yang dilakukan Mahasiswa: Mendiskusikan topic penelitian Yang dilakukan Dosen: Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa 510
menit Media: e-learning PPT Observasi, aktivitas 3 Menganalisis eksistensi diri, keyakinan, moral dan agama. Eksistensi diri,
keyakinan, moral dan agama. Menganalisis eksistensi diri, keyakinan, moral dan agama. Yang dilakukan Mahasiswa: Mendiskusikan eksistansi
diri Yang dilakukan Dosen: Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa 510
menit Media: e-learning PPT Observasi, Penugasan dan Tes Kinerja 4 Menganalisis Hakikat
Teori Kebenaran Berdasarkan Deduktif Hakikat Teori Kebenaran Berdasarkan Deduktif Menganalisis Hakikat Teori
Kebenaran Berdasarkan Deduktif Yang dilakukan Mahasiswa: Mendiskisuikan topik Menjelaskan dan
memfasilatasi diskusi mahasiswa 510
menit Media: e-learning PPT Observasi, penugasan dan Tes Kinerja 5 Menganalisis Hakikat
Filsafat Ilmu: Positivisme, Variasi Dan Kritik Filsafat Ilmu: Positivisme, Positivisme, Teori Kritis Dan Konstruktivisme Menganalisis Hakikat
Filsafat Ilmu: Positivisme, Variasi Dan Kritik presentasi dan diskusi Yang dilakukan Dosen: Menjelaskan dan
memfasilatasi diskusi mahasiswa 510
menit Media: e-learning PPT Observasi, penugasan dan Tes Kinerja 6 - 7 Menganalisis Hakikat Post Positivisme, Teori Kritis Dan Konstruktivisme (Karl. R,.Poper, Toulmin) Filsafat Ilmu:
Positivisme, Positivisme, Teori Kritis Dan Konstruktivisme Menganalisis
Hakikat Post Positivisme, Teori Kritis Dan Konstruktivisme (Karl. R,.Poper, Toulmin) Yang dilakukan Mahasiswa: Presntasi dan diskusi Yang dilakukan Dosen: Menjelaskan dan
memfasilatasi diskusi mahasiswa 510
menit Media: e-learning PPT Observasi, penugasan dan Tes Kinerja 8 UTS UTS 9 Menganalisis Hakikat Membangun Ilmu Pendidikan
Yang Interdisipliner Ilmu Pendidikan Yang Interdisipliner Ilmu PAUD
Dalam Perspektif Filsafat Ilmu Menganalisis Hakikat Membangun Ilmu Pendidikan
Yang Interdisipliner Yang dilakukan Mahasiswa: Presentasi dan diskusi Yang dilakukan Dosen: Menjelaskan dan
memfasilatasi diskusi mahasiswa 510
menit Media: e-learning Observasi, penugasan dan Tes Kinerja 10 Menganalisis Hakikat Disiplin Ilmu PAUD Dalam Perspektif Filsafat Ilmu Disiplin Ilmu PAUD Dalam Perspektif Filsafat Ilmu Menganalisis
Hakikat Disiplin Ilmu PAUD Dalam Perspektif Filsafat Ilmu Yang dilakukan Mahasiswa: Presentasi dan diskusi Yang dilakukan Dosen: Memfasilitasi mahasiswa sehingga memperoleh masalah
berdasarkan kajian artikel 510
menit Media: e-learning PPT Observasi, penugasan dan Tes Kinerja 11 Menganalisis Hakikat Disiplin Ilmu PAUD Dalam Perspektif Filsafat Ilmu Menganalisis Hakikat Disiplin Ilmu PAUD Dalam Perspektif Filsafat Ilmu Yang dilakukan Mahasiswa: Presentasi dan diskusi Yang dilakukan Dosen Menjelaskan dan
memfasilatasi diskusi mahasiswa 510
menit Media: e-learning PPT Observasi, penugasan dan Tes Kinerja 12 Menganalisis Hakikat
Etika Profesi Dalam Perspektif Filsafat Ilmu Etika profesi Menganalisis Hakikat
Etika Profesi Dalam Perspektif Filsafat Ilmu Yang dilakukan Mahasiswa: diskusi Yang dilakukan dosen: Menjelaskan dan
memfasilatasi diskusi mahasiswa 510
menit Media: e-learning PPT Observasi, penugasan dan Tes Kinerja 13 Menganalisis Hakikat
Etika Profesi Dalam Perspektif Filsafat Ilmu KodeEtik Profesi Menganalisis Hakikat
Etika Profesi Dalam Perspektif Filsafat Ilmu Yang dilakukan Mahasiswa: Presentasi dan diskusi Yang dilakukan Dosen: Menjelaskan dan memfasilatasi
diskusi mahasiswa 510
menit Media: e-learning PPT Observasi, penugasan dan Tes Kinerja 14 Internalisasi
nilai, norma dan etika akademik. Etika akademik Internalisasi
nilai, norma dan etika akademik. Yang dilakukan Mahasiswa: Presentasi Yang dilakukan Dosen: Menjelaskan dan memfasilatasi diskusi mahasiswa 510
menit Media: e-learning PPT Observasi, penugasan dan Tes Kinerja 15 Lanjutan
Internalisasi nilai, norma dan etika Internalidasi
nilai Lanjutan Internalisasi
nilai, norma dan etika Yang dilakukan Mahasiswa: Yang dilakukan Dosen: Memfasilitasi mahasiswa sehingga
menghasilkan proposal pebelitian dengan kualitas yang baik 1020 menit Media: e-learning PPT Observasi, penugasan dan Tes Kinerja 16 UAS - UAS Yang dilakukan Mahasiswa: Presentasi hasil analisis jurnal Yang dilakukan Dosen: Memfasilitasi mahasiswa sehingga analisis berkualitas yang baik