TM118_1520600023_Statistika dan Probabilitas

Mata kuliah ini membahas mengenai Pengetahuan tentang data, pengambilan data, representasi data, analisis data dan pengambilan kesimpulan tentang data yang diperoleh merupakan salah satu persoalan penting dalam ilmu pengetahuan dan teknologi. Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa untuk mengolah dan menganalisis data termasuk menentukan tingkat sebaran data.

Matakuliah ini berisi pembahasan tentang peranan statistika dalam kegiatan ilmiah, pengambilan sampel, statistika inferensail: pengujian hipotesis nol, chi kuadrat, t-test, korelasi dan regresi sederhana.

Pengujian tentang hipotesis dan signifikansi juga diajarkan dalam mata kuliah ini. Karena data seringkali juga mempunyai sifat acak (random), maka persoalan probabilitas termasuk cara-cara perhitungan dan analisisnya juga diajarkan dalam mata kuliah ini. Aplikasi konsep permutasi dan kombinasi untuk analisis probabilitas juga mendapatkan porsi pembahasan dalam mata kuliah ini. Hal-hal yang terkait dengan probabilitas seperti distribusi probabilitas diskrit dan kontinyu juga dibahas.