Classic Prose

Prosa merupakan salah satu bentuk dari karya sastra, bisa berupa novel maupun cerita pendek. Sebuah prosa mengandung unsur-unsur yang membangunnya yaitu unsur intrinsik dan ekstrinsik. Elaborasi dari unsur-unsur tersebut dapat dianalisis untuk menemukan isu dominan yang dibicarakan di dalam karya tersebut.

Mata kuliah Classic Prose, membekali mahasiswa dengan kemampuan membaca secara mendalam (close reading) dan kemampuan melakukan analisis kritis terhadap karya berbentuk prosa. Oleh karena itu, dalam mata kuliah ini, mahasiswa diajarkan untuk mengkaji korelasi antar unsur yang membangun prosa untuk menemukan isu dominan yang terkandung di dalamnya.

Mahasiswa juga diajak untuk berpartisipasi aktif dalam diskusi kelas baik individu maupun kelompok untuk melatih kemampuan menganalisis dan mengkomunikasikan idenya secara kritis dan sistematis. Sehingga mahasiswa terbiasa melakukan aktivitas ilmiah berupa menganalisis dan mengapresiasi karya sastra diakhiri dengan kemampuan mahasiswa dalam memberikan kesimpulan tentang isu dominan yang terkandung di dalam karya sastra tersebut. Melalui pendekatan “case-based learning” dipadukan dengan “project-based learning” mahasiswa mampu menghasilkan analisis kritis terhadap karya sastra berbentuk prosa.