Media Baru

Hallo semua...

selamat datang di Ruang perkuliahan virtual Media Baru.

Mata kuliah ini berisikan materi mengenai perangkat teknologi komunikasi berupa media baru sebagai dasar dalam mengembangkan pemikiran, konsep dan praktik yang berguna bagi kemajuan Pendidikan ilmu komunikasi, khususnya komunikasi bisnis.

CPL:

Ranah

Capaian Pembelajaran Lulusan

Sikap

1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius

2. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa

3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;

4. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

5. Bekerjasama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

6. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara

7. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

8. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.

Pengetahuan

1.     Memiliki pengetahuan dan wawasan berpikir mengenai pengaruh media baru terhadap perkembangan ilmu komunikasi dalam konteks kehidupan sosial, budaya, ekonomi dan politik.

2.    Mempunyai pengetahuan  dan keterampilan merencanakan, menerapkan dan mengevaluasi program  komunikasi melalui media baru dalam berbagai konteks komunikasi.

3.    Memiliki keterampilan dalam memanfaatkan kemajuan teknologi komunikasi khususnya mengenai medi baru dan memahami efek sosial-komunikasi yang ditimbulkan akibat pemanfaatan teknologi tersebut.

4.    Memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam pengelolaan sistem informasi dan komunikasi melalui media baru sesuai kebutuhan profesi dan organisasi.

5.     Mengetahui teknik mendesain konten untuk media baru, menghasilkan konten atau produk-produk media yang memiliki nilai kreatifitas dan obyektif yang dipublikasikan di media baru.

Keterampilan umum

1)    Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi ke dalam media baru yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang ilmu komunikasi.

2)    Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.

3)     Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi pada media baru yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan ilmu komunikasi berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik sosial.

Keterampilan Khusus

1.    Mampu mengembangkan konten media baru komunikasi multimedia berbasis TIK dalam konteks beragam budaya.

2.    Mampu membuat konten pada media sosial untuk mengkomunikasikan program kerja komunikasi di era digital

3.    Mampu menggunakan aplikasi desain untuk media sosial untuk meningkatkan minat followers, like dan subcribe

4.     Mampu menulis, mendesain, membuat, dan mengedit konten, foto dan video di media sosial

CPMK:

  CPMK

SUB-CPMK

1. Memahami dan menguasai cara melakukan parafrase konten

1.1 Menjelaskan tentang parafrase

1.2. Mencoba melakukan paraphrase konten

2. Memahami dan menguasai cara membuat konten

2.1. Menjelaskan apa itu konten

2.2. Mencoba membuat konten

3. Memahami cara mengedit konten, foto dan video

3.1. Memahami cara mengedit konten

3.2 . Memahami cara mengedit foto dan video

4. Memahami cara mendesain konten

4.1. Memahami desain di media sosial

4.2 Memahami cara mendesain konten

5. Memahami cara mencari konten

5.1. Memahami konsep konten yang sesuai dengan audiens di media sosial

5.2. Memahami cara mencari konten

6. Memahami cara memasarkan konten

6.1. memahami hakikat pemasran konten

6.2. mencoba memasarkan konten

7. Memahami cara menambah follower, like dan subcribe

7.1. Memahami konsep follower, like dan subcribe

7.2. Mencoba menambah follower, like dan subcribe di media sosial

8. Memahami cara menanggapi komentar di media sosial

8.1. Memahami konsep komentar dari netizen

8.2  Mencoba menanggapi komentar di media sosial

9. Memahami cara engagement dengan folowers di media sosial

9.1. Memahami konsep engagement

9.2. Memahami cara engagement dengan folowers di media sosial