PENELITIAN KUANTITATIF S2 SMT 119 (Prof. Dr. Sarkadi, M.Si., & Dr. Raharjo, S.Pd., M.Si.)

Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah ini merupakan bagian integral dari mata kuliah di program studi S2 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang dirancang untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan penelitian kuantitatif yang kuat dalam konteks pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa akan belajar untuk merancang, melaksanakan, menganalisis, dan melaporkan penelitian kuantitatif yang relevan dengan isu-isu Pancasila dan kewarganegaraan, dan pendidikan. Memberikan landasan kuat dalam metodologi penelitian kuantitatif sehingga mahasiswa dapat mengembangkan penelitian yang relevan dan berkualitas tinggi dalam bidang Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. 

Tujuan Mata Kuliah:

  1. Mengajarkan mahasiswa metode penelitian kuantitatif yang berlaku dalam konteks Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.
  2. Mengembangkan keterampilan mahasiswa dalam merancang penelitian kuantitatif yang relevan dengan isu-isu kebangsaan, moral, dan etika.
  3. Mempersiapkan mahasiswa untuk melakukan analisis data statistik yang tepat dan menginterpretasikan hasil penelitian dengan benar.
  4. Mendorong mahasiswa untuk menghasilkan penelitian berkualitas yang dapat berkontribusi pada pemahaman dan perbaikan dalam bidang Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

Topik Mata Kuliah

  1. Paradigma penelitian Kuantitatif
  2. Penelitian Kuantitatif deskriptif
  3. Penelitian Kuantitatif Korelasi (Asosiatif)
  4. Penelitian Kuantitatif Kausal Komparartif (ex-post facto)
  5. Penelitian Kuantitatif Komparatif
  6. Penelitian Kuantitatif Eksperimen
  7. Penelitian Kuantitatif Survei
  8. Penelitian Kuantitatif Inferensial
  9. Tujuan dan Manfaat Penelitian Kuantitatif
  10. Hipotesis Penelitian
  11. Kerangka Teoretis dan Kerangka Berpikir
  12. Definisi Konseptual dan Definisi Operasional
  13. Pengembangan Instrumen Penelitian
  14. Validasi Instrumen
  15. Teknik Analisis Data
  16. Laporan Penelitian

Metode/Strategi/Model Pembelajaran

  1. Kuliah ekspositori
  2. Diskusi kelompok.
  3. Studi kasus
  4. Praktikum pengumpulan data.
  5. Tugas penelitian mandiri

Evaluasi

  1. Keaktifan/partisipasi
  2. Tugas individu 
  3. Tugas kelompok
  4. Penilaian tugas penelitian mandiri.
  5. Ujian Tengah Semester 
  6. Ujian Akhir Semester

Referensi Utama

  1. Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.
  2. Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2014). How to design and evaluate research in education. McGraw-Hill Education.
  3. Sekaran, U., & Bougie, R. (2016). Research methods for business: A skill-building approach. John Wiley & Sons.
  4. Louis Cohen, Lawrence Manion, dan Keith Morrison2018. Research Methods in Education. Routledge