Pengetahuan Kepabeanan

Kepabeanan   adalah   salah   satu   cabang   dari   ilmu   keuangan   negara   yang berkaitan   dengan   pengawasan   barang   yang   masuk   dan   keluar   daerah   pabean.

Klasifikasi barang, nilai pabean, prosedur impor, ekspor, dan perbendaharaan adalah sebagian dari ruang lingkup llmu kepabeanan yang bersifat   teknis.   Pemahaman   yang   benar   dan   lengkap   atas   prinsip-prinsip kepabeanan akan memberikan bekal yang sangat berguna bagi mahasiswa yang akan belajar ilmu kepabeanan yang bersifat teknis.

Modul ini  membahas tentang prinsip-prinsip kepabeanan mulai pengertian-pengertian   dasar  seperti   apa yang   dimaksud  dengan  istilah  kepabeanan,  daerah pabean, kawasan pabean, kewajiban pabean dan istilah-istilah lainnya.

Konsep tariff dan   nilai   pabean,   konsep   fasilitas   kepabeanan,   keberatan   dan   banding,   hingga konsep   pengawasan   dan   tindak   pidana   kepabeanan,   juga   akan   dibahas   secara ringkas. 

Mengingat fungsi dari Kepabeanan adalah pengawasan barang yang masuk dan keluar daerah pabean, maka Kepabeanan sangat erat hubungannya dengan kegiatan ekpor dan impor atau perdagangan internasional.