Konsep Dasar Kurikulum PAUD

Mata kuliah ini membahas tentang hakikat kurikulum AUD, urgensi dan kedudukan kurikulum dalam proses penddikan, peta kajian model kurikulum, ragam pendekatan kurikulum/pembelajaran pada anak usia dini, aspek dan komponen kurikulum anak usia dini yang mencakup pengelolaan pembelajaran/manajemen kelas (manajemen waktu, manajemen ruang/setting kelas, manajemen group/individual) di berbagai setting pendidikan dan program stimulasi bagi anak usia 0-8 tahun; kajian penerapan kurikulum anak usia dini pada beberapa lembaga anak usia dini seperti penitipan anak (Child Care), Taman Kanak-kanak, Kelompok Bermain dan Sekolah Dasar Kelas Awal berdasarkan acuan/standar nasional dan internasional pengembangan kurikulum aud serta kajian model-model pengembangan kurikulum pendidikan anak usia dini (kontemporer) dan diakhiri dengan penyusunan naskah dokumen I kurikulum/KTSP PAUD dan SD Kelas Awal.