Kajian LIteratur A

Kuliah ini bertujuan meningkatkan keterampilan kajian kritis mahasiswa terhadap literatur yang relavan, baik dalam bentuk (1) mendiagnosis struktur argumen suatu kepustakaan tertentu, (2) mengelompokan berbagai literatur yang relevan untuk kebutuhan riset skripsi yang spesifik, maupun dalam rangka (3) memperoleh informasi, data, atau bukti untuk kebutuhan teknis riset skripsinya itu. Dalam rangka membangun keterampilan kajian kritis tersebut, mahasiswa terlebih dahulu (pertama) dapat menguasai metode berpikir kritis (critical thinking) dan menerapkannya sebagai acuan dalam mengkaji suatu kepustakaan tertentu. Kedua, ia terampil merumuskan permasalahan penelitian untuk riset skripsinya tersebut, sehingga kajian kritis kepustakaan itu bertumpu pada rumusan permasalahan penelitiannya tersebut. Dengan kata lain, kuliah ini membantu mahasiswa dalam menyusun dan menyempurnakan proposal untuk memasuki jenjang penulisan skripsi/tugas akhir. 

Secara garis besar, kuliah ini terdiri atas tiga tahap metode pembelajaran. Pertama, mahasiswa mampu mereview bahan pustaka. Kedua, melakukan bimbingan berstuktur dengan dosen pembimbing skripsi/tugas akhir. 

Dan terakhir, mereka melakukan seminar proposal yang dipandu oleh dosen pengampu mata kuliah Kajian Literatur. Untuk mendapatkan pembimbing skripsi/tugas akhir, mahasiswa peserta kuliah ini harus terlebih dahulu mendaftarkan topik/judul skripsi/tugas akhir kepada staf administrasi Program Studi Sosiologi FIS UNJ. Setelah tercatat dan mendapat persetujuan Program Studi, Ketua Program Studi akan menunjuk pembimbing skripsi untuk mahasiswa tersebut.