Fisika Dasar (Sesi 1)

Fisika merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang fenomena yang terjadi
pada alam. Pemahaman terhadap konsep dari ilmu fisika diperlukan untuk mempelajari fenomena alam tersebut. Pembelajaran pada fisika tidak hanya dari segi matematis, namun seluruh hakikat ilmu fisika yang terdiri dari fakta, konsep, prinsip, rumus, dan teori yang berkaitan dengan fenomenal alam (Ulfa, 2018). Penerapan ilmu fisika dapat dilakukan di berbagai bidang, salah satunya dalam bidang teknik sipil.

Pada bidang teknik sipil, ilmu fisika merupakan salah satu pondasi dalam mempelajari sifat dari berbagai bangunan struktur yang direncanakan. Sehingga materi yang disajikan merupakan metode dasar sebagai alat bantu dalam mempelajari berbagai perkuliahan pada bidang teknik sipil.

Fisika Dasar merupakan salah satu mata kuliah wajib pada Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Universitas Negeri Jakarta yang dipelajari oleh mahasiswa pada semester 1 atau semester ganjil. Mata kuliah ini memiliki beban sebanyak 2 SKS atau 100 menit pertemuan tatap muka. Setelah mengampu mata kuliah fisika dasar, mahasiswa diharapkan mampu memiliki pemahaman terhadap berbagai teori serta metode sehingga dapat digunakan dalam pemecahan masalah terhadap fisika dasar itu sendiri maupun mata kuliah
pada bidang teknik sipil yang memili keterkaitan dengan fisika dasar.