New Orientation In Pedagogic /NR

Mata kuliah ini membekali mahasiswa kemampuan mengembangkan, mengeksplorasi, menginterpretasikan, dan mengimplementasikan dimensi-dimensi landasan pedagogi dalam pemecahan masalah-masalah pendidikan di berbagai jenjang, jenis, dan jalur pendidikan.

Mata kuliah ini membahas: (A) kajian teoritis tentang Orientasi Baru Dalam Pedagogi: (1) kajian ilmu pendidikan dari perspektif sosiologi, (2) kajian ilmu pendidikan dari perspektif psikologi, (3) kajian ilmu pendidikan dari perspektif antropologi, dan kajian ilmu pendidikan dari perspektif filsafat, (B) Deklarasi, Konvensi dan International Treaties yang terkait dengan pedagogi: (1) konvensi hak anak, (2) konvensi pendidikan tinggi, (2) guru, (3) pembiayaan pendidikan, (4) ujian nasional, (5) standarisasi, (6) pendidikan kejuruan, (7) manajemen pendidikan, dsb; (D) kajian reflektif tentang perkembangan pendidikan di tanah air, dan (E) kajian komparatif keadaan pendidikan di berbagai negara berdasarkan laporan special rapporteur PBB.